Amar Harahap

Dulu, saat Sekolah SD saya suka mengarang bebas, tak jarang hasil karanganku disuruh dibacakan di depan kelas. Sayang sekali tamat SD sampai menjadi guru, hal i...

Selengkapnya
Navigasi Web
UJI  SOAL HOTS  2
https://gizmologi.id/news/zenius-education-hots/

UJI SOAL HOTS 2

Teman gurusianer, Jawablah pertanyaan berikut ini!

1. Perhatikan Kompetensi Dasar pengetahuan berikut :

3.5 Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar.

Target kompetensi yang tepat untuk KD di atas adalah ....

A. Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem dan membuat jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar

B. Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem dan memahami jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar

C. Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem dan menganalisis jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar

D. Memahami hubungan antar komponen ekosistem dan menganalisis jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar

2. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengembangkan IPK diantaranya adalah ....

A. Menggunakan KKO yang bisa diukur, menggunakan kata yang bermakna ganda, menentukan proses berpikir peserta didik untuk mencapai KD

B. Menggunakan kalimat yang simpel dan jelas, tidak menggunakan kata yang bermakna ganda, memperhatikan potensi dan kebutuhan peserta didik

C. Menggunakan KKO yang bisa diukur, hanya mengandung satu tindakan, IPK yang dibuat harus sama dengan IPK yang dibuat oleh guru lain

D. Menentukan proses berpikir peserta didik untuk mencapai KD, mengandung beberapa tindakan, memperhatikan karakteristik mata pelajaran

3. Berdasarkan KD 4.5 Membuat karya tentang konsep jaring-jaring makanan dalam suatu ekosistem, maka IPK kunci yang tepat di bawah ini adalah ....

A. Mempresentasikan karya tentang konsep jaring-jaring makanan dalam suatu ekosistem

B. Membuat karya tentang konsep jaring-jaring makanan dalam suatu ekosistem

C. Menganalisis konsep jaring-jaring makanan dalam suatu ekosistem

D. Merancang karya tentang konsep jaring-jaring makanan dalam suatu ekosistem

4. Berdasarkan KD 3.5 Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar, maka IPK penunjang yang tepat dibawah ini ….

A. Menganalisis hubungan antar rantai makanan dalam ekosistem

B. Mengidentifikasi komponen-komponen abiotik dan biotik dalam ekosistem di lingkungan sekitar

C. Memerinci hubungan antar komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar

D. Menganalisis hubungan antar komponen biotik dalam ekosistem di lingkungan sekitar

5. Berikut ini beberapa contoh IPK :

1) Mengidentifikasi komponen-komponen abiotik dan biotik dalam ekosistem di lingkungan sekitar

2) Menjelaskan jenis-jenis ekosistem di lingkungan sekitar

3) Menjelaskan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar

4) Merancang karya tentang konsep jaring-jaring makanan dalam suatu ekosistem

5) Membuat karya tentang konsep jaring-jaring makanan dalam suatu ekosistem

IPK yang tepat untuk KD 4.5 Membuat karya tentang konsep jaring-jaring makanan dalam suatu ekosistem adalah ...

A. 3) dan 5)

B. 4) dan 5)

C. 1), 3), dan 5)

D. 1), 2), dan 4)

Kriteria penilaiannya adalah setiap 1 soal dijawab benar, mendapat nilai 20. Jika anda, benar 5, maka 5 x 20 = 100. Nilai anda 100. Selamat mengerjakan, dan terima kasih sudah mengedepankan kejujuran.

Pekan Tolan, 22 Juni 2020

#Tantangangurusiana Hari ke-40

#Catatan: Naskah soal di atas bersumber dari P4TK IPA

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wah ujian nih... saya baca aja... ndak jawab... keren ide bagus juga agar tak remedi.

22 Jun
Balas

betul bu. Terima kasih bu Desimarnis

22 Jun

Wuuuich.., kerrreeen.., ide bagus. No. 1 aja wes, B

23 Jun
Balas

Mantap pak.. Berbagai ide briliant yang membuat tulisan jadi bervariasi.. Sukses selalu pak, dalam karya dan keluarga. Salam santun

23 Jun
Balas

Trmksh bu

23 Jun

Soal hots sekali

24 Jun
Balas

saya punya jawaban pak, berdasarkan sedikit pemahaman hihi1.d2.b3.c4.b5.bberapa poin saya pak............? kalo rendah gak usah di balas ya pak wkwkwk

22 Jun
Balas

mantap bu, pas KKM, ibu benar 3 x 20=60, nilai ibu = 60, jangan patah semangat, semoga lain waktu lebih beruntung.xi.xi.xi

22 Jun

hahahha, lumayan2 lah

23 Jun

Hots banget soalnya pak

23 Jun
Balas



search

New Post