Ana Riyanti

Guru di SD Negeri 3 Depok...

Selengkapnya
Navigasi Web
Aksi Nyata Modul 1.4 Budaya Positif

Aksi Nyata Modul 1.4 Budaya Positif

RANCANGAN TINDAKAN AKSI NYATA MODUL 1.4 BUDAYA POSITIF

ANA RIYANTI

CGP ANGKATAN 7 KABUPATEN GROBOGAN

Fasilitator : Ibu Winarsih

Pengajar Praktik : Bapak Supriyono

Judul : Implementasi Budaya Positif Sekolah Melalui Keyakinan Kelas V SD N 3 Depok

A. LATAR BELAKANG

Pentingnya interaksi guru dan murid dalam menumbuhkan budaa positif sekolah. Implementasi pendidikan karakter yang perlu dikembangkan dalam budaya sekolah. Nilai-nilai dan peran guru penggerak dalam mendisiplinkan anak melalui budaya positif di sekolah.

B. TUJUAN

Menumbuhkan karakter murid dengan pendekatan humanis dan bermakna positif bagi perkembangan anak. Membangun disiplin positif melalui penerapan budaya positif sebagai konsekuensi logis dalam pembelajara. Menyusun keyakinan kelas sebagai bagian dari budaya positif sekolah. Menumbuhkan motivasi instrinsik murid untuk disiplin diri sesuai keyakinan kelas.

C. TOLAK UKUR

Tumbuhnya karakter murid dengan pendekatan humanis dan bermaknapositif sesuai perkembangan anak. Terbentuknya disiplin positif pada murid melalui penerapan budaya positif sebagai konsekuensi logis. Adanya keyakinan kelas sebagai bagian dari budaya positif yang dikembangkan di sekolah. Murid memiliki motivasi instrinsik dalam membangun disiplin dirinya.

D. LINIMASA TINDAKAN YANG DILAKUKAN

Berkoordinasi dengan kepala sekolah, rekan guru dan orang tua murid terkait budaya positif yang akan dikembangkan di kelas. Mengidentifikasi budaya positif yang akan dikembangkan di kelas berdasarkan pendapat murid. Melakukan survei tentang ide murid dalam mencapai kelas impian yang mereka inginkan. Mengambil kesimpulan dari ide-ide murid. Mengubah ide-ide tersebut menjadi keyakinan kelas. Guru bersama dengan murid menandataangani kontrak keyakinan kelas. Refleksi ( melihat kembali kontrak keyakinan kelas ), ketika sekolah setelah libur, saat ada yang melakukan hal yang tidak sesuai keyakinan kelas. Evaluasi dan tindak lanjut.

E. DUKUNGAN YANG DIBUTUHKAN

Dukungan moral dari kerjasama dengan Kepala Sekolah, rekan guru dan orang tua murid. Keaktifan murid dalam merancang keyakinan kelas dan melaksanakan keyakinan tersebut , serta kontrol positif setiap pelanggaran dan menerima konsekuensi logis dari pelanggaran tersebut. Peran aktif orang tua dalam mengimplementasikan budaya positif di rumah.

Berikut ini Dokumentasi Kegiatan Aksi Nyata Modul 1.4 Budaya Positif :

https://youtu.be/U780DRT_ENg

budaya positif gurupenggerak aksinyata
DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post