Anis R

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Jurnal Refleksi Dwimingguan Modul 2.2 Pembelajaran Sosial Emosional

Jurnal Refleksi Dwimingguan Modul 2.2 Pembelajaran Sosial Emosional

Facts

Selama proses pembelajaran sosial emosional saya mendapat pemahaman baru tentang makna dari tujuan pendidikan “Memanusiakan manusia”. Dalam upaya memanusiakan manusia kompetensi yang harus ditingkatkan tidak hanya kompetensi akademik tetapi juga kesejahteraan psikologis (wellbeing). “Mendidik pikiran tanpa mendidik hati, adalah bukan pendidikan sama sekali.” (Aristoteles, Filsuf).

Feelings

Perasaan yang saya rasakan adalah terkesima dengan dampak pembelajaran sosial emosional. Seluruh warga di sekolah perlu berkolaborasi untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman untuk meningkatkan kompetensi akademik dan kesejahteraan psikologis (wellbeing) secara optimal. Dalam pembelajaran sosial emosional warga sekolah belajar untuk menumbuhkan kompetensi sosial emosional yaitu dengan memahami perasaan, emosi, dan nilai- nilai diri sendiri kemudian mengelola emosi, pikiran, dan perilaku diri secara efektif dalam berbagai situasi. Mereka juga belajar untuk berempati dan memahami sudut pandang orang lain untuk membangun hubungan- hubungan yang sehat dan suportif. Selain itu, mereka juga belajar untuk membuat keputusan yang bertanggungjawab atas pilihan- pilihannya.

Findings

Manfaat yang diperoleh dari proses tersebut adalah terciptanya lingkungan belajar yang suportif, aman, nyaman akan berdampak dengan peningkatan perilaku positif dan toleransi murid terhadap dirinya, orang lain, dan lingkungan sekolah. Murid bisa sukses dalam berbagai area kehidupan mereka di luar kemampuan akademik, termasuk kesejahteraan psikologis (wellbeing).

Futures

Umpan balik dari proses tersebut yang saya dapatkan adalah kegiatan pembelajaran lebih mengena karena sikap positif yang muncul berdampak pada lingkungan belajar terasa aman, nyaman, dan kondusif. Yang ingin saya tingkatkan dari penerapan kompetensi sosial ini berdampak luas bagi tidak hanya diri saya, tetapi juga murid, rekan pendidik, dan tenaga kependidikan di sekolah, keluarga, dan lingkungan masyarakat. Dengan praktik baik, berkolaborasi, membangun hubungan saling percaya, dan memelihara komunitas yang erat.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

luarbiasa tulisannya Bu, salam literasi

09 Mar
Balas



search

New Post