Alvonsus Glori A, S.Pd., Gr., M.Pd

Lahir di Kota MalangHobby : menulis dan membaca bermusik melukis hiking Profesional: 1. Penulis 2. Guru Bah...

Selengkapnya
Navigasi Web
Cara menentukan sumber belajar
Alvonsus glori

Cara menentukan sumber belajar

Secara khusus, siswa memerlukan definisi konkrit tentang kualitas yang membuat suatu sumber relevan. Berikut tiga kriteria dasar:

1. Sumbernya harus kredibel.

Hal ini dapat diverifikasi. Sumber lain menguatkan informasi dari sumber ini. Teks lain memuat informasi serupa. Jika sumbernya adalah seseorang, maka penulis lain merujuk orang tersebut sebagai otoritas, yang memvalidasi keahliannya.

2. Sumbernya juga harus akurat.

Lebih dari sekedar memastikan informasi tersebut tidak salah, informasi tersebut harus sepenuhnya benar. Itu tidak menyesatkan atau menghilangkan apa pun. Bagian dari keakuratan juga menilai apakah informasi tersebut tepat waktu. Sumbernya harus terkini dan tidak ketinggalan jaman.

3. Kriteria ketiga adalah sumbernya relevan.

Informasi tersebut menjawab pernyataan tesis dan/atau menjawab pertanyaan penelitian. Perlu diingat, suatu sumber mungkin memiliki informasi yang kredibel dan akurat, namun jika informasi tersebut tidak berkaitan dengan topik, maka informasi tersebut tidak relevan.

Saat mengenalkan siswa pada ciri-ciri sumber kuat, sajikan akronim CAR. Ini C-Kredibel , A-Akurat , dan R-Relevan . Sumber harus memenuhi ketiga aspek ini, menjadikan akronim CAR sebagai ujian lakmus yang sempurna untuk kredibilitas sumber.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post