H.ALI HASAN LUBIS, S.Pd.

Setelah Pensiun dari PNS mengikuti Pelatihan Menulis Sagusabu, TNGP, Menjadi Panitia Menulis Sagusabu dan turut menghiasi di blog gurusiana. Karya buku yang dit...

Selengkapnya
Navigasi Web
Peran Petani

Peran Petani

Petani padi merupakan tugas mulia dan perannya sangat besar bagi kehidupan sehingga nasi yang kita makan adalah jasa petani yang bekerja keras. Hasil tanam padi selain mereka makan sendiri maupun untuk dijual. Dapat dibayangkan apabila orang tidak mau menanam padi. Belum lagi lahan persawahan terus berkurang karena desakan pembangunan.Tentu kita akan menghadapi krisis pangan atau setidaknya mengimpor beras dari negara lain.

Sebagai petani padi saat ini tidak jarang mereka hanya sebagai pekerja saja atau tidak memiliki tanah. Kehilangan tanah mereka disebabkan sulitnya kehidupan sehingga mereka terpaksa menjual lahannya.

Selain permasalahan itu, petani juga dihadapkan minimnya modal untuk menanam padi, berupa pembelian bibit, pupuk dan obat-obatan. Belum lagi gagal panen karena hama, bencana banjir atau kemarau. Kondisi itu membuat mereka menjadi sulit, sehingga mereka berutang ke tengkulak. Saat panen mereka membayar utang dan harga gabah ditentukan tengkulak.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya

24 Aug
Balas



search

New Post