Anik Wahyuningtyas

Lahir di Probolinggo, 22 Mei 1982. Menempuh pendidikan terakhir S1 di Universitas Negeri Malang pada prodi Pendidikan Biologi, lulus tahun 2004. menjadi guru Ba...

Selengkapnya
Navigasi Web
Berbagai Media Inovatif dalam Pembelajaran

Berbagai Media Inovatif dalam Pembelajaran

Oleh : Anik Wahyuningtyas

SMAN 1 Tiris

Judul : Bukan Media Biasa

Pengarang : Uzlifatul Rusydiana

Tahun terbit : 2020

Tebal Halaman : 68 halaman

ISBN : 978-623-272-315-3

Dalam pembelajaran di kelas, peranan media sangatlah penting. Pembelajaran kurang bermakna tanpa menggunakan media pembelajaran. Media pembelajaran berpengaruh besar terhadap gairah dan semangat belajar siswa. Unsur penyediaan media pembelajaran termasuk dalam lingkup literasi.

Media pembelajaran yang diperlukan saat ini adalah media pembelajaran yang inovatif. Yang dapat membuat siswa mendengarkan, membaca, berpikir, menulis, berbicara dan melakukan. Yang dapat membuat siswa aktif di dalam kelas, ramai berdiskusi, bahkan bisa dilakukan di luar kelas untuk menghindari kebosanan. Kelas yang baik adalah kelas yang ramai berdiskusi. Bukan sepi tanpa kata dan siswa terpaku di bangku masing-masing.

Dalam buku ini, penulis mencoba memaparkan berbagai media pembelajaran pada jenjang sekolah dasar yang sangat inovatif, mudah diterapkan, menggunakan bahan yang sangat simpel namun mengena pada materi. Penulis juga memaparkan cara pembuatan dan cara penggunaan beserta contoh penyajian dalam kelas disertai sejumlah foto yang mempermudah pembaca untuk memahami.

Matematika yang bersifat abstrak menjadi sesuatu yang konkret dengan media yang asyik. Materi pecahan bisa dikonkretkan dengan cara berbagi makanan dengan teman. Kesulitan siswa dalam mempelajari cuaca dapat dipermudah dengan pembuatan kartu cuaca yang mana cara memainkannya di halaman sekolah sehingga dapat menghilangkan kebosanan siswa. Pembelajaran IPS tentang profesi dapat diterapkan dengan media papan profesi. Kesulitan dan kebingungan siswa mempelajari arah mata angin dapat diatasi dengan bermain arah mata angin. Menghafal berbagai suku, tarian adat, pakaian adat dan senjata tradisional akan terasa mudah dengan media peta kantong budaya. Rasa bosan ketika mengerjakan soal juga bisa diatasi dengan media soal berantai dan bernyanyi sambil arisan norma. Media make a math juga sangat membantu siswa dalam menyederhanakan berbagai konsep yang luas.

Penulis berusaha mengajak pembaca untuk masuk pada dunia pendidikan dasar. Media yang disajikan bisa diterapkan pada jenjang lain dan materi yang lain. Sangat bisa disesuaikan. Mengupas tuntas cara pembuatan dan langkah-langkah penggunaannya. Detail, interaktif dan sangat menarik. Mampu menciptakan suasana pembelajaran yang bermakna.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren resensinya bu. Sudah saya follow. Semoga sukses selalu

30 Jan
Balas

Mantap

31 Jan
Balas

Makasih bunda bunda cantik yang hebat

31 Jan
Balas

Mantap resensinya, Bun. Salam sukses dan salam literasi.

07 Feb
Balas



search

New Post