Aminudin, S. Kom

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

LEGENDA LANCABUYUR (20) Hilangnya Korban Tahunan

#Tantangan menulis hari ke - 29

Melihat Lancabuyur kini sudah mengering, jadi teringat lagu Rhoma Irama yang berjudul, "Mata Air dan Air Mata." Berikut liriknya:

Mata Air Dan Air Mata

Voc. Rhoma Irama

Panas sungguh menyengat

Bagai membakar bumi ini

Resah berjuta insan

Di dalam menanti turunnya hujan

Jerit lapar menggema

Ratap dan tangisan serta doa

Tiada putus terucap

Dari segelintir orang beriman

Air mata pun mengalir

Mata air yang mengering

Tandus-gersang bumi ini

Tiada air setetes

Air mata pun mengalir

Mata air yang mengering

Tandus-gersang bumi ini

Tiada air setetes

Tuhan, dosa apakah kiranya

Hingga Kaumurkai semua

Adzab pedih-Mu yang menggoncangkan hati

Tuhan, hanya pada-Mu kami

Memohon pertolongan

Limpahkanlah semua rasa kasih-sayang-Mu

Tuhan, kabulkan doa kami

Biarkan kemarau berlalu pergi

Walaupun Lancabuyur sudah mengering dan tidak berdampak pada kebutuhan air bersih masyarakat setempat. Ada rasa turut prihatin jika mendengar berita daerah lain yang menderita karena kekeringan sampai susah mendapat air bersih.

Sisi baik lainnya dari mengeringnya air Lancabuyur, kini tidak ada lagi luapan air Lancabuyur yang mengakibatkan banjir di got Jalan Raya Bumijawa Lor.

Walaupun hujan lebat, saat ini di Lancabuyur, airnya tidak sebanyak dulu. Dulu kalau hujan lebat, walau hanya sebentar, airnya meluap sampai membanjiri got Jalan Raya Bumijawa Lor.

Dengan tidak meluapnya air dari Lancabuyur, sekarang sudah tidak ada lagi anak hanyut di got Jalan Raya Bumijawa Lor.

Faktor lain tidak ada lagi anak hanyut di got Jalan Raya Bumijawa Lor adalah karena got sudah dilebarin, ditebangnya rumpun bambu angker yaitu rumpun Bambu Tali dan rumpun Bambu Ampel hijau.

Sekarang sudah tidak ada anak hanyut lagi, korban tahunan telah hilang, masyarakat pun jadi senang. Kekhawatiran jadi hilang. Kekhawatiran orang tua akan anaknya hanyut di got. Fikiran jadi tenang. Fikiran tenang orang tua karena selalu berfikir positif tentang got yang tidak banjir lagi.

Jadi hilangnya korban tahunan disebabkan oleh beberapa faktor yaitu:

1. Mengeringnya lahan Lancabuyur

2. Pelebaran got di Jalan Raya Bumijawa Lor

3. Ditebangnya dua rumpun bambu angker. rumpun Bambu Tali dan rumpun Bambu Ampel Hijau.

Bersambung...

Tegal, 21 Juni 2020

Aminudin Sumbaga

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post