Anik Zahra

Anik Zahra adalah nama pena dari NI'MATUZ ZAHROH. Ia adalah seorang guru Bahasa Inggris di MTsN 5 Jombang, seorang ibu dari tiga orang anak, dan penyuka mu...

Selengkapnya
Navigasi Web
Sepeninggal Ramadan

Sepeninggal Ramadan

Ada tiga hal yang dilakukan oleh Salafush shalih sepeninggal bulan Ramadan:

1. Fokus memikirkan amalan, diterima atau tidak?

Ali bin Abi Thalib ra mengatakan, "Jadilah kalian lebih perhatian terhadap diterimanya amalan melebihi beramal itu sendiri. Tidaklah kalian mendengar Allah Ta'ala berfirman: Sesungguhnya Allah hanya menerima dari orang-orang yang bertakwa." (al-Maidah: 27)

Bahkan, Salafush shalih berdoa selama enam bulan lamanya setelah Ramadan agar Allah Swt menerima amalan mereka selama di bulan Ramadan.

Ma'la bin al-Fadhi menuturkan, "Mereka berdoa kepada Allah selama enam bulan, semoga Allah menyampaikan mereka pada bulan Ramadan, lalu mereka berdoa selama enam bulan berikutnya, semoga amalan mereka di bulan itu diterima."

.

2. Istiqamah dalam Beribadah.

Menjadi hamba Allah tidak terhenti dengan berakhirnya bulan Ramadan. Kita tetap dan wajib beribadah kepada-NYA sampai kapan pun. Hanya satu yang dapat menghentikan itu, yaitu kematian.

Hasan Al-Bashri mengatakan, "Sesungguhnya Allah tidak menjadikan atas amal seorang mukmin batas selain kematian. Kemudian dia membaca firman Allah yang berbunyi: Sembahlah Rabbmu sampai datang kematian kepadamu." (al-Hijr 99)

Karena itu, jangan sampai ketika bulan Ramadan kita rajin beribadah, setelah Ramadan berakhir kita berkata, "Sampai jumpa di Ramadan berikutnya."

Orang shalih sesungguhnya adalah mereka yang bersungguh-sungguh beribadah sepanjang tahun, sepanjang umur.

.

3. Utamakan Mencari Pemaafan Dari Allah.

Sebagian orang, ketika berakhir bulan Ramadan dan datang Idul Fitri, begitu bersemangat dan sibuk mencari pemaafan dari orang-orang. Namun, ia tidak pernah bersungguh-sungguh untuk mencari pemaafan dari Allah Swt. Ini adalah sikap yang salah, seharusnya kita meminta maaf kepada manusia, juga meminta maaf kepada Rabb kita.

Semoga Allah Swt memberikan kemudahan kepada kita semua untuk memperbanyak ibadah setelah Ramadhan. Semoga amal ibadah kita di bulan Ramadhan ini diterima dan mempertemukan kita semua dengan Ramadan tahun berikutnya, Aamiin.

.

Jombang, 23 Mei 2021.

___________

#TantanganGurusiana

#Tantangan_365HariMenulis

#Tantangan_Hari_Ke35

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post