Ali Santoso

Nama saya Ali Santoso, saya lahir di Kota Lumajang. Saat ini saya tinggal di Jakarta menekuni bisnis kuliner bersama istri dan teman-teman. Menulis jadi h...

Selengkapnya
Navigasi Web
HARI PERTAMA SEBAGAI MANAGER OPERASIONAL DAPUR SOGOGI.

HARI PERTAMA SEBAGAI MANAGER OPERASIONAL DAPUR SOGOGI.

# Tantantangan gurusiana Hari Ke-17.

Restoran Jepang yang berada di jalan Cipete Raya, Cilandak Jakarta Selatan adalah sebuah resto yang menyajikan menu khas negara Matahari Terbit, disitu ada namanya :

Tempura : Tempura bisa berupahidangan seafood, sayuran segar ,atau bahan bahan lainya yang dicelupkan kedalam adonan tepung dan telur sudah yang sudah dibumbui kemudian digoreng .

Sukiyaki : Sukiyaki adalah hidangan daging dan sayuran yang direbus dengan kuah kaldu kedalam panci besi.

Okinawan Kuroge Wagyu .

Beef Teriyaki dan lain sebagainya.

Jepang memiliki kebudayaan yang sangat kuat. Tak heran kalau banyak orang dari negara lain seperti Indonesia jatuh cinta dengan negara kepulauan ini. Selain kebudayaan, Jepang juga kaya akan makanan tradisional yang berkembang menjadi kuliner dengan cita rasa yang khas. Akibatnya, makanan Jepang yang jadi bagian hidup dari kebudayaan makin tak terhitung jumlahnya.

Nah, dari sekian banyak menu makanan Jepang, mulai dari makanan yang bersifat sebagai makanan ringan sampai makanan yang bikin kamu kenyang, mana nih yang jadi favoritmu?

Inilah beberapa makanan Jepang yang akrab di telinga maupun di lidah orang-orang Indonesia yang brilio.

Hikmah dari Jepang menjajah negara kita saat itu disamping meninggalkan infrastruktur juga meninggalkan rasa semangat belanegara yang tinggi disegenap rakyat indonesia saat itu. Jadi tidak asing lagi bagi masyarakat indonesia didalam mencicipi lejatnya masakan jepang , dirasa enak juga menampilkan ciri khas tersendiri dan sekaligus menjamin nilai nilai Kesehatan didalamnya.

Sushi

Sushi adalah kuliner paling terkenal di Jepang dan sebagian masyarakat di Tanah Air sudah pernah mencobanya. Kuliner ini adalah berupa nasi digulung. Biasanya dicampur seafood, sayur, ada juga potongan mentimun, belut (unagi), atau salmon baru kemudian dibalut nori (rumput laut) bisa juga dengan daun seperti shiso menggunakan makisu (anyaman bambu persegi panjang). Sebelum disajikan, sushi dapat dipotong-potong pendek untuk lebih memudahkan saat dikonsumsi.

Sup miso

Di Jepang, sup miso adalah salah satu hidangan pembuka atau hidangan pendamping yang umum disajikan. Sup miso dianggap penting masyarakat Negara Sakura untuk sarapan sama halnya dengan kopi. Miso sup merupakan sup hangat yang mencakup dashi (bumbu yang biasa digunakan untuk membuat kaldu ikan), miso dan tahu. Miso sendiri merupakan produk bumbu khas Jepang yang dibuat dari kacang kedelai yang telah difermentasikan. Semangkuk sup miso yang baik dapat menyeimbangkan bahan-bahan yang mengapung dengan bahan-bahan yang tenggelam.

Kue Moci adalah menu kue jepang yang terbuat dari beras ketan , Yaa tak ubahnya seperti Tetel atau Jadah dalam sebutan orang orang jawa timuran. Sensansi ketika memakan moci adalah pada saat pertama masuk kedalam mulut, tekstur lembut dan lama kelamaan akan berubah menjadi agak lengket. Makna filosofi dari Tetel,Jadah atau Moci ala Jepang ini salah satunya mungkin sama dengan yang ada di tradisi rakyat jawa timur, yaitu merekatkan tali silaturohmi , lengket erat tali persaudaraan . Dalam hal ini kue Moci bisa dikatagorikan kue penambah umur,,hehehe ini istilah penulis saja , Karena eratnya tali silaturohmi itu berdampak khusus didalam kehidupan sebuah bernegara dan berbangsa , tidak ada lagi kata perang , saling menghargai antar sesama , sehingga perikehidupan sebuah masyarakat yang aman tentram dan damai bisa dirasakan melalui wujud dari Talisilaturohmi , Baik sesama masyarakat atau antar negara di Asia Tenggara bahkan mencakup dunia internasional. Jangan dilihat kue Mocinya , Tetapi lihatlah Tali silaturohminya ,Karena hal ini telah disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW : “ Barang siapa yang ingin dilapangkan rejekinya dan dipanjangkan umurnya, Maka hendaklah ia menyambung tali silaturohmi”.( muttafaqun alaihi).

Menulis artikel ini adalah sebagai menu yang kesekian bagi diri saya. Karena membaca dan menulis suatu kekuatan yang maha dahsyat untuk mentransfer ilmu ilmu tentang kuliner yang baru saja saya jalani. Sekaligus mempersiapkan diri bila suatu saat saya harus memegang kendali operasional dapur SOGOGI . Tidak hanya ilmu sih,ilmu yang lain juga termasuk , Karena saya yakin membaca dan menuliskan ide atau angan angan hanya bisa terwujud dengan kekuatan lahir maupun batin dalam melakukanya. Dalam hal ini hanya Allah yang memiki kekuatan itu , " Laa Haula Walaaquwata illa billahil aliyil adziim.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Tiga paragraf sebelum sub judul sushi harusnya diletakkan di akhir tulisan

31 Jan
Balas

Ohh iyaa buu betul, terimakasih , nulis setelah pulang dari Restoran..hehehe ngantuk ngantuk yoo dijalani wae sambil belajar nulis..

31 Jan

Mantab bapak .. fotonya menggiurkan

31 Jan
Balas

Kalau penasaran silahkan datang ke jl Cipete Raya Nama Restonya SOGOGI

31 Jan



search

New Post