Anik Wahyuningtyas

Lahir di Probolinggo, 22 Mei 1982. Menempuh pendidikan terakhir S1 di Universitas Negeri Malang pada prodi Pendidikan Biologi, lulus tahun 2004. menjadi guru Ba...

Selengkapnya
Navigasi Web
Ujian Praktek Biologi ala SMA Gunung
Kalian luar biasa

Ujian Praktek Biologi ala SMA Gunung

Kelas XII tahun ini benar-benar spesial. Bagaimana tidak, di penghujung masa SMA mereka lalui pembelajaran dengan daring. Siapa yang menyangka pandemi enggan berlalu. Sampai menjelang masa kelulusan pun mereka masih berhadapan dengan android. Begitu juga yang terjadi pada siswa siswiku. Si anak gunung.

Ujian praktek mau tidak mau harus diadakan. Salah satu tuntutan tes sebagai syarat kelulusan. Begitu jadwal mulai beredar mulailah otak berputar, apakah yang harus dilakukan siswa saat menempuh ujian praktek. Pastinya yang mereka lakukan ada di sekeliling mereka, tidak memberatkan, mengerjakan dengan rileks, dan mereka suka.

Untungnya biologi adalah mata pelajaran yang bisa dijumpai dimanapun. Laboratorium alam memberikan peluang luas untuk mengeksplor kemampuan siswa. Akhirnya Terbesitlah di angan untuk meminta siswa memilih satu diantara pilihan ujian. Praktek mengolah berbagai jenis jamur (materi kelas x), praktek menyusun menu seimbang (materi kelas xi), dan praktek mengolah berbagai jenis makanan dari hasil fermentasi (materi kelas xii). Semua mereka kerjakan dari rumah. Hasil yang dikumpulkan berupa foto selfie dan deskripsi keterangan dari praktek yang mereka lakukan. Berliterasi dengan alam.

Alhasil mereka antusias. Dengan senangnya mereka berselfi ria memenuhi memori androidku. Maklum, selama ini kami berinteraksi daring dengan group wa. Karena aplikasi ini yang sangat memungkinkan bagi kami yang tergolong pejuang sinyal.

Mungkin bagi sebagian sekolah yang tergolong maju, ujian praktek ini tergolong tak berarti. Namun bagi kami yang ada di pinggiran, bahkan pelosok. Inilah yang kami mampu. Kami berliterasi dengan cara kami sendiri.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wah, keren buk. Biologi pelajaran kesukaanku. Sukses slalu buk dan salam literasi.

13 Mar
Balas

Xixixi... Trimakasih bu.

17 Mar

Semangat menempuh ujian dengan anak didiknya ya Bunda .. sudah sy follow ya

02 Mar
Balas

Trimakasih bunda sri sudah berkenan mampir. Saya follow balik

03 Mar



search

New Post