Anis akromiyah

seorang guru di sekolah negeri kayangan yang pengen sekali mengubah kayangan yang hanya penuh imaginasi dengan sekolah real yang penuh dengan semangat kerja men...

Selengkapnya
Navigasi Web
My lesson plan KD 3.5.2/4.5.2

My lesson plan KD 3.5.2/4.5.2

Besuk tanggal 10 Januari 2018 jam pertama dan kedua saya akan mengajar kelas 7B, pada pertemuan tadi pagi kelas 7B telah belajar tentang benda dan sifatnya. Dan besuk pagi dilanjutkan tentang ciri fisik dan sifat orang. Berikut adalah rencana pembelajaran yang telah saya siapkan.

KOMPETENSI DASAR :

KD 3.5 : Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan sifat orang, binatang, benda sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan be, adjective)

KD 4.5 : Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait sifat orang, binatang, dan benda, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

INDIKATOR :

3.5.2. Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan sifat orang.

4.5.2. Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan sifat orang dengan terampil.

TUJUAN :

Diakhir pelajaran diharapkan siswa dapat mengidentifikasi dan menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan sifat orang.

MEDIA : gambar gambar orang

LANGKAH PEMBELAJARAN

1. Kegiatan pendahuluan

· Guru memberi salam dan memimpin berdoa

· Mengecek kehadiran

· Menyampaikan cakupan materi yaitu ciri fisik dan sifat orang.

· Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks untuk menanyakan ciri fisik dan sifat orang,

· Melakukan apersepsi materi yang telah dipelajari yaitu benda dan sifatnya dengan materi yang akan dipelajari ciri fisik dan sifat orang.

2. Kegiatan Inti

Observing and questioning

· Mengamati gambar presiden Jokowi

· Menanyakan physical characteristics dan characters dari Jokowi (handsome, thin, tall, diligent, kind, humble, patient, honest, responsible, helpful, polite, brave, popular)

· Secara induvidu siswa menuliskan dekripsi singkat tentang Jokowi.

· Beberapa siswa maju ke depan untuk menuliskan deskripsi singkat tentang Jokowi.

· Guru meminta siswa untuk listen and repeat

Collecting information

· Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok.

· Guru memberi worksheet task 1 (GOLDEN; 12), untuk menuliskan sifat dari orang yg ada digambar dan task 2 untuk mencari antonym dari ciri fisik dan sifat orang

· Guru meminta beberapa kelompok untuk menuliskan jawaban di papan tulis

· Guru memberi respon

Associating

· Setiap kelompok diminta untuk menuliskan ciri fisik dan sifat 5 teman dalam satu kelas, contoh Farrel is my friend. He is medium, friendly and active. (GOLDEN; 14)

· Setiap kelompok saling bertukar hasil diskusinya dengan kelompok lain untuk dikoreksi.

· Guru memberi respon.

Communicating

· Guru memberi satu teks dialog yang berisikan ciri fisik dan sifat orang (GOLDEN; 13)

Read the following dialogues clearly, loudly and correctly with your friend next to you.

Pahlevi : There's a new girl in school, have you seen her yet?

Nindi : I haven't seen her yet.

Pahlevi : I think that she is very pretty.

Nindi : Tell me how she looks.

Pahlevi : She's kind of short.

Nindi : What height is she?

Pahlevi : She's probably about five feet.

· Guru membaca teks dan siswa menirukannya.

· Guru meminta setiap kelompok untuk mempraktekkan dialog di depan kelas

3. Kegiatan Penutup

· Guru bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran

· Guru menanyakan kesulitan dalam melakukan aktivitas pembelajaran

· Guru memberi tugas untuk menuliskan ciri fisik dan sifat anggota keluarganya.

· Guru menyampaikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.

· Guru menutup dengan salam

Saya berharap semoga RPP simple ini terlaksana dengan baik dan bermanfaat untuk semua guru bahasa Inggris kelas 7. Mohon saran dan masukannya, thanks

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Semangat berbagi Bu..

09 Jan
Balas

Aamiin. Tapi maaf saya belum bisa kasih saran tentang pelajaran ini. Semangat melakukan yang terbaik bu.

09 Jan
Balas

Wah RPP terujinya setelah penerapan di kelasnya, baru masukan revisinya pasca digunakan

09 Jan
Balas

Terima kasih bu sarah dan bu sri..

09 Jan
Balas

Ok pak mulyo..td selese ta praktekan ternyata jg tdk sama dg yg saya rencanakan..ok insyaalloh sy tulis lg geh..hehe

10 Jan
Balas



search

New Post