Anis Fuji Qurilla

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Resume mencari ide menulis

Resume mencari ide menulis

Resume

Bagaimana mencari ide menulis ?

Anis Fuji Qurilla, S. Pd

MAN 1 Mojokerto

Materi mencari ide menulis yang dipandu oleh Bapak Agus Sampurno dengan moderator Ibu Rani Susanti pada pertemuan pertama ini membuat kami sebagai pemula serasa tersuntik untuk menjadi penulis yang berkompeten. Lebih-lebih Bapak Wijaya Kusumah yang akrab dipanggil Om Jay ini memberikan contoh tulisan yang luar biasa dan tak bosan-bosannya memberi dukungan, semangat dan masukan bagi pemula yang masih minim dalam menulis.

Bicara mengenai Menulis, sepertinya terdengar sepele. Namun ketika dipraktikkan cukup menguras otak. Bagaimana tidak, untuk menulis, kita memerlukan ide yang harus dimunculkan dalam tulisan yang nantinya akan menjadi tema dari tulisan tersebut. Nah, ide inilah yang perlu kita pikirkan dengan baik supaya tulisan kita baik dan pembaca bisa tertarik untuk membaca.

Dalam grup belajar menulis gelombang 3 ini, banyak yang menanyakan bagaimana cara memunculkan ide menulis. Dari sekian banyak komentar, dapat diambil kesimpulan bahwa ide menulis bisa diambil dari komentar orang lain atau dari permasalahan yang sedang ramai dibicarakan. Setelah muncul ide barulah kita mulai menulis. Tentunya, dalam menulis kita perlu membaca. Seperti yang diungkapkan oleh Bapak Agus Sampurno dalam grup belajar menulis gelombang 3 bahwa Membaca adalah dasar menulis, untuk memunculkan minat menulis haruslah diawali memunculkan minat baca. Membaca adalah menambah referensi. Membaca adalah mengisi rasa penasaran.

Mengutip komentar dari salah satu peserta grup belajar menulis gelombang 3 yaitu, dalam menulis kita harus menguasai kosa kata dan menggunakan EYD yang benar.

So, tuangkan kemampuan menulis kita. Tidak perlu minder dan takut salah. Karena dari kesalahan kita akan mendapat banyak perbaikan. Dan dari perbaikan-perbaikan itulah kita akan terlatih untuk menjadi penulis yang profesional.

Dengan demikian, marilah kita memulai untuk menulis. Semakin banyak berlatih akan semakin piawai dalam membuat karya-karya tulis yang luar biasa.

Maka, mulailah dari sekarang.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post