Ali Anton Senoaji

Data Penulis : Nama Lengkap : Ali Anton Senoaji NIP &...

Selengkapnya
Navigasi Web

Mitigasi 5R di SMKN 3 Yogyakarta

Mitigasi 5R di Sekolah Pusat Keunggulan

Ali Anton Senoaji

SMK Negeri 3 Yogyakarta

Sekolah sebagai intitusi pendidikan harus memberikan pengalaman yang bermakan dan menyenangkan kepada siswa yaitu mendapatkan pengalaman kognitif (olah pikir), afektif (olah rasa) dan psikomotorik (olah raga), sehingga para siswa menjadi pribadi yang memiliki keseimbangan jasmani maupun rohani, memiliki kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual.[1]

SMK N 3 Yogyakarta sebagai sekolah Pusat Keunggulan, merupakan institusi pendidikan yang telah bermitra, untuk menyelaraskan dengan DUDIKA (dunia usaha, dunia industri dan dunia kerja), sehingga dapat menjadi SMK rujukan yang bisa berfungsi sebagai sekolah penggerak dan pusat peningkatan kualitas dan kinerja SMK lainnya. Sebagai sekolah Pusat Keunggulan, SMK N 3 Yogyakarta diharapkan mampu memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar lebih mendalam dan kompeten sesuai passion-nya[2], dan sekolah dapat menjadi sarana untuk menanamkan, menumbuhkan, dan mengembangkan karakter positif serta menerapkan budaya mutu kerja bagi siswa.

Sebagai sekolah berbasis lingkungan hidup, SMKN 3 Yogyakarta juga berupaya menjaga kebersihan dan kerapian lingkungan sekolah, yang merupakan faktor penting dalam menciptakan suasana nyaman bagi seluruh warga sekolah dan juga lingkungan sekitarnya. Kebersihan dan kerapian lingkungan sekolah menjadi hal yang tidak terpisahkan dari kehidupan sekolah. Ini bahkan menjadi faktor penting demi mencapai proses belajar mengajar yang nyaman dan menyenangkan. Kebersihan lingkungan sekolah juga menjamin kebersihan seseorang dan kesehatannya. Sehingga kebersihan merupakan usaha warga sekolah agar lingkungan tetap sehat terawat secara terus menerus dan berkesinambungan.

Upaya manejemen sekolah untuk mewujudkan lingkungan sekolah yang bersih dan nyaman, yaitu dengan menerapkan 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin) di lingkungan sekolah. Konsep budaya industri 5R merupakan konsep sederhana dan mudah dipahami secara sadar untuk mengatur atau mengelola lingkungan menjadi lebih baik. Penerapan 5R di sekolah bertujuan meningkatkan efisiensi dan kualitas lingkungan sekolah lebih baik, yang diterapkan secara terencana dan berkesinambungan, sehingga secara sadar akan terbentuk kebiasaan menjalani hidup yang teratur dan bersih. Adapun manfaat dari penerapan 5R yaitu meningkatkan produktifitas warga sekolah, karena dengan lingkungan sekolah yang teratur, rapi, dan bersih, lingkungan sekolah menjadi indah, baik dan nyaman, efisien dalam bekerja, serta mengurangi resiko kecelakaan dalam berkerja.[3]

Adapun upaya untuk menumbuhkan kesadaran positif pada warga sekolah, manajemen SMKN 3 Yogyakarta bersama PGRI ranting Jetis mengadakan Kegiatan Mitigasi 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin), yaitu upaya secara sadar dan terencana untuk meminimalisir resiko kecelakan di lingkungan sekolah dengan menerapkan konsep budaya industri 5R secara berkesinambungan. Dalam pelaksanaan kegiatan Mitigasi 5R warga sekolah memulai kegiatan dari Ringkas (memilah) dan membedakan antara yang diperlukan dan yang tidak diperlukan serta membuang yang tidak diperlukan.; Rapih (menata) dengan menentukan tata letak yang tertata rapi sehingga akan selalu memudahkan menemukan dokumen yang diperlukan.; Resik (membersihkan) dengan menghilangkan sampah, kotoran dan barang yang tidak diperlukan untuk menjadi lingkungan yang bersih.; Rawat (menjaga) dengan memelihara barang dengan teratur, rapi dan bersih.; Rajin (membiasakan) berarti melakukan suatu yang benar sebagai kebiasaan yang positif.

Penerapan mitigasi 5R diharapkan menjadi pembiasaan diri warga SMKN 3 Yogyakarta, secara sadar dan berkesinambungan, untuk menanamkan rasa disiplin, selalu sadar akan kebersihan lingkungan sekolah yang merupakam tanggung jawab bersama untuk menciptakan lingkungan sekolah yang bersih dan nyaman.

Ali Anton Senoaji

SMK Negeri 3 Yogyakarta

[1] ‘Https://Www.Kompasiana.Com/Idrisapandi/5ab088f4f133442d64069db4/Pendidikan-Humanistik’.

[2] ‘Https://Www.Merdeka.Com/Jateng/Passion-Adalah-Gairah-Besar-Untuk-Mencapai-Tujuan-Ketahui-Cara-Mengembangkannya-Kln.Html’.

[3] ‘Https://Www.Smkassalaambandung.Sch.Id/Berita/Penerapan-5s-Di-Lingkungan-Sekolah-Saturday-Fun-Activity’.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post