Alina Said, S.Pd.

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Berbagai Pesona Guru dalam Mengajar

Berbagai Pesona Guru dalam Mengajar

Gaya dan Model Guru dalam mengajar adalah seni daripada Guru dalam mengajar meski adapun sistem yang mengaturnya. Seni maksudnya di sini adalah dibutuhkan keterampikan, waktu dan kesabaran dalam mempersiapkannya. Kapan waktu bagi guru untuk memotivasi, menentukan konsekuensi dan menjauh. Akan tetapi tidak selalu guru bak air di dalam cerek yang dituangkan 25 % itu porsinya adalah tugas dan latihan.

Berkenaan dengan seni maka dari itu ada diantara Guru yang mengajar dengan memeggang sebuah buku, lalu menjelaskan materi kepada siswa. Model tersebut berperan model lama. Lalu ada juga Guru yang mengajar dengan permainan skema. Kalau sekarang disebut dengan teknik mengajar dengan peta konsep. Terus ada lagi Guru yang mengajar dicatatkan dulu, kemudian dijelaskan pada siswa. Hasil catatan siswa lebih baik, rapi dan sistematis. Sebab bila Guru menjelaskan dulu kemudian siswa mencatat waktu tidak akan mencukupinya. Maka solusinya kesepakatan dan tergantung kebutuhan siswa bagaimana siswa itu senang dan dapat membawa ilmu hasil belajarnya pulang.

Kenyataannya, pada umumnya siswa akan lebih memilih dicatatkan dulu baru dijelaskan oleh Gurunya. Karena catatan mereka bisa rapi dan senang untuk dibaca. Model lain lagi, di zaman milenial ditemukan pula strategi guru dalam mengajar dengan menggunakan IT, menyajikan materinya menggunakan permainan animasi windows power point dan program lainnya, itu juga sudah tak asing lagi di abad 21 sekarang ini. Kebanyakan juga siswa banyak yang senang untuk belajar dengan media teknologi tersebut. Karena catatan mereka juga bisa rapi , lebih termotivasi, jelas dan lebih membangkit gairah mereka dalam belajar. Ada waktu bagi siswa disediakan untuk mencatat. Hasil bahwa mereka senang belajar dengan menggunakan media teknologi ini tidak diragukan lagi.

Lebih lanjut, meskipun berbagai cara, gaya dan model serta strategi guru dalam mengajar namun hasil pembelajaran yang diperoleh siswa tetap tergantung pada kemampuan dan usaha siswa itu sendiri berdasarkan sebuah penelitian.. Sebagai guru hanya berusaha bagaimana bisa merencanakan, melaksanakan pembelajaran, menciptakan bagaimana siswa senang dan agar lebih termotivasi dalam belajar dengan baik.

Rabu, 09 November 2022

LiterasiKu

Menulis Hari Ke_765 di MGI

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Betul, seni mengajar itu asik. Beda guru, beda gaya hehe.... Keren, Bun

10 Nov
Balas

Ia Bunda. Terima kasih hadirnya Bunda.

11 Nov

Mantap ulasannya keren

09 Nov
Balas

Terima kasih Bunda

10 Nov

Keren Bu, semoga selalu sehat dan sukses.

09 Nov
Balas

Terima kasih Bunda

10 Nov



search

New Post