Anik Zahra

Anik Zahra adalah nama pena dari NI'MATUZ ZAHROH. Ia adalah seorang guru Bahasa Inggris di MTsN 5 Jombang, seorang ibu dari tiga orang anak, dan penyuka mu...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pasca Ramadan

Pasca Ramadan

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

اِقْرَءُوْا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيْعًا ِلأَصْحَابِهِ.

"Bacalah al-Qur'an, maka sesungguhnya ia akan datang pada hari kiamat memberikan syafaat kepada ahlinya." (HR. Muslim)

.

Beberapa Pelajaran yang Terdapat dalam Hadits di atas adalah:

1. Salah satu pembelajaran selama madrasah Ramadan yang telah kita jalani adalah membaca al-Qur'an. Setelah berlalunya bulan yang mulia ini, muncul satu pertanyaan singkat, bagaimana setelah Ramadan? Akankah energi membaca al-Qur'an yang sudah kita dapatkan selama bulan Ramadan akan kita biarkan lepas dari kita setelah berlalunya bulan Ramadhan?

2. Sabda Rasulullah

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ

"Sebaik-baik kamu adalah yang mempelajari al-Qur'an dan mengajarkannya." (HR. Bukhari)

3. Dalam hadits lain disebutkan, dari Abu Umamah al-Bahili radhiallahu anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

اِقْرَءُوْا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيْعًا ِلأَصْحَابِهِ.

"Bacalah al-Qur'an, maka sesungguhnya ia akan datang pada hari kiamat memberikan syafaat kepada ahlinya." (HR. Muslim)

Beberapa tema hadits yang berkaitan dengan Al-Qur'an:

Allah Ta’ala Berfirman:

إِنَّ هَذَا الْقُرْءَانَ يَهْدِي لِلَّتِي هِيَ أَقْوَمُ وَيُبَشِّرُ الْمُؤْمِنِينَ الَّذِينَ يَعْمَلُونَ الصَّالِحَاتِ أَنَّ لَهُمْ أَجْرًا كَبِيرًا

"Sesungguhnya al-Qur'an ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus dan memberi khabar gembira kepada orang-orang Mukmin yang mengerjakan amal saleh bahwa bagi mereka ada pahala yang besar, (QS. Al-Israa': 9)

Semoga bermanfaat.

.

Jombang, 20 Mei 2021.

__________

#TantanganGurusiana

#Tantangan_365HariMenulis

#Tantangan_Hari_Ke32

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post