Anis R

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Demonstrasi Kontekstual Modul 3.2

Demonstrasi Kontekstual Modul 3.2

1. Kira-kira apakah visi dari sekolah tempat guru dalam video tersebut mengabdi?

Terwujudnya siswa yang berkarakter, inovatif, dan mandiri dalam merdeka belajar.

2. Apakah prakarsa perubahan yang akan dilakukan oleh guru dalam tayangan video?

Mewujudkan kelas yang nyaman, menyenangkan, dan berkelanjutan.

3. Apakah Pertanyaan Utama dari kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video tersebut?

Bagaimana cara mewujudkan kelas yang nyaman, menyenangkan, dan berkelanjutan?

4. Kegiatan/tindakan apa yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video yang menggambarkan tahapan:

Buat Pertanyaan

· Mengapa kita perlu mewujudkan kelas yang nyaman, menyenangkan, dan berkelanjutan?

· Bagaimana menumbuhkan semangat belajar pada siswa?

· Bagaimana mewujudkan kelas yang nyaman, menyenangkan, dan berkelanjutan?

Tindakan

· Guru berkoordinasi dengan kepala sekolah dan mendiskusikan prakarsa perubahan yang akan dilakukan dengan rekan sejawat.

· Guru meminta pendapat siswa untuk mengidentifikasi hal-hal apa saja yang dapat meningkatkan semangat belajar.

· Guru menuliskan di papan tulis mengenai “Penyemangat Belajar” lalu mendiskusikannya dengan siswa.

Ambil Pelajaran

· Kegiatan apa yang dilakukan untuk mengidentifikasi harapan siswa agar semangat belajar?

· Bagaimana strategi untuk menggali kelas impian murid?

Tindakan

· Guru meminta siswa untuk menceritakan hal- hal yang disukai dari kelasnya.

· Guru mengajak siswa untuk mengunjungi kelas lain untuk mengetahui apa yang mereka sukai untuk dijadikan inspirasi.

· Guru mengajak siswa untuk menggali potensi dan kekuatan yang dimiliki.

Gali Potensi

· Apakah kegiatan menghias dan mengatur suasana kelas menjadi nyaman dan menyenangkan dapat meningkatkan semangat belajar siswa?

· Apa yang dilakukan guru untuk menggali keinginan siswa dalam menumbuhkembangkan semangat belajar?

Tindakan

· Guru menanyakan siswa untuk membayangkan situasi kelas yang nyaman, menyenangkan, serta menjadi penyemangat dalam belajar.

· Guru meminta siswa menuangkan ide tentang situasi kelas yang nyaman, menyenangkan, serta menjadi penyemangat dalam belajar dalam bentuk gambar.

· Guru meminta siswa mempresentasikan hasil gambaran dari kelas impian mereka.

Jabarkan Rencana

· Apa langkah- langkah yang dilakukan untuk mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan?

· Berapa lama target untuk membuat kelas yang nyaman dan menyenangkan?

· Apa hal pertama yang dapat dilakukan untuk mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan?

Tindakan

· Guru mengajak siswa menyebutkan apa saja yang dibutuhkan untuk mewujudkan kelas impian.

· Guru mengajak siswa membuat capaian yang realistis untuk setiap minggunya.

Atur Eksekusi

· Siapa yang terlibat dalam mewujudkan rencana ini?

· kapan kegiatan tersebut dilakukan?

· bagaimana pelaksanaan kegiatan agar berjalan sesuai rencana?

Tindakan

· Guru mengajak siswa menentukan kelompok dan pembagian tugasnya.

· Guru mengajak siswa menentukan tenggat waktu untuk penyelesaian tugas.

· Dengan bimbingan guru, siswa melaksanakan kegiatan yang sudah direncanakan untuk mewujudkan kelas impian.

5. Apa peran pemimpin yang tergambar dalam tayangan video?

Dalam video tersebut kita bisa melihat guru sebagai pemimpin pembelajaran menunjukkan perannya sebagai berikut:

· Mengembangkan komunitas belajar di kelas melalui pendekatan berbasis aset, guru menggali dan memetakan modal atau kekuatan yang ada di kelas untuk mewujudkan kelas yang nyaman, menyenangkan, dan berkelanjutan.

· Guru berperan sebagai manajer dimana guru melibatkan rekan sejawat dalam merumuskan prakarsa perubahan dan murid sebagai pelaksana.

· Guru focus pada asset social sekolah untuk mewujudkan prakarsa perubahan.

6. Apa saja modal utama yang dimanfaatkan oleh pemimpin pembelajaran dalam tayangan video? lalu bagaimana pemanfaatannya?

a. Modal Manusia

· Adanya pemangku kepentingan yang siap mendukung.

· berkolaborasi dengan rekan sejawat untuk merumuskan prakarsa perubahan.

· Memanfaatkan kreativitas dan kecerdasan siswa untuk mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan.

· Memanfaatkan keragaman karakteristik siswa yang siap dikembangkan.

b. Modal Sosial

· Menjalin kerjasama dengan rekan sejawat untuk merumuskan prakarsa perubahan melalui coaching.

· Bekerjasama dengan wali kelas lain untuk melakukan observasi di kelasnya.

c. Modal Fisik

· Memanfaatkan ruang kelas untuk mewujudkan kelas impian sebagai penyemangat pembelajaran.

· Memanfaatkan sarana dan prasarana yang belum digunakan secara maksimal.

· Memiliki kelas yang luas sehingga siswa dapat berkreasi.

d. Modal Lingkungan/ Alam

· Memanfaatkan bahan- bahan yang ramah lingkungan untuk menghias kelas.

e. Modal Agama/ Budaya

· Memanfaatkan sikap sopan santun, gotong royong siswa yang sudah membudaya untuk berkolaborasi mewujudkan kelas impian.

f. Modal Politik

· Memiliki kepala sekolah yang siap mendukung setiap perubahan positif melalui kebijakan- kebijakan yang mengakomodir kepentingan warga sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang berpihak pada murid.

g. Modal Finansial

· Memiliki dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan (BOPP) yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan siswa.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post