MENYUSUN LATAR BELAKANG MASALAH
Berdasarkan beberapa referensi yang penulis baca, untuk menyusun latar belakang masalah pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK) perlu memuat beberapa hal di bawah ini:
1) Kesenjangan antara harapan dengan kenyataan.
Contoh: Siswa seharusnya mendapatkan nilai yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal, kenyataannya banyak siswa yang nilainya belum memenuhi KKM.
2) Menjelaskan mengapa masalah yang diteliti itu penting dan mendesak
Masalah siswa yang nilainya di bawah KKM ini penting dicari jalan keluar pemecahannya, agar siswa tersebut lebih mudah mengikuti pembelajaran berikutnya. Pada prinsipnya pembelajaran itu saling berkaitan. Jika dibiarkan seperti ini terjadi, akan berpengaruh ke materi berikutnya, oleh karena itu mendesak ditemukan tindakan yang tepat.
3) Kemukakan masalah yang nyata yang terjadi pada saat pembelajaran di kelas
Faktanya ketika pembelajaran berlangsung, guru menjelaskan sedangkan beberapa siswa ribut di belakang, ada yang berbisik-bisik, ada yang jalan-jalan, dan ada pandangannya ke halaman sekolah.
4) Jika perlu, Kemukakan teori-teori yang mendasar berkaitan tindakan yang diajukan untuk mengatasi masalah yang diteliti.
Untuk mengatasi permasalahan di atas, penulis mengemukakan pendapat ahli dalam pendidikan.
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar
Semoga berkah