Amalia Susanti

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
SAPA SEJUK (Sabuk Kelapa bermanfaat menuju Sekolah Hijau Kreatif)
Sekolahku

SAPA SEJUK (Sabuk Kelapa bermanfaat menuju Sekolah Hijau Kreatif)

Salah satu program Kementrian Negara Lingkungan Hidup adalah Adiwiyata, yang bertujuan untuk menumbuhkan pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam melestarikan lingkungan hidup. Program ini diharapkan agar setiap warga sekolah ikut serta dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat, serta menghindari dampak lingkungan yang negatif. Guru dalam pelaksanaan program ini bertindak sebagai fasilitator serta motivator dalam menumbuhkan sikap peduli lingkungan. Hal ini tercermin dalam kegiatan integrasi serta pembiasaan pendidikan lingkungan hidup, baik dalam kegiatan pembelajaran, maupun di luar kegiatan pembelajaran.

Salah satu program adiwiyata di SD Negeri Kertagena Tengah 4 adalah SAPA SEJUK (Sabuk Kelapa bermanfaat menuju Sekolah Hijau Kreatif) yang bertujuan untuk membuat sekolah hijau kreatif dengan memanfaatkan kearifan lokal daerah yaitu Sabuk Kelapa. Ketika kelapa dikulit, akan meninggalkan sabut kelapa yang biasanya akan dibuang. Namun, sabut kelapa ini dapat digunakan kembali sebagai media tanam tanaman, baik tanaman dalam pot maupun tanaman hidroponik.

sabut kelapa memiliki beberapa manfaat untuk tanaman. Ketika digunakan dalam penanaman hidroponik, sabut kelapa menawarkan kapasitas pertukaran kation yang sangat baik, yang berarti lebih baik dalam mentransfer nutrisi.

Sabut kelapa juga tidak mudah dipadatkan sehingga memungkinkan sistem akar berkembang dengan mudah tanpa menjadi sesak atau tergenang air. Selain itu, sabut kelapa adalah media tanam yang sangat baik karena ringan dan lapang, dengan kemampuan menahan kelembapan dalam waktu lama.

Sabut kelapa secara alami menjadikan pH tanah seimbang dan netral. Ini mendorong pertumbuhan lignin, yang berarti dapat meningkatkan jumlah bakteri menguntungkan di sekitar sistem akar tanaman.

Sabuk kelapa ini menjadi salah satu terobosan SD Negeri Kertagena Tengah 4 dalam upaya peduli lingkungan. Kegiatan ini dilatar belakangi karena keadaan sekolah yang gersang dan tanpa penghijauan Sabuk kelapa yang dimanfaatkan adalah pembuatan pot dari sabuk kelapa yang bernilai secara fungsional dan ekonomi. Latar belakang tersebut menjadi dasar utama SD Negeri Kertagena Tengah 4dalam mengadakan sebuah inovasi yang berjudul “SAPA SEJUK” (Sabuk Kelapa bermanfaat menuju Sekolah Hijau Kreatif).

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Alhamdulillah Barokallah, karya yang luar biasa Bu Amalia Susanti

01 Sep
Balas



search

New Post