Anisa Dwi Rahayu

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Implementasi Media BigBook Pada Keterampilan Membaca Bersama-Sama

Implementasi Media BigBook Pada Keterampilan Membaca Bersama-Sama

ANISA DWI RAHAYU1406022272

Rombel 1 Universitas Negeri Semarang

PPG PRAJABATAN GELOMBANG 1 Tahun 2022

Implementasi Media BigBook Pada Keterampilan Membaca Bersama-Sama

Big Book adalah buku bacaan dengan tulisan besar, gambar, dan fitur lainnya. Ukuran Big Book perlu memperhitungkan seberapa mudah setiap siswa dapat membacanya. Menurut Karges-Bone dalam United States Agent International Development (2014: 53), agar pembelajaran bahasa dapat lebih efektif dan berhasil, sebuah big book sebaiknya memiliki ciri-ciri berikut ini.

a. Cerita singkat (10-15 halaman)

b. Pola kalimat jelas

c. Gambar memiliki makna

d. Jenis dan ukuran huruf jelas terbaca

e. Jalan cerita mudah dipahami

Implementasi media bigbook dilaksanakan di kelas 2 dengan siswa 22 siswa SDN Purwoyoso 01 Semarang. Adapun prosedur pelaksanaan penggunaan media big book adalah sebagai berikut:

a. Kegiatan pra-membaca1) Guru memperlihatkan sampul depan serta mengajak anak mengomentari gambaryang ada pada sampul.2) Guru membacakan judul dan nama pengarang3) Guru bertanya kepada anak tentang kemungkinan isi cerita berdasarkan pada juduldan ilustrasi sampul.

b. Kegiatan membaca cerita secara utuh1) Guru membacakan cerita secara berkesinambungan dari halaman pertama sampaiterakhir.2) Guru menunjuk tulisan dengan menggunakan tangan atau alat penunjuk supayaanak dapat mengikuti dan mengetahui tulisan mana yang sedang mereka baca.

c. Kegiatan pengulangan membaca1) Guru membaca ulang halaman demi halaman dengan penuh semangat, bergairah,dan hidup.2) Guru menunjuk kata-kata dan meminta anak untuk berkomentar.3) Guru berhenti membaca sejenak untuk memberikan kesempatan kepada anakmenebak kata selanjutnya dan meramalkan peristiwa yang akan terjadi.

d. Kegiatan setelah membaca pengulangan1) Guru mendiskusikan kata kunci dalam teks dan membantu anak menghubungkankonsep yang satu dengan yang lain2) Guru membaca ulang cerita secara bersama-sama.e. Kegiatan tindak lanjut1) Guru mengajak anak memperhatikan pada gambar dan pola kata pada teks.2) Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk membaca sendiri.

Dari hasil implementasi media big book siswa merasa lebih tertarik dalammengikuti pembelajaran, antusias dan membantu siswa memahami pembelajaran yang di sampaikan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post