Anik Zahra

Anik Zahra adalah nama pena dari NI'MATUZ ZAHROH. Ia adalah seorang guru Bahasa Inggris di MTsN 5 Jombang, seorang ibu dari tiga orang anak, dan penyuka mu...

Selengkapnya
Navigasi Web
Menjaga Amalan Ramadan

Menjaga Amalan Ramadan

Banyak cara bisa dilakukan untuk menjaga amalan Ramadan. Umat Islam perlu menjaga amalan-amalan baik yang sudah biasa dilakukan di bulan Ramadan.

Di antara beberapa amalan tersebut adalah puasa sunah, sahur, salat malam, tadarus dan tadabur, sedekah, dan berbagai amal lain. Amalan ini saling terkait satu sama lain.

Kebiasaan berpuasa sunah menuntut umat Islam untuk sahur. Bangun pagi di saat sahur membawa dampak yang baik, sebab dapat diisi dengan salat malam dan witir.

Kebiasaan ini umumnya juga diikuti dengan salat Subuh tepat waktu. Setelah salat subuh, kita dapat melanjutkan ibadah dengan tadarus dan tadabur Al qur'an.

Menjadikan ibadah sebagai kebiasaan bisa dikatakan gampang-gampang susah. Pada awalnya, menjalankan ibadah di luar bulan Ramadan akan terasa sulit bagi mereka yang tidak terbiasa.

Di bulan Ramadan, suasana cenderung lebih kondusif untuk beribadah. Ada banyak orang melakukan ibadah bersama-sama, hal ini tidak selalu ditemui setelah Ramadan.

Untuk mengatasi hal ini, umat Islam harus belajar melakukan ibadah sendiri. Artinya, tanpa perlu komunitas yang mendukung, ibadah tetap dilakukan secara kontinyu. Sekali kebiasaan ini terbentuk, ibadah akan terasa lebih ringan.

Apabila telah mencapai keikhlasan, ibadah akan terasa nikmat. Kita tidak akan lagi terganggu dengan perilaku orang lain atau berbagai godaan dari luar. Ini harus menjadi kebiasaan sehingga terasa lebih ringan.

.

Jombang, 22 Mei 2021.

___________

#TantanganGurusiana

#Tantangan_365HariMenulis

#Tantangan_Hari_Ke34

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Barokalloh fiik

22 May
Balas

Aamiinnnn

23 May

Barokalloh fiik

22 May
Balas



search

New Post