Andamdewi

Seorang guru di SMK N 5 Pangkalpinang...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pendidikan dan Masyarakat

Pendidikan dan Masyarakat

#Tantangan Menulis 365 Hari, Hari Ke-24

Sekolah merupakan sebuah lembaga yang berkecimpung dibidang pendidikan dan merupakan aset negara karena didalamnya berisi putra putri generasi penerus bangsa. Ditangan para pendidik mereka tumbuh dan mengenal berbagai macam ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan itulah yang membawanya ke masa depannya. Tentu saja tugas para pendidik tidak hanya sekedar mentransfer ilmu pengetahuan saja tapi yang terpenting adalah bagaimana membentuk anak didik yang berkarakter mulia agar ilmu pengetahuan yang ia miliki nantinya tidak digunakan dengan salah kaprah.

Senada dengan hakekat sekolah tersebut bahwa suatu lembaga pendidikan diharapkan tidak hanya berprestasi dalam hal internal saja seperti mencetak anak didiknya meraih prestasi belajar saja atau mengharumkan nama sekolah dengan berbagai prestasi akademik dan non akademik.saja. Namun diluar itu harapan terhadap suatu lembaga pendidikan dalam hal ini sekolah yaitu agar mampu mendidik dan mensejahterakan masyarakat. Bagaimana masyarakat ikut "terdidik" dan menjadi sejahtera dengan keberadaan lembaga pendidikan ditengah - tengah masyarakat serta sekaligus mitra dalam membantu generasi bangsa kearah yang lebih baik. Selama ini umumnya sekolah hanya fokus dengan objek dan subjek internal saja atau eksternal yang terkait urusan kelembagaan saja. Sementara satu sisi yang sangat dekat dengan lembaga pendidikan yaitu masyarakat seakan terabaikan.

Tentu saja dalam implementasinya masyarakat tidak duduk dan bersanding dengan anak didik. Tapi dengan pendekatan lain berupa sosialisasi atau pertemuan yang bersifat non formal dengan tujuan agar hubungan lembaga pendidikan dan masyarakat menjadi hangat dengan membawa beberapa agenda tentang poin utama yang ingin disampaikan kepada masyarakat dan lingkungan sekitar. Seperti membangun kebersamaan antara warga sekolah dan masyarakat dalam kegiatan kerja bakti, olahraga pagi bersama, serta kegiatan sosial dan kemanusiaan lainnya. Memberdayakan warga sekitar dalam satu kebutuhan tertentu di sekolah dan masih banyak kerjasama positif lainnya.

Sebuah lembaga pendidikan jika berhubungan dengan instansi terkaitnya secara vertikal maupun horizontal itu tentu sudah biasa. Tapi bagaimana lembaga pendidikan bisa membangun kerjasama dengan masyarakat itu luar biasa. Kedekatan emosional antara lembaga pendidikan, orang tua, dan masyarakat yang baik akan membantu melahirkan generasi bangsa yang berkarakter pula. Karena.sejatinya mendidik generasi bangsa adalah tanggung jawab kita bersama. Seperti dikutip dalam buku filsafat Pendidikan dan Dasar Pendidikan Pancasila oleh Mohammad Noor Syam yang mengemukakan bahwa hubungan masyarakat dengan pendidikan sangat korelatif, bahkan seperti telur dan ayam. Dimana masyarakat maju karena pendidikan dan pendidikan yang maju hanya ditemukan dalam masyarakat yang maju. Dan untuk mewujudkan itu semua harus berawal.dari komitmen yang kuat dan kokoh dari internal lembaga pendidikan dalam memgemban amanah tersebut.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post