AMINI

Guru Bahasa Indonesia di SMPN1 Nganjuk.., lulusan Fak Sastra Univ Jember.., suka menulis puisi, sajak, syair.., padahal jurusan kuliahnya lebih bergelut dgn lin...

Selengkapnya
Navigasi Web
Muhasabah Tahun Baru
Tantangan gurusiana

Muhasabah Tahun Baru

Masih tentang tahun baru. Meskipun sudah hari ketiga masih ada yang perlu dikulik di balik acara hingar-bingarnya. Bergantinya tanggal dan bulan mungkin sudah biasa terjadi setiap awal bulan selama dua belas kali. Tapi kalau pergantian tahun datangnya hanya setahun sekali.

Hari-hari atau malam-malam yang dibersamai sepertinya tidak ada yang beda. Mungkin hanya nuansanya yang sedikit agak istimewa. Jika pada malam-malam yang lain berlalu begitu saja, acap kali tidak bisa menyaksikannya karena sudah lelap, kalau malam tahun baru mungkin ada kembang api, petasan, atau terompet. Sehingga hasrat untuk membersamai sebagai saksi pergantiannya dirasakan ada sensasinya tersendiri.

Fenomena sekarang lebih beragam. Karena situasi pandemi, tidak ada penyalaan kembang api, petasan, dan lain-lain. Penyambutan datangnya tahun baru ditandai hanya dengan bakar-bakar. Berkumpul bersama keluarga, tua, muda, anak-anak, laki-laki, perempuan, semuanya larut dalam pesta bakar-bakar. Diwarnai pula pemutaran musik. Jenis dan alirannya disesuaikan dengan selera milenial. Seolah hati bahagia.

Sebelum pukul nol-nol mereka sudah sibuk mempersiapkan segalanya. Ayamnya, ikannya, dagingnya, bumbunya, dan segala pernak-perniknya. Tidak hanya terjadi dalam keluarga, mereka juga malah mengajak tetangga kiri kanan untuk ikut bergabung. Semuanya menunjukkan rona bahagia. Mereka bahagia menyambut tahun baru dan sebuah kebanggaan tersendiri jika bisa merayakannya.

Pergantian tahun artinya perubahan angka di digit terakhir dan itu artinya bertambah pula usia. Hal seperti ini terjadi hampir di setiap tahun. Peristiwanya sama, kejadian yang mengiringi pun sama. Pesta seketika bahagia. Setelah pesta selesai, apa yang dirasakan? Apakah bisa mengubah keadaan?

Kata bahagia dan ekspresi yang diwujudkan adalah sebuah pilihan. Lebih banyak "mengingat" juga sebuah ekspresi. Tidak ikut larut dalam hingar-bingar kemeriahan pesta juga sebuah ekspresi. Lebih memilih tenggelam dalam kesyahduan kalam Illahi juga sebuah ekspresi. Bercucuran air mata mengingat dosa dan kesalahan yang telah dilakukan juga sebuah ekspresi. Penyampaian harapan dan cita-cita untuk menjadi lebih baik di tahun berikutnya adalah juga sebuah ekspresi.

Apapun yang dilakukan untuk memaknai arti pergantian tahun adalah sebuah pilihan. Dan apapun pilihannya selama itu membahagiakan boleh-boleh saja. Karena kebahagiaan itu kita sendiri yang menciptakan. Bukan pemberian dan bukan pula dari belas kasihan..#

#Nganjuk03012021

#tantanganharike-345

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap bunsay, kebahagiaan saya bersama mimpi di malam tahun baru, tidur pulas sampai pagi

03 Jan
Balas

Terima kasih apresiasinya Bunda cantik.

03 Jan

Mantap bunsay, kebahagiaan saya bersama mimpi di malam tahun baru, tidur pulas sampai pagi

03 Jan
Balas

Apapun pilihannya yg penting heppii..

03 Jan

Mantap bunsay, kebahagiaan saya bersama mimpi di malam tahun baru, tidur pulas sampai pagi

03 Jan
Balas

Salam sehat dan sukses selalu.

03 Jan

Enin tetap di rumah saja terus kelon cucu seperti biasanya. Baru ingat besoknya saat melihat kalender, ternyata sudah tiba di tanggal satu. Semoga langkah kita ke depan semakin berkah.

03 Jan
Balas

Sipp, Enin. Kelon dgn cucu memang membahagiakan. Sambil cerita-cerita, main-main, guyon, gemes-gemesan, sangat menyenangkan... Semoga selalu sehat dan bahagia.

03 Jan

Kebahagiaan kita sendiri yang menciptakan. Benar sekali. Sehat dan sukses selalu bu Amini

03 Jan
Balas

Terima kasih apresiasinya Bunda cantik. Salam sehat dan sukses selalu.

03 Jan

Mantap Bu... Bahagia kita yang menciptakan dengan cara yang terbaik. Semoga selalu sehat dan tetap semangat. Salam literasi

03 Jan
Balas

Terima kasih support dan apresiasinya Pak. Salam sehat dan sukses selalu.

03 Jan

Tahun baru perlu kita isi dengan hal-hal baru yang positif. Yang paling penting berbuat tuk persiapan dikeabadian kelak. Keren. Salam sehat selalu dan Selamat tahun baru.

03 Jan
Balas

Terima kasih Bunda cantik. Selamat tahun baru. Salam sehat dan sukses selalu.

03 Jan

Mantap ulasannya, Bu. Sehat dan sukses selalu..

03 Jan
Balas

Terima kasih apresiasinya, Bunda cantik. Salam sehat dan sukses selalu.

03 Jan

Benar Bunda... Kebahagiaan itu kita ya cipta sendiri..keren Bunda.. Sukses selalu

03 Jan
Balas

Terima kasih support dan apresiasinya Bunda cantik. Salam sehat dan sukses selalu.

03 Jan

Alhamdulillah, pilihan saya jatuh oada muhasabah diri dan tidur pulas, hehehe. Kereeeen ulasannya jeng. Barokallah.

03 Jan
Balas

Boleh kok Mi.., yg penting heppii.. hehe

03 Jan

Ulasan yg keren bucan, salam silaturahmi

03 Jan
Balas

Terima kasih apresiasinya Bunda cantik. Salam literasi kembali.

03 Jan

mencerahkan... salam literasi

03 Jan
Balas

Terima kasih apresiasinya Pak. Salam literasi kembali.

03 Jan

Betul Bu, kebahagiaan itu diciptakan oleh diri sendiri.

03 Jan
Balas

Terima kasih apresiasinya Bunda cantik. Salam sehat dan sukses selalu.

03 Jan

Ulasan yang luar biasa bunda. Sukses slalu

03 Jan
Balas

Terima kasih apresiasinya Bunda cantik. Salam sehat dan sukses selalu.

03 Jan

Keren Bun, ijin follow. Salam literasi

03 Jan
Balas

Terima kasih apresiasinya Bunda. Terima kasih juga sdh difollow. Salam sehat dan sukses selalu.

03 Jan



search

New Post