Anik Zahra

Anik Zahra adalah nama pena dari NI'MATUZ ZAHROH. Ia adalah seorang guru Bahasa Inggris di MTsN 5 Jombang, seorang ibu dari tiga orang anak, dan penyuka mu...

Selengkapnya
Navigasi Web
Zakat Fitrah Menyucikan

Zakat Fitrah Menyucikan

Alhamdulillah, hari ini kita telah sampai di penghujung Ramadan. Tidak mudah melewati 30 hari berpuasa, banyak sekali godaan yang harus kita lawan. Namun, ketika Ramadan berakhir, kita pasti akan sangat merindukannya. Rindu menikmati indahnya Ramadan.

Sebagai bentuk rasa syukur dan untuk menyempurnakan ibadah kita sebagai muslim, maka akhir Ramadan adalah waktunya untuk menunaikan zakat fitrah. Rukun islam yang ketiga ini wajib kita tunaikan di bulan Ramadan. Sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits berikut.

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ فَرَضَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ زَكَاةَ الْفِطْرِ طُهْرَةً لِلصَّائِمِ مِنْ اللَّغْوِ وَالرَّفَثِ وَطُعْمَةً لِلْمَسَاكِينِ مَنْ أَدَّاهَا قَبْلَ الصَّلاَةِ فَهِيَ زَكَاةٌ مَقْبُولَةٌ وَمَنْ أَدَّاهَا بَعْدَ الصَّلاَةِ فَهِيَ صَدَقَةٌ مِنْ الصَّدَقَاتِ

Dari Ibnu Abbas RA berkata, Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah sebagai satu pembersihan bagi orang-orang yang berpuasa dari perbuatan yang sia-sia dan perkataan kotor, dan sebagai makanan untuk orang miskin. Siapa yang membayar zakat fitrah sebelum salat (Idul Fitri) maka ia adalah zakat yang diterima (oleh Allah) baginya. Siapa yang membayarnya selepas salat (Idul Fitri) maka ia adalah sedekah seperti sedekah biasa.

Dari hadits di atas, kita bisa belajar tentang zakat seperti yang akan saya uraikan di bawah ini:

1. Zakat fitrah menjadi pembersih (penembel kekurangan ibadah puasa seseorang sepanjang Ramadan) yang disebabkan oleh perbuatannya yang mungkin sia-sia atau perkataannya yang mungkin kotor. Dengan membayar zakat fitrah, diharap amalan seseorang di sepanjang bulan Ramadan akan kembali bersih seperti salju putih.

2. Zakat fitrah bertujuan untuk memastikan orang miskin mendapat makanan yang secukupnya agar dengan itu mereka dapat merayakan idul Fitri dalam suasana kecukupan bersama seluruh umat Islam yang lain. Islam tidak ingin melihat di hari pertama Syawal ada orang yang meminta-minta padahal di kalangan umat Islam ada yang merayakannya dalam suasana kecukupan.

3. Zakat fitrah bisa dibayar mulai dari 1 Ramadan hingga sebelum salat sunat idul Fitri pada 1 Syawal.

.

4. Golongan yang wajib membayar zakat fitrah:

a. Islam

b. Hidup ketika terbenam matahari pada hari terakhir Ramadan yaitu ia sempat bertemu dengan juzuk terakhir Ramadan dan juzuk terawal Syawal.

c. Orang yang mampu, mempunyai lebihan harta pada malam hari raya dan juga siangnya setelah dikurangi belanja keperluan diri dan orang-orang yang berada di bawah tanggungannya (termasuklah binatang peliharaannya) mencakup makanan, pakaian, sewa rumah dan juga hutang. Walaupun nilai lebihan hanya bernilai cukup untuk zakatnya. Jika tidak mempunyai lebihan harta yang mencukupi untuk membayar harga zakat yang ditetapkan, maka tidak wajib ia mengeluarkan zakat fitrah.

Jangan lupa bayar zakat fitrah. Semoga zakat fitrah yang dikeluarkan akan menjadi penembel kekurangan ibadah puasa kita.

.

Jombang, 12 Mei 2021 / 30 Ramadan 1442 H.

_____________

#TantanganGurusiana

#Tantangan_365HariMenulis

#Tantangan_Hari_Ke24

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post