Alvonsus Glori A, S.Pd., Gr., M.Pd

Lahir di Kota MalangHobby : menulis dan membaca bermusik melukis hiking Profesional: 1. Penulis 2. Guru Bah...

Selengkapnya
Navigasi Web
PengeloAset Digital, Aset intelektual ibarat tulang punggung bagi keberlangsungan hidup su
Alvonsus Glori

PengeloAset Digital, Aset intelektual ibarat tulang punggung bagi keberlangsungan hidup su

Aset intelektual ibarat tulang punggung bagi keberlangsungan hidup suatu perguruan tinggi. Aset ini dikumpulkan secara kolektif dari masa ke masa melalui proses pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat sebagaimana prinsip Tri dharma pendidikan.

Adapun sebagian dari contoh-contoh aset intelektual perguruan tinggi diantaranya:

Diktat pengajaran Jurnal ilmiah Tulisan karya ilmiah seperti skripsi, tugas akhir, tesis, disertasi Paten Studi kasus Koleksi pustaka, dan sebagainya.

Mengingat pentingnya aset intelektual bagi sebuah perguruan tinggi, maka urgensi dalam penyimpanan dan pengelolaannya tidak dapat ditunda. Oleh karena itu, penting sekali untuk mempresentasikan dan menyimpan aset-aset intelektual tersebut dalam format digital.

TI dalam hal ini berperan sebagai sarana mengakses, mengumpulkan, menyimpan, mengkategorisasikan, memperbanyak, mendistribusikan, serta memelihara aset-aset intelektual yang telah didigitalisasi (Indrajit, 2011:37).

Digitalisasi aset-aset intelektual memerlukan infrastruktur memadai dengan membangun server yang terhubung ke database berisi koleksi aset tersebut. Sehingga nantinya dapat diakses dan dimanfaatkan oleh seluruh civitas akademika bahkan publik.

Apabila semua perguruan tinggi melakukan digitalisasi aset intelektual masing-masing, maka konsep “knowledge sharing” terhadap data-data digital dapat terwujud. Hal ini tentunya akan memberikan kontribusi besar bagi kemajuan dunia pendidikan.

Contoh digitalisasi aset intelektual perguruan tinggi yang dapat diakses secara luas misalnya e-library, e-journal, e-laboratory, e-book, dan lain sebagainya. Semua kumpulan aset digital tersebut bisa didapatkan melalui PC, smartphone, tablet, atau lainnya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post