Anik Zahra

Anik Zahra adalah nama pena dari NI'MATUZ ZAHROH. Ia adalah seorang guru Bahasa Inggris di MTsN 5 Jombang, seorang ibu dari tiga orang anak, dan penyuka mu...

Selengkapnya
Navigasi Web
Ramadan, Bulan Penuh Ampunan

Ramadan, Bulan Penuh Ampunan

Ramadan disebut juga Syahrul Maghfiroh atau bulan ampunan. Karena di bulan inilah Allah Ta'ala menjanjikan ampunan atas dosa-dosa yang telah kita perbuat selama ini.

Semua amalan yang ada dalam bulan Ramadan insyaAllah akan melahirkan ampunan atas dosa-dosa kita. Dengan melakukan amal-amal sesuai yang diperintahkan oleh Allah dan Rasul-Nya, Allah berkenan memberikan ampunan atas dosa yang pernah kita lakukan.

Allah dan Rasul-Nya memberikan targhib (semangat) untuk melakukan puasa Ramadan dengan menjelaskan keutamaan dan juga isi kedudukan puasa dalam bulan Ramadan .

Jika seandainya orang yang puasa memiliki dosa seperti buih di lautan, niscaya akan diampuni dengan alasan ibadah yang baik dan diberkahi ini.

Dari Abi Hurairah radhiallahu 'anhu, Nabi Shalallahu' alaihi wasalam bersabda:

رَمَضَانَ ، إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا ، غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Barangsiapa melakukan puasa Ramadan karena keimanan dan harapan pahala di sisi Allah, niscaya dosa-dosanya yang sudah lalu akan diampuni. (HR. Bukhari no. 38 dan Muslim no. 760)

Makna "Penuh iman dan Ihtisab" yaitu membaik wajibnya puasa, mengharapkan pahalanya, senang dalam mengamalkan, tidak membencinya, tidak dapat berbicara dengan berat dalam mengamalkannya.

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا ، غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Barangsiapa melakukan salat malam Ramadan (tarawih dan witir) karena keimanan dan harapan pahala di sisi Allah, niscaya dosa-dosanya yang sudah lalu akan diampuni.

Dari Abi Hurairah radhiallahu 'anhu dan rasulullah Shalallahu' alaihi wasalam pernah bersabda, “Salat yang lima waktu, Jum'at ke Jum'at, Ramadan ke Ramadan adalah penghapus dosa yang terjadi di antara senggang waktu tersebut jika menjauhi dosa besar.”

Dari Abu Hurairah radhiallahu 'anhu juga, bahwa Rasulullah Shalallahu' alaihi wasalam sudah naik mimbar kemudian mengatakan, "Aamiin, Aamiin, Aamiin."

Lalu orang-orang bertanya dengan semangat, "Ya Rasulullah, Engkau naik mimbar kemudian mengucapkan: Aamiin, Aamiin, Aamiin?"

Beliau bersabda, “Sesungguhnya Jibril datang kepadaku dan dia berkata: barangsiapa yang menemukan bulan Ramadan tapi tidak diampuni dosanya maka akan masuk neraka dan akan Allah jauhkan dia, katakan “Aamiin” maka aku pun Aamiin.”

.

Jombang, 26 April 2021 / 14 Ramadan 1442 H

__________

#TantanganGurusiana

#Tantangan_365HariMenulis

#Tantangan_Hari_Ke8

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post