Ali Mokhamad

Ali Mokhamad. Guru SMA Semen Tonasa, Pangkep, Sulsel. Lahir di Lumajang, 1 Februari 1968. Menyelesaikan pendidikan sarjana di Universitas Hasanuddin Fakultas ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Kuatkan Komitmen Lahirkan Buku Solo Pertahun

Kuatkan Komitmen Lahirkan Buku Solo Pertahun

Kuatkan Komitmen Lahirkan Buku Solo Pertahun

Oleh Ali Mokhamad (Guru SMAS Semen Tonasa Pangkep)

Mengajar itu sudah menjadi kenisyaan bagi seorang guru. Selain merupakan kewajiban, mengajar merupakan salah satu tugas yang penting bagi seorang guru. Namun, di zaman modernisasi dan era serba digital sekarang ini, dimana dunia pendidikan terus berkembang, maka kemampuan guru tidak hanya dilihat pada bagaimana ia mampu mengajar dengan baik, tapi juga dengan menunjukkan sebuah karya. Karya guru dapat berupa apa saja yang mendukung proses belajar mengajar, dan mengimbas pada pada peningkatan mutu Pendidikan.

Salah satu karya guru adalah tulisan. Tulisan tersebut dapat berupa artikel, esai, opini, puisi, cerpen dan sejenisnya yang kemudian bisa dibukukan atau dikirimkan ke media massa. Guru yang mampu menunjukkan karya tulisan merupakan sebuah kemuliaan tersendiri.

Oleh karena itu, untuk mendukung segala impian tersebut, penulis akan berusaha menguatkan komitmen untuk melahirkan buku solo pertahun. Buku tersebut bisa berbagai genre sesuai dengan kemampuan penulis dan hasil perenungan terhadap segala situasi dan kondisi di sekitar. Semua hal yang ada dan yang terjadi di sekitar penulis merupakan bahan baku yang potensial sebagai sumber energi positif untuk diwujudkan sebagai karya tulisan.

Buku pertama karya penulis yang berjudul Berselancar di Atas Awan: Kumpulan Artikel dan Cerita Inspiratif merupakan refleksi kehidupan untuk merenung dan menguatkan komitmen dalam kehidupan agar seseorang bangkit dari keterpurukan. Bangkit untuk berusaha keras meraih impian-impian hidup. Sedangkan buku kedua yang berjudul Pangkep Boledong: Esai-Esai Kehidupan Tentang Pembentukan Karakter Melalui Keraifan Lokal merupakan analisa terhadap kearifan lokal berupa Bolu, Lemo, dan Doang (Boledong). Bolu adalah ikan, lemo adalah jeruk, dan doang adalah udang. Tiga komoditas tersebut merupakan kearifan lokal kebanggaan masyarakat Kabupaten Pangkep. Penulis jadikan sumber energi dan diangkat kenjadi artikel inspiratif untuk membentuk karakter.

Untuk buku solo ketiga penulis rencana akan menerbitkan kumpulan puisi tentang Indonesia. Indonesia sebagai negara multicultural bisa diwujudkan kedalam bentuk karya tulis berupa puisi. Keindahan alam dan potensi sumnber daya alam dan manusianya merupakan hal-hal yang sangat potensial untuk dijadikan karya tulis.

Semua hal tersebut penulsi jadikan resolusi di tahun 2023 ini untuk terus menguatkan diri agar konsisten dan komitmen menulis dan melahirkan buku solo setiap tahun. Guru memang pengajar. Bebannya tentu saja tidak ringan. Apabila guru enggan belajar dan meningkatkan kualitas dirii, lantas apa yang kelak akan diajarkan ke muridnya? Menulis adalah salah satu cara guru untuk belajar dan meningkatkan kualitas diri. Guru yang menulis dan tulisannya dibaca oleh murid akan memberikan pandangan baru kepada muridnya bahwa gurunya ini sedang melakukan hal yang tidak biasa. Bahkan guru juga bisa mengajak muridnya untuk menulis Bersama.

Karya adalah nilai tambah yang tidak semua orang mau dan mampu melakukan. Karya juga bentuk bagi seseorang, terutama guru untuk menjaga marwahnya. Guru menyadari bahwa guru mulia bukan hanya status yang dia sandang saja, tapi dengan apa yang dia lakukan. Maka guru mulia dan semakin mulia dengan karya layak menjadi motivasi.

Seorang guru memperbanyak karya agar kelak mendapatkan peluang belajar lebih banyak. Sehingga perlahan tapi pasti, dia pun meningkatkan kualitas dirinya. Ujung-ujungnya adalah untuk mengajar muridnya lebih baik. Semoga!

PROFIL PENULIS

Drs. Ali Mokhamad. Guru SMAS Semen Tonasa, Kabupaten Pangkep, Provinsi Sulawesi Selatan. Lahir di Lumajang, Jawa Timur, 1 Februari 1968. Menamatkan pendidikan SD sampai SMA di Kab. Lumajang dan menyelesaikan pendidikan sarjana di Universitas Hasanuddin Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jurusan Sosiologi.

Kontak dengan penulis bisa melalui HP/WA: 082119449474, email: [email protected], dan blog Gurusiana http://alimokhamad.gurusiana.id

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren, pak.

10 Feb
Balas

Luar biasa sangat inspiratif. Semoga dapat terwujud segala apa yang direncanakan.

19 Jan
Balas

Top tulisan inspiratif,smg lolos di meja juri Bpk Ali, aamiin.

15 Jan
Balas



search

New Post