Angga martiawan

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Apakah menjadi ustad itu mudah? part 1

Apakah menjadi ustad itu mudah? part 1

Panggilan ustad di indonesia identik dengan seseorang yang memiliki ilmu agama yang cukup tinggi. biasanya ustad juga di segani di setiap daerah. di karenakan ia merupakan salah satu orang yang paling di hormati. sebenarnya apa itu gelar ustad?

Asal kata dari ustadz (أُستاذ) adalah ustad.

Dalam kamus Arab-Arab Al-Mu'jamul Wasith (المعجم الوسيط) kata ustadz memiliki beberapa makna sebagai berikut:

الأُستاذ - أُستاذ: الأُستاذ : المعلِّم . و الأُستاذ الماهر في الصناعة يُعلِّمها غيرَه . و الأُستاذ لقب علمي عالٍ في الجامعة . والجمع : أَساتذة ، وأَساتيذ

1. pengajar 2. orang yang ahli dalam suatu bidang industri dan mengajarkan pada yang lain. 3. Julukan akademis level tinggi di universitas.

Jamaknya adalah asatidzah dan asatiidz.

dalam kerangka sosial budaya di Timur Tengah, Mesir misalnya, gelar ustadz disematkan kepada mereka yang sudah menduduki level tinggi dalam tingkat kepengajaran di universitas atau al-jami’ah. maka seseorang belum pantas disebut ustadz kecuali bila sudah menguasai setidaknya dua belas cabang ilmu seperti nahwu, shorof, bayan, badi', ma'ani, adab, mantiq, kalam, akhlaq, ushul fiqih, tafsir, dan hadits.

dapat di simpulkan bahwa, ustad adalah seseorang yang memiliki ilmu dalam pengajaran tingkat tinggi di universitas. atau bisa di katakan setara "profesor".

nah, ternyata cukup sulit untuk kita bisa di panggil dengan gelar ustad yang sesungguhnya. bagaimana dengan di indonesia??

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Tak mudah, sungguh tak mudah. Salam literasi, Pak.

10 Aug
Balas

betul pak. salam literasi juga pak

11 Aug
Balas



search

New Post