anggi halim

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI MODUL EKONOMI KELAS XII

PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI

EKONOMI KELAS XII

PENYUSUN

Anggi Dwi Utami Halim, S.Pd

MAN KOTA CIMAHI

KOTA CIMAHI

2023

DAFTAR ISI

PENYUSUN

DAFTAR ISI

GLOSARIUM

PETA KONSEP

PENDAHULUAN

A. Identiitas Modul

B. Kompetensi Dasar

C. Deskripsi Singkat Materi

D. Petunjuk Penggunaan Modul

E. Materi Pembelajaran

KEGIATAN PEMBELAJARAN 1

TRANSAKSI

A. Tujuan Pembelajaran

B. Uraian Materi

C. Rangkuman

D. Latihan Soal

E. Penilaian Diri

KEGIATAN PEMBELAJARAN 2

PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI

A. Tujuan Pembelajaran

B. Uraian Materi

C. Rangkuman

D. Latihan Soal

E. Penilaian Diri

KEGIATAN PEMBELAJARAN 3

LAPORAN KEUANGAN

A. Tujuan Pembelajaran

B. Uraian Materi

C. Rangkuman

D. Latihan Soal

E. Penilaian Diri

EVALUASI

DAFTAR PUSTAKA

GLOSARIUM

Goodwill adalah aset tidak berwujud yang terdapat pada laporan neraca perusahaan, yang muncul pada saat terjadi akuisisi dalam suatu perusahaan terhadap perusahaan lain.

Hak cipta adalah hak eksklusif bagi pencipta atau penerima hak untuk mengumumkan atau memperbanyak ciptaannya atau memberi ijin untuk itu dengan tidak mengurangi pembatasan – pembatasan menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Hak paten ialah hak eksklusif inventor atas invensi di bidang teknologi untuk selama waktu tertentu melaksanakam sendiri atau memberikan persetujuan kepada pihak lain untuk melaksanakan invensinya.

Obligasi adalah surat utang yang diterbitkan oleh pihak yang berutang kepada pihak yang berpiutang. Dalam obligasi berisi tanggal jatuh tempo pembayaran utang dan bunganya. Bunga dlam obligasi disebut kupon. Kupon wajib diberikan oleh penerbit obligasi terhadap pemegang obligasi.

Saham yaitu tanda penyertaan modal seseorang atau pihak (badan usaha) dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas.

Utang hipotik adalah kredit yang diberikan atas dasar jaminan berupa benda tidak bergerak.

Utang wesel ialah utang jangka pendek yang menggunakan jaminan tertentu, tanpa syarat , tercantum dalam perjanjian tertulis dan bisa diperjual belikan kepada orang lain.

(Rahayu, 2020)

PETA KONSEP

PENDAHULUAN

A. Identitas Modul

Mata Pelajaran : Ekonomi

Kelas/Semester : XII/Ganjil

Alokasi : 3 x 4 JP

Judul Modul : PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI

B. Kompetensi Dasar

3.2 Mendeskripsikan konsep persamaan dasar akuntansi

4.2 Menyajikan persamaan dasar akuntansi

C. Deskripsi Singkat Materi

Semangat belajar dengan modul Persamaan Dasar Akuntansi. Jika Ananda mempelajari modul ini berarti Ananda telah memepelajari materi sebelumnya yaitu akuntansi sebagai sistem informasi. Dimana untuk memahami konsep persamaan dasar akuntansi, anada diharapkan telah mengerti mengenai pengertian akuntansi serta akuntansi sebagai sistem informasi.

Dimodul ini ananda akan mempelajari mengenai konsep persamaan dasar akuntansi.meliputi pengertian transaksi, bukti-bukti transaksi, persamaan dasar akuntansi serta jenis laporan keuangan perusahaan yang dihasilkan melalui proses persamaan dasar akuntansi.

D. Petunjuk Penggunaan Modul

Sebelum mulai mempelajari modul, mohon Ananda memperhatikan petunjuk penggunaan modul ini. Dengan mempelajari modul ini diharapkan Ananda dapat belajar secara mandiri seihngga dapat mencapai kompetensi dasar yang diharapkan. Petunjuk penggunaan modul sevagai berikut:

1. Berdoalah sebelum Ananda mulai mempelajari modul

2. Siapkan alat tulis sebagai sarana penunjang dalam pembelajaran

3. Pelajari peta konsep dengan seksama

4. Pahami setiap konsep dari materi yang disampaikan

5. Kerjakan tugas mandiri yang terdapat pada akhir materi

6. Jika nilai Ananda <80 maka Ananda disarankan untuk mengulang materi

7. Buatlah catatan jika Ananda mengalami kesulitan dalam memahami materi dan tanyakan pada guru

E. Materi Pembelajaran

Modul terdiri dari 3 kegiatan

Pertama :

· Pengertian transaksi dan bukti transaksi

· Pengertian dan klasifikasi akun

· Kode akun

Kedua :

· Konsep persaman dasar akuntansi

· Analisis transaksi terhadap persamaan dasar akuntansi

· Pencatatan transaksi kedalam persamaan dasar akuntansi

Ketiga :

· Jenis-jenis laporan keuangan

· Menyusun laporan keuangan berdasarkan persamaan dasar akuntansi

KEGIATAN PEMBELAJARAN 1

TRANSAKSI

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah Ananda melakukan kegiatan pembelajaran1, Ananda dapat mendefinisikan apa itu transaksi, mengenal bukti-bukti transaksi, memahami akun dalam transaksi dan pengklasifikasinannya, serta dapat membuat pengkodean akun. .

B. Uraian Materi

1. Pengertian dan Bukti Transaksi

Transaksi adalah segala kegiatan yang dapat merubah posisi keuangan dalam perusahaan, baik bertambah maupun berkurang. Keuangan yang dimaksud bisa berupa aset/harta, kas, utang atau modal. Menurut kejadiannya, transaksi dapat dibagi menjadi 2 yaitu transaksi internal dan transaksi eksternal. Transaksi internal terjadi dalam perusahaan, sedangkan transaksi eksternal melibatkan pihak luar perusahaan,

Dalam proses akuntansi, transaksi yang diakui dan dapat dicatat adalah transaksi yang memiliki bukti. Bukti tersebut disebut dengan bukti transaksi. Bukti transaksi internal adalah bukti pencatatan yang dibuat perusahaan untuk kepentingan perusahaan sendiri dan tidak berhubungan dengan pihak luar perusahaan , dan biasanya berbentuk memo. seperti penyusutan asset/harta tetap, pemakaian bahan baku untuk produksi, pemakaian perlengkapan dan lain sebagainya. Sedangkan bukti transaksi eksternal adalah bukti pencatatan yang terjadi antara perusahaan dengan pihak di luar perusahaan.seperti faktur penjualan, faktur pembelian, nota, kuitansi, dll.

Sumber : (Fuji, 2020)

Gambar 1.1 Contoh bukti transaksi

2. Pengertian dan Klasifikasi Akun

Akun adalah alat yang digunakan untuk mencatat transaksi keuagan perusahaan dalam kegiatan akuntansi. Nilai akun akan berubah baik bertambah maupun berkurang sesuai dengan transaksi yang terjadi.

Akun diklasifikasikan menjadi 2 yaitu akun riil dan akun nominal. Akun riil adalah akun-akun yang terdapat dalam laporan neraca yang terdiri dari asset/harta, utang dan modal. Sedangkan akun nominal adalah akun-akun yang terdapat di laporan laba-rugi perusahaan, yaitu pendapatan dan beban-beban.

Gambar 1.2 Klasifikasi Akun

Klasifikasi Akun

1. Akun Rill

a. Aset/harta terdiri dari asset lancar, investasi jangka panjang, asset tetap, dan asset tidak berwujud.

1). Aset Lancar adalah aset yang mudah dipindahtangankan dan habis dipakai dalam satu periode akuntansi. Contoh : kas, piutang usaha perlengkapan, asuransi dibayar di muka, sewa dibayar di muka, dll.

2) Investasi jangka panjang adalah investasi yang dilakukan perusahaan dalam jangka waktu lebih dari periode akuntansi.Contoh: saham, deposito dan obligasi

3) Aset tetap adalah aset berwujud yang digunakan perusahaan untuk kegiatan uasahanya serta mempunyai umur ekonomis atau masa manfaat satu tahun atau lebih. Contoh : peralatan, kendaraan, mesin, tanah atau hak atas tanah dan bangunan.

4) Aset tidak berwujud adalah aset yang tidak ada wujudnya tetapi dimiliki perusahaan dan memberi nilai lebih dan menguntungkan bagi perusahaan. Asset tidak berwujud dapat berupa hak-hak istimewa perusahaan. Contoh : hak cipta, hak paten, goodwill, dll.

b. Utang diklasifikasikan menjadi 2 yaitu utang lancar dan utang jangka Panjang

1) Utang lancar (current liability) adalah utang yang harus dilunasi dalam jangka waktu

kurang dari 1 tahun. Contoh : utang usaha, utang gaji, utang wesel, beban yang belum dibayar dan pendapatan dterima di muka.

2) Utang jangka panjang (long term liability) adalah utang yang harus dilunasi dalam jangka waktu lebih dari 1 tahun. Contoh : utang bank, utang obligasi, dan utang hipotik,

c. Modal adalah hak pemilik perusahaan terhadap aset perusahaan. Dalam persamaan dasar akuntansinya yaitu selisih antara aset dengan utang.

2. Akun Nominal

Akun nominal terdiri dari pendapatan dan beban. Pendapatan terdiri dari pendapaan usaha dan pendapatan dluar usaha, begitupun beban diklasifikasikan menjadi beban usaha dan beban diluar usaha

a) Pendapatan usaha adalah hasil yang diperoleh perusahaan dalam melakukan operasionalnya. Contohnya pendapatan jasa, penjualan barang dagangan.

b) Pendapatan diluar usaha adalah hasil yang diperoleh perusahaan diluar dari kegiatan usahanya/bukan kegiatan usaha perusahaan. Contohnya pendapatan bunga, pendapatan dari laba penjualan asset, dll

c) Beban usaha adalah berbagai biaya yang dikeluarkan perusahaan dan yang harus diakui selama usaha untuk memperoleh pendapatan. Contohnya beban gaji, beban sewa, beban listrik, dll

d) Beban di luar usaha adalah berbagai biaya yang dikeluarkan perusahaan tetapi tidak berhubungan dengan kegiatan usahanya. Contohnya beban bunga, rugi penjualan aset, dll.

3. Kode Akun

Kode akun atau lebih dikenal dengan koding merupakan pemberian kode pada rekening akun yang berguna untuk mempermudah proses akuntansi. Berikut macam-macam cara pemberian nomor akun:

a. Sistem numeral

Sistem numeral adalah pengkodean akun dalam akuntansi dengan menggunakan angka.

AKUN

KODE

ASET

100-199

UTANG

200-299

MODAL

300-399

PENDAPATAN

400-499

BEBAN

500-599

Tabel 1.1

Kode Akun Sistem Numeral

Contoh:

Kas 111

Piutang 112

Peralatan 121

Utang Usaha 211

Modal 311

dst

b. Sistem decimal

Sistem decimal adalah pengkodean akun dalam akuntansi dengan menggunakan angka.0 samapi 9

Contoh

Peralatan 121

Akumulasi pennyusutan peralatan 121.1

Gedung 122

Akumulasi penyusutan Gedung 122.1

Dst

c. Sistem mnemonic

Sistem mnemonic adalah pengkodean akun dalam akuntansi dengan menggunakan huruf

AKUN

KODE

ASET

Aa, Ab, Ac, dst

UTANG

Ka, Kb, Kc, dst

MODAL

Ma, Mb, Mc, dst

PENDAPATAN

Pa, Pb, Pc, dst

BEBAN

Ba, Bb, Bc, dst

Tabel 1.2

Kode akun Sistem Mnemonic

d. Sistem kombinasi huruf dan angka

Sistem numeral adalah pengkodean akun dalam akuntansi dengan menggunakan huruf dan angka.

AKUN

KODE

ASET

A1, A2, A3, dst

UTANG

K1, K2, K3, dst

MODAL

M1, M2, M3, dst

PENDAPATAN

P1, P2, P3, dst

BEBAN

B1, B2, B3, dst

Tabel 1.3

Kode akun Sistem Kombinasi Huruf dan Angka

RANGKUMAN

Ø Transaksi adalah berbagai kegiatan perusahaan yang dapat merubah posisi keuangan.

Ø Menurut kejadiannya transaksi dibagi menjadi dua yaitu transaksi internal dan transaksi eksternal.

Ø Transaksi yang dapat dicatat dalam akuntansi adalah transaksi yang memiliki bukti yaitu bukti transasksi.

Ø Akun diklasifikasikan menjadi 2 yaitu akun rill dan akun nominal

Ø Akun rill terdiri dari asset, utang dan modal

Ø Akun nominal terdiri dari pendapatan dan beban

Ø Pengkodean akun dalam akuntansi dapat dilakukan dengan 4 sistem, yaitu sistem numeral, sistem desimal, sistem mnemonic dan sistem huruf angka.

LATIHAN SOAL

Pilihlah jawaban yang tepat!

1. Berikut merupakan contoh transaksi internal, kecuali…

A. Penggunaan perlengkapan

B. Penyusutan peralatan

C. Penyusutan Gedung

D. Pembayaran listrik

E. Penyusutan kendaraan

2. Akun nominal terdiri dari…

A. Asset, utang, modal

B. Pendapatan dan beban

C. Asset dan beban

D. Asset dan pendapatan

E. Asset dan modal

3. Contoh kode akun untuk kas sistem numeral adalah…

A. Kas A1

B. Kas Aa

C. Kas 111

D. Kas Kk

E. Kas 1A

4. Berikut adalah contoh transaksi eksternal kecuali

A. Pembayaran gaji

B. Pendapatan jasa

C. Penjualan

D. Pemakaian perlengkapan

E. Pembayaran sewa

5. Bukti tansaksi internal berupa…

A. Kuitansi

B. Nota debet

C. Nota kredit

D. Surat jalan

E. Memo

6. Perhatikan akun dibawah ini

1). Kas

2). Utang

3). Piutang

4). Saham

5). Perlengkapan

6). Ekuitas

Yang termasuk dalam akun aset (harta) lancar adalah :

A. 1,2.3

B. 1,3,5

C. 2,3,4

D. 2,3,5

E. 3,4,6

7. Pembelian secara kredit didukung dengan bukti pembayaran

A. Nota debet

B. Nota kredit

C. Memo

D. Kuitansi

E. Faktur

8. Berikut merupakan contoh asset tetap, kecuali…

A. Gedung

B. Kendaraan

C. Peralatan

D. Goodwill

E. Mesin

9. Dibawah ini yang merupakan akun rill perusahaan kecuali...

A. Kas

B. Peralatan

C. Beban

D. Utang

E. Modal

10. Pengertian harta lancar perusahaan adalah ….

A. Harta yang dimiliki perusahaan yang nilai gunanya diatas 1 tahun

B. Harta yang dimiliki perusahaan yang nilai gunanya hanya dibawah 1 tahun

D. Harta yang dimilliki perusahaan yang cepat dijadikan uang tunai

E. Uang perusahaan yang diinvestasikan ke perusahaan lain lebih dari 1 tahun

PANDUAN PENILAIAN

NILAI = JUMLAH BENAR X 100

10

Bagaimana hasil latihan soalmu??..berikut merupakan rentang nilai latihan soal yang telah Ananda kerjakan

RENTANG NILAI

PREDIKAT

90-100

SANGAT BAIK

80-89

BAIK

70-79

CUKUP

<70

KURANG

Tabel 1.4

Penilaian Latihan Soal 1

Selamat bagi Ananda yang telah mendapatkan predikat baik, silahkan Ananda melanjutkan ke kegitan pembelajaran 2, dan bagi Ananda yang mendapat predikat culup/kurang yuk kita ulang kegiatan pembelajaran 1 ini.

Kunci Jawaban Latihan Soal

1. D

2. B

3. C

4. D

5. E

6. B

7. E

8. D

9. C

10. D

PENILAIAN DIRI

Beri tanda silang sesuai dengan kegiatan yang Ananda lakukan

PERTANYAAN

YA

TIDAK

Saya berdoa sebelum melakukan pembelajaran

Saya dapat mendefinisikan transaksi

Saya dapat menyebutkan bukti-bukti transaksi

Saya mengerti dan dapat membedakan akun rill dengan akun nominal

Saya dapat membuat kode akun

Tabel 1.5 Penilaian Diri 1

Jika jawaban Ananda “TIDAK” lebih banyak dari “YA”, Ananda sebaiknya mengulang kegiatan pembelajaran 1 terutama pada materi dengan jawaban “tidak” dan sebaliknya jika jawaban Ananda “YA” lebih banyak dari “TIDAK”, maka silahkan Ananda lanjutkan kegiatan pembelajaran 2.

KEGIATAN PEMBELAJARAN 2

PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah Ananda melakukan kegiatan pembelajaran2, Ananda dapat memahami persamaan dasar akuntansi, menganalisis pengaruh transaksi terhadap persamaan dasar akuntansi, serta mencatat transaksi ke adalam persamaan akuntansi.

B. Uraian Materi

1. Konsep Persamaan Dasar Akuntansi

Persamaan dasar akuntansi adalah perhitungan yang nantinya bisa memproyeksikan kekayaan, hutang, serta modal yang dimiliki perusahaan tersebut. (Gramedia.com, 2023)Dalam pencatatan transaksi dalam akuntansi Ananda perlu mengerti tentang konsep berpasangan antara aktiva and pasiva serta konsep keseimbangan. Untuk mempermudah pemahaman mengenai konsep tersebut, maka Ananda perlu mempelajari persamaan dasar akuntansi. Aktiva berpasangan dengan pasiva diman nilai aktiva harus seimbang dengan nilai pasiva. Berikut adalah persamaan dasar akuntansi

Aktiva = Pasiva

Aktiva adalah seluruh kekayaan yang dimiliki oleh perusahaan dimana didalammya terdiri dari utang dan modal pemilik. Maka dari itu rumus turunan persamaan dasar akuntansi adalah sebagai berikut:

Aset/Harta = Utang + Modal

2. Pengaruh Transaksi terhadap Persamaan Dasar Akuntansi

Transaksi adalah berbagai kegiatan yang dapat merubah posisi keuangan dalam sebuah perusahaan, bisa bertambah ataupun berkurang.

Berikut adalah pengaruh transaksi terhadap persamaan dasar akuntansi

TRANSAKSI

ASET

UTANG

MODAL

Penambahkan modal oleh pemilik

+

+

Pembelian asset secara tunai

+ -

Pembelian sset secara kredit

+

+

Pedapatan jasa

+

+

Pembayaran beban

-

-

Pembayaran utang

-

-

Pengambilan uang untuk keperluan pribadi

-

-

Tabel 1.6 Analisis Pengaruh Transaksi terhadap Persamaan Dasar Akuntansi

Berikut merupakan contoh analisis transaksi yang dapat diamati supaya pemahaman Ananda semakin meningkat.

Pada tanggal 1 Desember 2022 Tuan Akmal mendirikan sebuah usaha yang bergerak dibidang servis mobil dengan nama Servis Service Mobil Akmal. Berikut ini transaksi selama bulan Desember 2022 :

A. Diinvestasikan sebagai modal pertama berupa uang tunai sebesar Rp20.000.000,00 dan Peralatan kantor sebesar Rp1.000.000,00.

Analisis : Harta (kas) bertambah Rp20.000.000,00, harta (peralatan) bertambah Rp1.000.000,00, dan modal bertambah Rp21.000.000,00.

B. Dibayar sewa atas ruangan usaha bengkel sebesar Rp500.000,00 untuk 1 bulan. Analisis : Harta (kas) berkurang Rp500.000,00 dan modal berkurang Rp500.000,00

C. Dibeli secara kredit perlengkapan bengkel dari Toko Jayabaya seharga Rp1.000.000,00 dan peralatan bengkel seharga Rp3.000.000,00.

Analisis : Harta (perlengkapan) bertambah Rp1.000.000,00, harta (peralatan) bertambah Rp3.000.000,00 dan utang bertambah Rp4.000.000,00.

D. Diterima pendapatan atas jasa yang telah diberikan selama 1 minggu sebesar Rp 10.000.000,00.

Analisis: Harta (kas) bertambah Rp10.000.000,00 dan modal bertambah Rp10.000.000,00.

E. Dibayar listrik dan air untuk bulan Desember 2022 sebesar Rp300.000,00.

Analisis: Harta (kas) berkurang Rp300.000,00 dan modal berkurang Rp300.000,00.

F. Telah diselesaikan jasa servis kepada langganan dengan biaya yang diperhitungkan sebesar Rp7.000.000,00. Jumlah tersebut difakturkan untuk ditagih.

Analisis: Harta (piutang usaha) bertambah Rp7.000.000,00 dan modal bertambah Rp7.000.000,00.

G. Dibayar sebagian utang atas pembelian pelengkapan sebesar Rp2.000.000,00. Analisis: Harta (kas) berkurang Rp2.000.000,00 dan utang berkurang Rp2.000.0000,00

H. Diterima sebagian pelunasan piutang atas transaksi huruf F sebesar Rp5.000.000,00.

Analisis: Harta (kas) bertambah Rp5.000.000,00 dan harta (piutang usaha) berkurang Rp5.000.000,00.

I. Tuan Akmal mengambil uang tunai untuk digunakan secara pribadi sebesar Rp1.000.000,00.

Analisis: Harta (kas) berkurang Rp1.000.000,00 dan modal berkurang Rp1.000.000,00

J. Dibayar gaji administrasi bengkel untuk bulan Desember 2022 sebesar Rp1.500.000,00 dan dibayar rekening telepon sebesar Rp200.000,00.

Analisis: Harta (kas) berkurang Rp1.700.000,00, modal juga berkurang Rp1.700.000,00

K. Pada akhir bulan Desember 2022 perlengkapan yang masih ada sebesar Rp500.000,00 dan peralatan bengkel disusutkan sebesar Rp100.000,00.

Analisis: Harta (perlengkapan) berkurang Rp500.000,00, harta (akumulasi penyusutan peralatan) bertambah Rp100.000,00, dan modal berkurang Rp600.000,00.

L. Diterima pendapatan atas jasa servis sebesar Rp500.000,00

Analisis: Harta (kas) bertambah Rp500.000,00 dan modal bertambah Rp500.000,00

3. Mencatat Persamaan Dasar Akuntansi

PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI SERVICE MOBIL AKMAL

Dalam ribuan (000)

NO

HARTA

UTANG + MODAL

KAS

PIUTANG

PERLENGKAPAN

PERALATAN

AKUM PENY PERALATAN

UTANG

MODAL

A

20.000

1.000

21.000

20.000

0

0

1.000

0

0

21.000

B

(500)

(500)

19.500

0

0

1.000

0

0

20.500

C

1.000

3.000

4.000

19.500

0

1.000

4.000

0

4.000

20.500

D

10.000

10.000

29.500

0

1.000

4.000

0

4.000

30.500

E

(300)

(300)

29.200

0

1.000

4.000

0

4.000

30.200

F

7.000

7.000

29.200

7.000

1.000

4.000

0

4.000

37.200

G

(2.000)

(2.000)

27.200

7.000

1.000

4.000

0

2.000

37.200

H

5.000

(5.000)

32.200

2.000

1.000

4.000

0

2.000

37.200

I

(1.000)

(1.000)

31.200

2.000

1.000

4.000

0

2.000

36.200

J

(1.700)

(1.700)

29.500

2.000

1.000

4.000

0

2.000

34.500

K

(500)

(100)

(600)

29.500

2.000

500

4.000

(100)

2.000

33.900

L

500

500

30.000

2.000

500

4.000

(100)

2.000

34.400

Tabel 1.7 Contoh Persamaan Dasar Akuntansi

RANGKUMAN

Persamaan Dasar Akuntansi

Aset/Harta = Utang + Modal

Analisis Transaksi

TRANSAKSI

ASET

UTANG

MODAL

Penambahkan modal oleh pemilik

+

+

Pembelian asset secara tunai

+ -

Pembelian sset secara kredit

+

+

Pedapatan jasa

+

+

Pembayaran beban

-

-

Pembayaran utang

-

-

Pengambilan uang untuk keperluan pribadi

-

-

PENUGASAN MANDIRI

Pak Nana seorang penjahit pada tanggal 1 Desember 2021 mempunyai Harta:

Uang tunai

RP

4.000.000,00

Piutang

RP

1.300.000,00

Perlengkapan

RP

200.000,00

Mesin jahit

RP

1.700.000,00

Hutang

Rp

2.800.000,00

Transaksi yang terjadi pada bulan Desember 2021 adalah sebagai berikut.

Tanggal 04 pendapatan dari langganan yang masih harus diterima

Rp1.200.000,00.

Tanggal 06 pembayaran rekening listrik sebesar Rp 425.000,00.

Tanggal 08 pendapatan tunai hasil jahitan Rp500.000,00.

Tanggal 10 pembayaran hutang RP 1.500.000,00,

Tanggal 13 pembelian tunai perlengkapan jahit Rp 250.000 00.

Tanggal 15 pembayaran upah tukang jahit Rp 450.000,00.

Tanggal 19 pembelian dari Toko Bintang, dua buah mesih jahit Rp 1.600.000,00

antaranya Rp 200.000,00 dibayar tunai, sisanya secara kredit

Tanggal 21 penerimaan pendapatan komisi Rp 150.000,00.

Tanggal 25 pengambilan dari kas, uang tunai Rp 500.000,00 untuk keperluan

rumah tangga

Tanggal 27 pendapatan tunai hasil jahitan Rp 800.000,00

Tanggal 30 pembayaran upah tukang jahit Rp 1.200.000,00.

Tanggal 31 persediaan perlengkapan yang masih ada senilai RP 100.000,00.

Diminta, catatlah transaksi di atas dalam persamaan akuntansi dengan bentuk:

Kas + piutang + perlengkapan + mesin = hutang + modal

PANDUAN PENILAIAN

NILAI = JUMLAH BENAR X 100

13

LATIHAN SOAL

1. Pengeluaran uang sebesar Rp 5.500.000,00 untuk membayar gaji karyawan menyebabkan ....

A. kewajiban berkurang, modal berkurang

B. aktiva berkurang, modal berkurang

C. kewajiban bekurang, modal bertambah

D. aktiva berkurang kewajiban berkurang

E. kewajiban bertambah, modal berkurang

2. Pada tanggal 10 April 2016 perusahaan salon “Indah” membeli perlengkapan seharga Rp800.000 secara tunai. Transaksi tersebut dalam persamaan akuntansi akan mengakibatkan ....

A. harta bertambah berupa perlengkapan, modal berkurang berupa uang

B. harta bertambah berupa perlengkapan, utang bertambah

C. harta bertambah berupa perlengkapan, harta berkurang berupa kas

D. harta bertambah berupa perlengkapan, modal bertambah berupa kas

E. harta berttambah berupa kas, modal berkurang berupa uang

3. Amir menderita kerugian sebesar Rp1.200.000. Bila modal akhirnya Rp13.000.000 dan prive pemilik Rp250.000 maka besarnya modal awal adalah ….

A. Rp11.550.000

B. Rp14.450.000

C. Rp13.250.000

D. Rp14.200.000

E. Rp11.800.000

4. Apabila harta bertambah Rp500.000 dan utang bertambah Rp200.000, maka modalnya akan ….

A. berkurang Rp200.000

B. bertambah Rp300.000

C. berkurang Rp500.000

D. berkurang Rp300.000

E. bertambah Rp500.000

5. Dalam persamaan akuntansi, transaksi penerimaan penghasilan dari usaha mengakibatkan ….

A. penghasilan bertambah dan kas bertambah

B. hutang bertambah dan modal bertambah

C. penghasilan bertambah dan modal bertambah

D. kas bertambah dan modal bertambah

E. kas bertambah dan harta bertambah

6. Jika dalam periode yang sama total aset meningkat Rp32.000.000,00 dan total liabilitas meningkat Rp12.000.000,00. Jumlah ekuitas pemilik dalam periode tersebut adalah ....

A. naik Rp32.000.000,00

B. naik Rp8.000.000,00

C. turun Rp8.000.000,00

D. naik Rp20.000.000,00

E. naik Rp12.000.000,00

7. Pendapatan perusahaan Rp20.000.000,00 Beban usaha Rp7.000.000,00. Prive Rp3.000.000,00 jika ekuitas awal Rp55.000.000,00 maka ekuitas akhir adalah ....

A. Rp79.000.000,00

B. Rp65.000.000,00

C. Rp55.000.000,00

D. Rp50.000.000,00

E. Rp45.000000,00

8. Berikut ini yang termasuk kelompok Aktiva Tetap adalah… A. Kas, Piutang, Persediaan, Tanah B. Tanah, Perlengkapan, Bangunan,Piutang C. Piutang, Kas, Bangunan, Peralatan D. Kas, Piutang, Persediaan, Perlengkapan E. Peralatan, Kendaraan, Bangunan, Tanah

9.

Perkiraan utang akan bertambah apabila terjadi transaksi :

A. Pembelian tunai

B. Pinjaman dari pihak ketiga

C. Investasi

D. Penyusutan

E. Pembayaran listrik

10.

Pengambilan uang untuk keperluan pribadi oleh pemilik perusahaan disebut :

A. Biaya lain-lain

B. Cash bond

C. Modal

D. Prive

E. Utang

PANDUAN PENILAIAN

NILAI = JUMLAH BENAR X 100

10

Bagaimana hasil latihan soalmu??..berikut merupakan rentang nilai latihan soal yang telah Ananda kerjakan

RENTANG NILAI

PREDIKAT

90-100

SANGAT BAIK

80-89

BAIK

70-79

CUKUP

<70

KURANG

Tabel 1.8.

Penilaian Latihan Soal 2

Selamat bagi Ananda yang telah mendapatkan predikat baik, silahkan Ananda melanjutkan ke kegitan pembelajaran 3, dan bagi Ananda yang mendapat predikat culup/kurang yuk kita ulang kegiatan pembelajaran 1 ini.

Kunci Jawaban Latihan Soal

1. B

2. C

3. B

4. B

5.D

6. D

7. B

8. E

9. B

10. D

PENILAIAN DIRI

Beri tanda silang sesuai dengan kegiatan yang Ananda lakukan

PERTANYAAN

YA

TIDAK

Saya berdoa sebelum melakukan pembelajaran

Saya dapat memahami konsep persamaan dasar akuntansi

Saya dapat menganalisis pengaruh transaksi terhadap persamaan dasar akuntansi

Saya dapat mencatat transaksi ke dalam persamaan dasar akuntansi

Tabel 1.9 Penilaian Diri 2

Jika jawaban Ananda “TIDAK” lebih banyak dari “YA”, Ananda sebaiknya mengulang kegiatan pembelajaran 2 terutama pada materi dengan jawaban “tidak” dan sebaliknya jika jawaban Ananda “YA” lebih banyak dari “TIDAK”, maka silahkan Ananda lanjutkan kegiatan pembelajaran 3.

KEGIATAN PEMBELAJARAN 3

LAPORAN KEUANGAN

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah Ananda melakukan kegiatan pembelajaran 3, Ananda dapat mengetahui komponen laporan keuangan dalam akuntansi, serta membuat laporan keuangan berdasarkan persamaan dasar akuntansi.

B. Uraian Materi

1. Jenis-jenis Laporan Keuangan

Laporan keuangan merupakan hasil dari proses kegiatan pelaporan akuntansi. Menurut PSAK No.1 (2015:1), “Laporan keuangan adalah penyajian terstruktur dari posisi keuangan dan kinerja keuangan suatu entitas.” Laporan keuangan dibuat setiap dalam periode tertentu antara lain secara bulanan, triwulan, semester, dan tahunan (Ginee.com, 2021). Dalam sebuah perusahaan Laporan Keuangan memegang peranan sangat penting baik bagi manajemen untuk perencanaan pengembangan perusahaan maupun bagi pihak eksternal yang berkepentingan. Laporan keuangan yang disajikan harus dapat memberikan gambaran secara jelas terhadap posisi keuangan (neraca) dan kinerja suatu perusahaan (laporan laba-rugi). (Ismawanto, 2020)

Terdapat 3 (tiga) komponen Laporan Keuangan yang dilaporkan perusahaan untuk pihak manajemen maupun pihak eksternal, yaitu Laporan Laba Rugi, Laporan Neraca dan Laporan Perubahan Modal.

1. Laporan Laba Rugi

Laporan Laba Rugi adalah laporan kinerja perusahaan, dimana menggambarkan laba perusahaan dalam satu periode akuntansi. Laba diperoleh dari pendapatan dikurangi beban-beban yang dibayarakan.

2. Laporan Neraca

Laporan Neraca adalah laporan yang menggambarkan posisi keuangan perusahaan. Unsur-unsur yang terdapat dalam laporan neraca adalah posisi asset/harta, utang dan modal.

3. Laporan perubahan Modal

Laporan Perubahan Modal adalah adalah laporan yang menggambarkan peningkatan atau penurunan modal pemilik. Dimana nilai modal akan bertambah/meningkat jika perusahaan mengalami keuntungan, dan sebaliknya modal akan berkurang/menurun jika perusahaan mengalami kerugian.

2. Bentuk Laporan Keuangan

Berikut contoh bentuk laporan keuangan

Gambar 1.3 Contoh Laporan Keuangan Laba/Rugi Bentuk Single Step

Gambar 1.4 Contoh Laporan Keuangan Laba/Rugi Bentuk Multiple Step

Gambar 1.4 Contoh Laporan Keuangan Perubahan Modal

Gambar 1.4 Contoh Laporan Keuangan Neraca

Sumber: (Ginee.com, 2021)

RANGKUMAN

Ø Laporan keuangan merupakan hasil dari proses kegiatan pelaporan akuntansi. Menurut PSAK No.1 (2015:1), “Laporan keuangan adalah penyajian terstruktur dari posisi keuangan dan kinerja keuangan suatu entitas.”

Ø Laporan keuangan dibuat setiap dalam periode tertentu antara lain secara bulanan, triwulan, semester, dan tahunan

Ø Komponen Laporan Keuangan

ü Laporan Laba/Rugi

ü Laporan Perubagan Modal

ü Laporan Neraca

PENUGASAN MANDIRI

Buatlah Laporan Keuangan Berdasarkan Persamaan Dasar Akuntansi dibawah ini

PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI (000)

ASET

= HUTANG

+ MODAL

TGL

KAS

+ PIUTANG

+ PRLKPN

+ MESIN

= HUTANG

+ MODAL

SALDO

4.000

+ 1.300

+ 200

+ 1.700

= 2.800

+ 4.400

04

1.200

1.200

4.000

+ 2.500

+ 200

+ 1.700

= 2.800

+ 5.600

06

(425)

(425)

3.575

+ 2.500

+ 200

+ 1.700

= 2.800

+ 5.175

08

500

500

4.075

+ 2.500

+ 200

+ 1.700

= 2.800

+ 5.675

10

(1.500)

= (1.500)

2.575

+ 2.500

+ 200

+ 1.700

= 1.300

+ 5.675

13

(250)

+ 250

2.325

+ 2.500

+ 450

+ 1.700

= 1.300

+ 5.675

15

(450)

(450)

1.875

+ 2.500

+ 450

+ 1.700

= 1.300

+ 5.225

19

(200)

1.600

1.400

1.675

+ 2.500

+ 450

+ 3.300

= 2.700

+ 5.225

21

150

150

1.825

+ 2.500

+ 450

+ 3.300

= 2.700

+ 5.375

25

(500)

(500)

1.325

+ 2.500

+ 450

+ 3.300

= 2.700

+ 4.875

27

800

800

2.125

+ 2.500

+ 450

+ 3.300

= 2.700

+ 5.675

30

(1.200)

(1.200)

925

+ 2.500

+ 450

+ 3.300

= 2.700

+ 4.475

31

(350)

(350)

925

+ 2.500

+ 100

+ 3.300

= 2.700

+ 4.125

6.825

= 6.825

PANDUAN PENILAIAN

1. Laporan Laba rugi score 30

2. Lapran perubahan ekuitas 30

3. Laporan posisi keuamgan 40

Total score 100

Nilai = skore di peroleh x 100 skore maksimal

LATIHAN SOAL

1. Jika dalam periode yang sama total aset meningkat Rp32.000.000,00 dan total liabilitas meningkat Rp12.000.000,00. Jumlah ekuitas pemilik dalam periode tersebut adalah ....

A. naik Rp32.000.000,00

B. naik Rp8.000.000,00

C. turun Rp8.000.000,00

D. naik Rp20.000.000,00

E. naik Rp12.000.000,00

2. Dalam suatu laporan keuangan awal bulan diketahui data sebagai berikut:

Aset lancar Rp5.255.000,00

Aset tetap Rp57.500.000,00

Ekuitas Rp55.500.000,00

Maka besarnya liabilitas adalah ....

A. Rp2.500.000,00

B. Rp2.000.000,00

C. Rp5.255.000,00

D. Rp7.255.000,00

E. Rp55.500.000,00

. 3. Diketahui data sebagai berikut. a. Pendapatan jasa Rp 6.250.000,00 b. Beban sewa Rp 3.000.000,00 c. Beban gaji Rp 750.000,00 d. Beban perlengkapan Rp 500.000,00 e. Modal awal Rp 9.750.000,00 f. Modal akhir Rp 11.000.000,00 Dari data di atas, besar prive adalah... A. Rp 1.250.000,00 B. Rp 250.000,00 C. Rp 1.000.000,00 D. Rp 500.000,00 E. Rp 750.000,00

4. Amir menderita kerugian sebesar Rp1.200.000. Bila modal akhirnya Rp13.000.000 dan prive pemilik Rp250.000 maka besarnya modal awal adalah ….

A. Rp11.550.000

B. Rp14.450.000

C. Rp13.250.000

D. Rp14.200.000

E. Rp11.800.000

5. Pendapatan perusahaan Rp20.000.000,00 Beban usaha Rp7.000.000,00. Prive Rp3.000.000,00 jika ekuitas awal Rp55.000.000,00 maka ekuitas akhir adalah ....

A. Rp79.000.000,00

B. Rp65.000.000,00

C. Rp55.000.000,00

D. Rp50.000.000,00

E. Rp45.000000,00

PANDUAN PENILAIAN

NILAI = jumlah jawaban benar x score soal

Score tiap soal : 20

Bagaimana hasil latihan soalmu??..berikut merupakan rentang nilai latihan soal yang telah Ananda kerjakan

RENTANG NILAI

PREDIKAT

90-100

SANGAT BAIK

80-89

BAIK

70-79

CUKUP

<70

KURANG

Tabel 1.10

Penilaian Latihan Soal 3

Selamat bagi Ananda yang telah mendapatkan predikat baik, silahkan Ananda melanjutkan Evaluasi, dan bagi Ananda yang mendapat predikat culup/kurang yuk kita ulang kegiatan pembelajaran 3 ini.

KUNCI JAWABAN LATIHAN SOAL

1. D

2. D

3. E

4. B

5. B

PENILAIAN DIRI

Beri tanda silang sesuai dengan kegiatan yang Ananda lakukan

PERTANYAAN

YA

TIDAK

Saya berdoa sebelum melakukan pembelajaran

Saya dapat mengetahui komponen laporan keuangan

Saya dapat membuat laporan keuangan berdasarkan persamaan dasar akuntansi

Tabel 1.11 Penilaian Diri 3

Jika jawaban Ananda “TIDAK” lebih banyak dari “YA”, Ananda sebaiknya mengulang kegiatan pembelajaran 3 terutama pada materi dengan jawaban “tidak” dan sebaliknya jika jawaban Ananda “YA” lebih banyak dari “TIDAK”, maka silahkan Ananda lanjutkan evaluasi.

EVALUASI

1. Pada tanggal 10 April 2016 perusahaan salon “Indah” membeli perlengkapan seharga Rp800.000 secara tunai. Transaksi tersebut dalam persamaan akuntansi akan mengakibatkan ....

A. harta bertambah berupa perlengkapan, modal berkurang berupa uang

B. harta bertambah berupa perlengkapan, utang bertambah

C. harta bertambah berupa perlengkapan, harta berkurang berupa kas

D. harta bertambah berupa perlengkapan, modal bertambah berupa kas

E. harta bertambah berupa kas, modal berkurang berupa uang

2. Amir menderita kerugian sebesar Rp1.200.000. Bila modal akhirnya Rp13.000.000 dan prive pemilik Rp250.000 maka besarnya modal awal adalah ….

A. Rp11.550.000

B. Rp14.450.000

C. Rp13.250.000

D. Rp14.200.000

E. Rp11.800.000

3. Apabila harta bertambah Rp500.000 dan utang bertambah Rp200.000, maka modalnya akan ….

A. berkurang Rp200.000

B. bertambah Rp300.000

C. berkurang Rp500.000

D. berkurang Rp300.000

E. bertambah Rp500.000

4. Dalam persamaan akuntansi, transaksi penerimaan penghasilan dari usaha mengakibatkan ….

A. penghasilan bertambah dan kas bertambah

B. hutang bertambah dan modal bertambah

C. penghasilan bertambah dan modal bertambah

D. kas bertambah dan modal bertambah

E. kas bertambah dan harta bertambah

5. Diketahui data sebagai berikut. a. Pendapatan jasa Rp 6.250.000,00 b. Beban sewa Rp 3.000.000,00 c. Beban gaji Rp 750.000,00 d. Beban perlengkapan Rp 500.000,00 e. Modal awal Rp 9.750.000,00 f. Modal akhir Rp 11.000.000,00 Dari data di atas, besar prive adalah... A. Rp 1.250.000,00 B. Rp 250.000,00 C. Rp 1.000.000,00 D. Rp 500.000,00 E. Rp 750.000,00

6. Jika dalam periode yang sama total aset meningkat Rp32.000.000,00 dan total liabilitas meningkat Rp12.000.000,00. Jumlah ekuitas pemilik dalam periode tersebut adalah ....

A. naik Rp32.000.000,00

B. naik Rp8.000.000,00

C. turun Rp8.000.000,00

D. naik Rp20.000.000,00

E. naik Rp12.000.000,00

7. Dalam suatu laporan keuangan awal bulan diketahui data sebagai berikut:

Aset lancar Rp5.255.000,00

Aset tetap Rp57.500.000,00

Ekuitas Rp55.500.000,00

Maka besarnya liabilitas adalah ....

A. Rp2.500.000,00

B. Rp2.000.000,00

C. Rp5.255.000,00

D. Rp7.255.000,00

E. Rp55.500.000,00

8. Unsur-unsur laporan keuangan yang berkaitan langsung dengan pengukuran kinerja keuangan perusahaan adalah ....

A. Aset dan Penghasilan

B. Pendapatan dan Beban

C. Liabilitas dan Beban

D. Aset, Liabilitas, dan Ekuitas

E. Penghasilan, Beban, dan Ekuitas

9. Pendapatan perusahaan Rp20.000.000,00 Beban usaha Rp7.000.000,00. Prive Rp3.000.000,00 jika ekuitas awal Rp55.000.000,00 maka ekuitas akhir adalah ....

A. Rp79.000.000,00

B. Rp65.000.000,00

C. Rp55.000.000,00

D. Rp50.000.000,00

E. Rp45.000000,00

10. Keseimbangan debit dan kredit pada neraca saldo menunjukkan…

A. proses penjurnalan dan posting sudah berjalan dengan benar

B. pemindahbukuan ke buku besar telah berjalan baik

C. pemindahbukuan ke buku besar telah dilakukan

D. pencatatan belum tentu benar

E. neraca saldo sudah seimbang

PANDUAN PENILAIAN

NILAI = JUMLAH BENAR X 100

10

Bagaimana hasil evaluasi yang telah Ananda kerjakan?..berikut merupakan rentang nilai evaluasi.

RENTANG NILAI

PREDIKAT

90-100

SANGAT BAIK

80-89

BAIK

70-79

CUKUP

<70

KURANG

Tabel 1.12

Penilaian Evaluasi

Selamat bagi Ananda yang telah mendapatkan predikat baik, silahkan Ananda melanjutkan ke kegitan pembelajaran 3, dan bagi Ananda yang mendapat predikat cukup/kurang yuk kita ulang kegiatan pembelajaran 1, 2 dan 3.

Kunci Jawaban Latihan Soal

1. C

2. B

3. B

4. D

5. E

6. D

7. D

8. B

9. B

10. A

DAFTAR PUSTAKA

Fuji, N. (2020, Desember -). Mengenal Macam Bukti Transaksi, Berikut Manfaatnya Wajib Tahu. -, p. 2.

Ginee.com. (2021, Mei). Berikut Jenis, Bentuk, dan Contoh Laporan Keuangan Perusahaan. -, p. 1.

Gramedia.com. (2023, Mei -). Persamaan Dasar Akuntansi : Pengertian, Rumus, dan Contoh. -, p. 1.

Ismawanto. (2020). ILMU EKONOMI UNTUK KELAS XII SMA DAN MA. Solo: PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Rahayu, T. (2020). PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI EKONOMI KELAS XII. Jakarta: @2020, Direktorat SMA, Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS dan DIKMEN.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post