Andika Saputra Jaya

Nama : Andika Saputra Jaya alamat : Kp. Gempol RT RW 001/001 Ds. Sukarapih Kec. Tambelang Kab. Bekasi - Jawa Barat Kuliah di STAI Haji Agus Salim Cikarang Me...

Selengkapnya
Navigasi Web
Al-Qur'an berbahasa Arab? (Pandangan Imam Abu Hanifah tentang hadits Qudsi )

Al-Qur'an berbahasa Arab? (Pandangan Imam Abu Hanifah tentang hadits Qudsi )

Satu hal yang jarang dibahas secara terperinci adalah apa benar Al-Qur'an itu seluruhnya berbahasa Arab atau tidak?

Dalam satu kesempatan, seorang dosen STAI Haji Agus Salim Cikarang, Bpk. H. Syafi'i memberikan suatu kajian. Memuat kajian tentang ushul fiqh, beliau menjelaskan beberapa point mengenai ushul fiqh didalam kelas PAI 2 B. Diantaranya kajian tentang tarikh ushul fiqh dan Al-Qur'an berbahasa arab atau tidak. Yang membuat aku tertarik adalah ketika beliau mulai menjelaskan tentang Al-Qur'an yang berbahasa arab atau tidak semua. Dengan bermodal media yang canggih berupa laptop dan proyektor, beliau mulai menjelaskan dengan gamblang.

Kebiasaan beliau saat mengajar adalah memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya. " yang mau bertanya , silahkan ! " ujar pak syafi'i. Tidak berpikir panjang, aku pun langsung mengangkat tangan. Yaa.. meskipun kesempatan untuk bertanya agak ketat karena banyak yang ingin bertanya. Pasalnya mahasiswa akan mendapat nilai plus bila mengajukan pertanyaan.

Akhirnya aku berkesempatan untuk bertanya. :" Bapak, ditulisan bapak tertulis bahwa menurut Imam Abu Hanifah, Al-Qur'an itu maknanya dari Allah, sedangkan lafadznya dari Nabi Muhammad saw. Lalu bagaimana pengertian hadits Qudsi menurut Imam Abu Hanifah?".

Seakan tertarik dengan pertanyaan aku, beliau pun menjawab dengan penuh semangat :" nah, menurut Imam Abu Hanifah, tidak ada yang namanya hadits Qudsi. Semua hadits sama rata, tidak terbagi. Adapun menurut jumhur madzhab, pengertian Al-Qur'an menurut Abu hanifah yang maknanya dari Allah , lafadznya dari nabi adalah pengertian hadits Qudsi menurut jumhur madzhab. " lihat

Al Hadits fi Ulumil Qur’an wal Hadits, 1/175, Syaikh Hasan Muhammad Ayyub Musthalahul Hadiits, 1/5, Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin Musthalahul Hadiits, 1/6 Al Hadits fi Ulumil Qur’an wal Hadits, 1/175 Ar Risalah Al Mustathrafah li Bayani Mashuri Kutubis Sunnah Al Musyrafah, 1/81, Muhammad Al Kattani Al Maliki Diringkas dari Al Hadits fi Ulumil Qur’an wal Hadits, 1/175 Diringkas dari Mabahits fi Ulumil Qur’an, 1/22, Syaikh Manna Al Qathan

"Terdapat juga didalam Al-Qur'an bahasa selain bahasa Arab, misalnya kata "Ibrahim". Kata ini diambil dari bahasa Ibrani, sebab beliau lahir di Ibrani." Lanjutnya.

Wallahu a'lam

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Masya Alloh...sukses terus bang dika..Artikel nya is thebest.Semangat membangun karya tulis..salam perindu literasi

14 Mar
Balas

Terimakasih apresiasinya. Jangan lupa follow nanti di follback ..

14 Mar

Terimakasih apresiasinya. Jangan lupa follow nanti di follback ..

14 Mar



search

New Post