MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR UNTUK MEMECAHKAN MASALAH KONSEP MELOMPAT DAN MELONCAT
Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
Lokasi
SDN BINTARO 02
Lingkup Pendidikan
SEKOLAH DASAR
Tujuan yang ingin dicapai
MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR UNTUK MEMECAHKAN MASALAH KONSEP MELOMPAT DAN MELONCAT
Penulis
ALIE MURTADHO
Tanggal
31 AGUSTUS 2022
Situasi:
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
Masa peralihan PJJ menuju PTM membuat motivasi belajar siswa menurun, sehingga siswa kesulitan dalam membedakan konsep gerak lokomotor melompat dan meloncat.
Tantangan :
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,
Setelah dilakukan identifikasi masalah dalam refleksi diri dan wawancara kepada guru pakar, maka beberapa tantangan yang terjadi sebagai berikut :
1. Siswa lebih senang bermain bersama teman sebayanya.
2. Saat pelajaran PJOK konsep di kepala siswa hanya bermain sepak bola.
3. Kurangnnya alat pembelajaran membuat siswa bosan dalam mengikuti proses belajar mengajar.
Aksi :
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini
Tantangan yang telah diutarakan dalam keterangan di atas dapat dilalui melalui langkah-langkah dan strategi dalam proses kegiatan belajar mengajar.
Diantaranya yaitu :
1. Membuat/modifikasi suatu permainan yang menyerupai pada materi yang akan kita ajarkan.
2. Selain menjelaskan dan memaparkan materi melalui audio visual (power point, youtube) yang akan disampaikan tidak lupa memberikan pengalaman langsung dan nyata saat pembelajaran di kelas ataupun dilapangan, seperti memberikan bola besar, bola kecil, dan raket untuk memperkenalkan kepada siswa.
3. Membuat/modifikasi alat untuk mendukung proses belajar mengajar melalui alat sederhana yang biasa di temui oleh siswa, seperti tali rapiah. Tali rapiah diukur kira kira panjangnya kurang lebih 1,5 meter, kemudian ujungnya diikat sehingga membentuk lingkaran.
Refleksi Hasil dan dampak
Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut
Dampak dari proses pembelajaran yang mengikuti dan memahami karakteristik siswa, siswa lebih aktif dalam melakukan gerakan yang kita inginkan. Dalam kegiatan proses pembelajaran kali ini siswa ditugaskan untuk membawa tali rapiah sepanjang 1,5 Meter gunanya untuk memberikan pengalaman langsung dan nyata dalam membuat alat modifikasi yang sederhana, selain itu siswa mempunyai rasa memiliki dan menjaga alat yang mereka sudah buat. Selain itu dengan alat yang mereka buat mampu menambah semangat dan motivasi belajar dalam pembelajaran sehingga dapat memahami konsep gerak melompat dan meloncat

Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar