LATAR BELAKANG MASALAH
Guru itu seharusnya mampu menilai siswa. Nilai itu penting untuk mengukur sejauhmana kemampuan siswa dalam memahami materi. Jika siswa memperoleh nilai yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) maka harus diadakan remedial, sebaliknya siswa yang sudah mendapat nilai sama dengan atau di atas KKM dilaksanakan pengayaan.
Lebih lanjut penilaian kurikulum 2013 revisi 2018 penilaian itu ada empat macam: Penilaian aspek spiritual, penilaian aspek sosial, penilaian aspek pengetahuan, dan penilaian aspek ketrampilan.
Berdasarkan pengamatan peneliti dan hasil wawancara dengan guru-guru SD Negeri 118275 Sialang Pamoran II, masih banyak yang belum faham cara menilai yang benar pada aspek sikap. Hal ini dapat dilihat dari beberapa catatan berikut ini:
1. Penilaian sikap tidak dikerjakan guru, melainkan operator sekolah
2. Guru-guru tidak memiliki instrumen penilaian sikap yang lengkap
3. Guru-guru tidak mampu mengoperasikan laptop.
Apabila hal ini dibiarkan akan menghasilkan penilaian yang tidak tepat, yang pada gilirannya siswa dirugikan atau mungkin mendapat nilai yang terlalu bagus. Sudah saatnya dicari jalan keluar pemecahannya dengan cara melakukan pendampingan yang serius dan supervisi akademik
***
#Andessam, 3 April 2021 Pukul 21.08 Wib.
#Tantangan Gurusiana Hari Ke-171
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar
Insya Allah berkah