Alvonsus Glori A, S.Pd., Gr., M.Pd

Lahir di Kota MalangHobby : menulis dan membaca bermusik melukis hiking Profesional: 1. Penulis 2. Guru Bah...

Selengkapnya
Navigasi Web
Inovasi Koperasi Simpan Pinjam di Tangan Generasi Z

Inovasi Koperasi Simpan Pinjam di Tangan Generasi Z

Sebuah penelitian berjudul Persepsi Dan Minat Generasi Z Dalam Berkoperasi Guna Mendorong Keberlanjutan Koperasi oleh Olivia Winda Ony Panjaitan, Ani Mahrita dan Kanti Rahayu menunjukkan bahwa mayoritas generasi Z tidak memiliki minat terhadap koperasi karenadipandang kuno dan ketinggalan zaman. Generasi Z yang notabene lahir di tengah pesatnya perkembangan teknologi menghendaki inovasi usaha yang profesional, terpercaya dan modern. Begitupun dengan generasi milenial yang terbiasa dengan segala hal yang instan, real time, mudah, murah, nyaman dan aman.

teknologi menghendaki inovasi usaha yang profesional, terpercaya dan modern. Begitupun dengan generasi milenial yang terbiasa dengan segala hal yang instan, real time, mudah, murah, nyaman dan aman.

Tak heran bila generasi muda sangat gandrung terhadap investasi online dan berbagai macamtransaksi keuangan berbasis elektronik. Minat investasi dan literasi finansial generasi muda pada dasarnya tinggi. Pihak Mandiri Sekuritas mencatat hampir sebesar 70 persen pemesan sahamBukalapak adalah generasi Gen Z dan generasi milenial dengan rentang usia 20 hingga 39 tahun. Kisaran tersebut mereka ketahui saat penawaran umum perdana saham atau IPO. Maka untuk menggaet generasi muda agar tertarik untuk terlibat dalam pengelolaan koperasi intinya adalah pada inovasi sistem pengelolaan koperasi yang harus mengikuti tren digital.

Langkah pertama harus dimulai dengan menghadirkan koperasi digital yang dapat diakses melalui platform android yang ringan dan mendukung transaksi keuangan elektronik. Hal tersebut juga dapat dilakukan dengan mengupayakan koperasi yang sudah ada agar didukung oleh sistem membership dan transaksi keuangan digital. Dengan demikian, masyarakat dapat bergabung sebagai anggota koperasi dengan mudah, menghadiri rapat dan melakukan transaksi penyetoran simpanan maupun pencairan SHU secara online.

Langkah selanjutnya adalah peningkatan kapasitas pengelola koperasi dengan mengoptimalkan potensi generasi Z dan generasi milenial yang adaptif terhadap perubahan. Selain itu, perlu pula dibarengi dengan literasi koperasi bagi generasi muda agar semangat, jiwa dan asas pengelolaan koperasi dapat terwariskan. Melalui semangat ekonomi kekeluargaan yang dibingkai denganinovasi teknologi yang praktis serta potensi soft skill generasi muda yang mumpuni, maka tidak sulit untuk bangkit bersama dalam membangun kembali perekonomian masyarakat yang telah tergerus pandemi.

Koperasi adalah sokoguru perekonomian Indonesia yang sejalan dengan Pancasila dan berorientasi pada kesejahteraan masyarakat secara luas. Namun, lunturnya penjiwaan asas-asas koperasi menyebabkan pengelolaan koperasi tak lagi berjalan secara maksimal. Selain itu, kurangnya inovasi dalam pengelolaannya menyebabkan koperasi mulai tak dilirik oleh generasi muda. Padahal, generasimuda (generasi Z dan generasi milenial) adalah populasi terbesar di Kabupaten Sinjai. Bukan hanya besar dalam jumlah, namun generasi muda juga cenderung lebih adaptif dan memiliki akses literasi yang lebih luas. Oleh karena itu, dalam menyokong pembangunan ekonomi daerah di masa pandemi ini, sangat penting untuk merangkul generasi muda dalam menghidupkan koperasi sebagai wadah untuk bangkit bersama melalui inovasi teknologi koperasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post