Andamdewi

Seorang guru di SMK N 5 Pangkalpinang...

Selengkapnya
Navigasi Web

Sendiri

#Tantangan Menulis Gurusiana 365 Hari, Hari Ke-43

Suatu ketika kita perlu ruang dan waktu untuk kita sendiri. Menyendiri dalam suasana yang hening dan jauh dari keramaian. Di tempat atau waktu pilihan kita yang memungkinkan tanpa gangguan. Di sisi ruang alam semesta, bersama angin atau bersama suara deburan ombak, atau bersama kerlap kerlip bintang di kegelapan malam, atau di tengah hamparan hijaunya kebun atau pengunungan. Kita butuh menyendiri untuk memberi kesempatan pada seluruh ruang dan sisi-sisi jasmani dan rohani kita berpetualang menelaah, mengevaluasi, dan bercerita apa saja tentang semua hal dari setiap masa-masa yang terlalui. Menemukan mana hal yang berfaedah dan manakah yang mudhorot sejauh perjalanan hidup yang dilewati. Hingga dalam renungan itu mungkin akan membuat kita tersenyum sendiri atau membawa kita dalam tangis.

Diwaktu itu kita akan disibukkan oleh tanya dan jawab antara hati dan akal kita sendiri. Seberapa banyak kita memberi manfaat bagi sesama, bagi orang-orang yang menyayangi kita, dan bagi diri sendiri. Menemukan sebanyak apa kelemahan yang mungkin menjerembabkan diri sendiri. Sejauh mana puluhan usia kita telah banyak mengantongi kebaikan dan kesesatan. Menemukan secara obyektif mana haq dan mana yang bukan haq.

Sama halnya yang dilakukan oleh Baginda Nabi Muhammad Saw yang membutuhkan waktu untuk menyendiri di suatu tempat pilihan yang diyakini penuh ketenangan yaitu di Gua Hiro yang dalam agama dikenal dengan istilah Tafakur.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Refleksi diri, muhasabah itu adl sunnah nabi. Setiap kita hendak tidur disunahkan utk melakukannya demi perbaikan diri. Salam kenal Bunda, sy follow yaaa.. Follow balik Bunda...

19 Jul
Balas

Terima kasih Bunda atas komentar dan follownya

20 Jul

saya follow juga ya bun

20 Jul

Setuju bun

19 Jul
Balas

Terimakasih bunda , salam sukses ya bun

20 Jul



search

New Post