Al karimah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Siapakah Ir. Sholah Athiyah

Siapakah Ir. Sholah Athiyah

Siapakah Ir.Sholah Athiyah?

Baru-baru ini Mesir digemparkan dengan berita kematian Ir.Sholah yang pemakamannya dihadiri lebih dari setengah juta orang. Dikisahkan dari Asosiasi Universitas Islam Mesir, dari kampung kecil bernama Tafahna Al Asyrof, ada 9 sarjana miskin lulusan Universitas Pertanian, lalu mereka sepakat membuat sebuah peternakan ungags sembari mencari mitra kesepuluh. Namun mereka terbentur modal usaha, maka mereka pun menjual tanah, perhiasan istri hingga meminjam. Meskipun tidak banyak namun mencukupi untuk modal usaha. Setelah ada modal usaha mereka masih bertanaya-tanya, “siapakah mitra kesepuluh kita?” Salah satu dari mereka yaitu Ir.Sholah berkata bahwa dia telah menemukan mitra kesepuluh. Kawannya pun bertanya “siapa dia?”, Ir. Sholah menjawab “Allah mitra kita yang kesepuluh, Allah akan mendapatkan keuntungan 10% dari keuntungan kita,dengan perjanjian bahwa Allah yang akan memberikan perlindungan dan pemeliharaan dan keamanan dari wabah penyakit”.

Mereka pun sepakat, kontrak kerja akhirnya ditulis secara rinci dan dicatatkan ke notaris. Tak disangka setelah satu musim bisnis mereka langsung meroket jauh dari yang dibayangkan sebelumnya, lalu mereka pun kembali bersepakat menambah jatah keuntungan untuk mitra kesepuluh menjadi 20% di musim kedua dan begitu seterusnya hingga mencapai 50%.

Keuntungan mitra kesepuluh itu dialokasikan dimulai dengan membangun sekolah dasar Islam putra, lalu lanjut putri. Kemudian lanjut sekolah Menengah putra dan putri, ditambah Madrasah Aliyah putra dan putri. Karena keuntungan terus membanjir akhirnya dibentuklah Baitul Maal. Mereka lalu mengajukan ke pemerintah untuk membangun Universitas di kampung. Awalnya ditolak dengan alasan tidak ada akses bagi para mahasiswa. Tak berapa lama mereka kembali mengajukan pembangunan Universitas lengkap dengan kereta beserta jalurnya dengan biaya mandiri, akhirnya oleh pihak pemerintah disetujui. Dan pertama dalam sejarah Mesir berdirilah sebuah Universitas di perkampungan kecil.

Semakin berkembang, dibangunlah Universitas kedua, ketiga, keempat hingga asrama putri dengan kapasitas 600 kamar, asrama putra 1000 kamar, bahkan tiket kereta digratiskan demi memudahkan transportasi ke kampung tersebut. Tak cukup hanya itu, dibangun juga Baitul Maal berikutnya hingga hilang kemiskinan di daerah tersebut. Dan program ini di duplikasi ke kampung-kampung lain, hingga bisa dikatakan tak ada kampung yang disinggahi Ir.Sholah kecuali dibangun Baitul Maal untuk warga.

Bantuan pun diberikan untuk fakir miskin dan para janda. Pemuda pengangguran dilatih untuk mengelola perkebunan sayur hingga mandiri, bahkan sampai bisa mengekspor sampai ke Negara tetangga. Pada saat panen raya penduduk dikirimi paket sayur. Di hari pertama ramadhan diadakan buka puasa bersama untuk seluruh penduduk desa, mereka memasak dan hadir di lapangan yang di penuhi beraneka macam makanan, disiapkan juga perabotan untuk gadis-gadis yatim yang akan menikah, itu semua merupakan sedikit dari banyaknya kebaikan yang dilakukan oleh Ir.Sholah.

Hingga pada akhirnya disepakati lah keuntungan perusahaan 100% untuk Allah. Ir.Sholah yang tadinya adalah salah satu mitra usaha berubah menjadi karyawan Allah. Dia hanya menerima gaji namun dia memberikan tuhannya syarat agar membuatnya hanya butuh kepada-Nya dan hanya meminta kepada-Nya. Inilah sosok Ir.Sholah Athiyah, aktor utama kisah yang sangat menakjubkan ini. Keikhlasannya membuat ia sama sekali menolak terkenal di media massa dan kini meski orang yang melibatkan Allah ke dalam bisnisnya tersebut telah wafat, terbayar seluruh amal jaruyahnya yang selalu mengalir untuknya. Masyaallah kisah yang wajib dan harus kita teladani sebagai seorang muslim dan sebagai mahasiswa.

Apapun yang kita kerjakan dengan melibatkan Allah, hasilnya pasti jauh lebih baik dari yang kita harapkan. Maasyaallah.

Diterjemahkan dari video Bobby Apriliano

D

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Masya Allah, merinding bacanya. Sungguh luar biasa. Sukses selalu dan barakallahu fiik

12 Dec
Balas

Terimakasih sydah mampir bun

12 Dec

sangat inspiratif. Luar biasa

12 Dec
Balas

Terimakasih sudah mampir. Barokallah

12 Dec



search

New Post