Yuliani, M.Pd

Pernah bertugas di SMPN 1 Kepahiang, SMPN 2 Kepahiang, SMPN 3 Bengkulu Selatan dan sekarang menjadi guru di SMPN 2 Bengkulu Selatan sejak 2016. Alhamdulillah...

Selengkapnya
Navigasi Web
Fenomena Tiktok
Google Search

Fenomena Tiktok

#TantanganGurusiana hari ke 28

Fenomena Tiktok

Dalam beberapa minggu terakhir ketika kubuka layar hp dan menuju aplikasi instagram, tampak berseliweran konten-konten yang dibuat oleh pengguna aplikasi tersebut untuk memposting kegiatannya memainkan tiktok. Apakah kamu pernah mendengar kata tiktok? Platform atau aplikasi sosial video pendek yang didukung dengan musik. Baik itu musik untuk tarian, gaya bebas ataupun performa. Para pengguna di dorong untuk berimajinasi sebebas-bebasnya dan menyatakan ekpresinya dengan bebas dan nantinya bisa dibagikan ke teman atau ke seluruh dunia.

Dengan canggihnya teknologi di zaman sekarang ini, dampak yang ditimbulkan pun aka beragam. Tak bisa kita pungkiri, dari anak SD hingga dewasa sudah memiliki smartphone yang menunjang dengan adanya berbagai macam aplikasi. Dari harga yang termurah hingga harga yang puluhan juta rupiah. Apapun bisa kita instal di smartphone kita, asal memiliki akun yang akan dipakai di playstore atau appstore dan terhubung dengan internet. Apapun aplikasi yang kita inginkan dapat dengan mudah diakses.

Segampang itukah???

Jawabannya iya. Mulai dari aplikasi sosial media seperti facebook, instagram, yang gemar bikin konten video ada Youtube, bahkan aplikasi baca novel, kesehatan, kamus, resep, dari aplikasi gratis hingga aplikasi yang berbayar.

Dapat kita rasakan, banyak dampak positif yang diterima sebagai pamakai. Namun tak sedikit pula dampak negative yang diterima. Mau tau apa saja dampak negative dengan adanya aplikasi tiktok ini…? Yuk simak..

1. Aplikasi Tik Tok memang berpotensi untuk para pengguna melakukan hal-hal yang "tidak sewajarnya" atau melakukan hal yang tidak sesuai norma (agama, etika, sosial, dan yang lainnya). Apalagi sebagian masyarakat Indonesia cenderung mempunyai perilaku tidak mempertimbangkan terlebih dahulu atau berpikir sejenak akan dampak negatif dalam kehidupan sosial mereka. Kebanyakan masyarakat belum mampu memfilter mana yang akan berdampak baik dan mana yang berdampak buruk.

2. Penyalahgunaan aplikasi ini oleh Anak anak di bawah umur yang sebenarnya tidak direkomendasilan oleh Tik Tok sendiri (direkomendasikan untuk usia di atas 16 tahun). Contoh kasusnya adalah fenomena BW yang akhirnya mengecewakan banyak fans. Lalu, ada juga kasus 3 remaja yang akan melakukan salat berjamaah dan melakukan hal buruk dengan berjoget-joget dengan menggunakan "Fitur Live" pada Tik Tok.

3. Berpotensi "GANGGUAN KEJIWAAN" pada saat harapan mereka tidak sesuai dengan kenyataan. Setelah diposting di media sosial, banyak yang berharap mendapatkan like, eh malah mendapat komentar pedas dari Netizen. Lalu, potensi adiksi untuk selalu menggugah di Tik Tok agar tetap eksis dan berharap mendadak viral dan menjadi artis terkenal layaknya selebgram. Hal yang lebih mengkhawatirkan dan berpotensi paling buruk adalah pembunuhan karakter karena banyak orang yang tidak memahami apa yang menjadi niat mereka menggunakan Tik Tok tapi sudah menghujat atau memberikan label negatif (niatnya untuk hiburan tapi malah dikecam).

Masih ada banyak dampak negative dari penggunaan tiktok ini. Jika kamu juga mengalaminya, boleh share di sini yaa….

Ref : https://lifestyle.okezone.com/read/2018/07/06/196/1918751/tik-tok-diblokir-kominfo-kpai-beberkan-9-fakta-negatif-aplikasi-video-itu?page=2

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Tak habis pikir kita ya dek... Kak belum menemukan manfaat aplikasi tik tok, yang ada siswa ngumpul bukan buat tugas, tapi ngumpul untuk buat video tik tok...

13 Mar
Balas



search

New Post