Anis R

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Mengapa Kurikulum Perlu Diubah?

Mengapa Kurikulum Perlu Diubah?

Hamid Muhammad, Staf Khusus Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Pembelajaran menyatakan bahwa perubahan kurikulum adalah satu hal yang tidak bisa dihindari. Oleh karena itu, masyarakat harus memahami mengapa kurikulum pendidikan sangat dinamis dan sering kali diubah.

Kurikulum adalah jantungnya pendidikan. Kurikulum merupakan panduan pembelajaran pada satuan pendidikan yang dapat dimaknai sebagai titik awal sampai titik akhir dari pengalaman belajar murid. Kurikulum sangat berperan penting dalam pendidikan. Baik bagi guru, kepala sekolah, pengawas, orang tua, dan murid itu sendiri.

Perubahan kurikulum itu penting karena harus beradaptasi dengan kodrat zaman saat ini. Kurikulum terus dikembangakan sesuai dengan konteks dan karaktersistik murid demi membangun kompetensi sesuai dengan kebutuhan mereka kini dan masa depan. Kurikulum oprasional satuan pendidikan juga harus bersifat dinamis yang artinya dapat menyesuaikan dengan karakteristik dan lingkungan geografis masyarakat Indonesia yang beragam.

Seluruh komponen masyarakat yaitu peran pemerintah, masyarakat, sekolah, dan orang tua harus menempatkan kebutuhan, pendapat, pengalaman, hasil belajar serta kepentingan murid sebagai dasar pengembangan kurikulum. Hal ini karena kurikulum dirancang untuk kebutuhan peserta didik.

Mohon bantuan Bapak/Ibu untuk mengisi form di link di bawah ini sebagai respon umpan balik tentang “Mengapa Kurikulum Perlu Diubah”

https://forms.gle/A3TGFjp1GngTxsyCA

Terimakasih! Guru Bergerak, Indonesia Maju!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ini tulisan untuk refleksi PMM ya, Bu? Atau untuk Aksi Nyata? Semoga lancar hingga akhir PGPnya, salam Literasi

07 Dec
Balas

Aksi Nyata Pak, terimakasih. good luck!

13 Dec

Aksi Nyata Pak, terimakasih. good luck!

13 Dec

Kereeen ulasannya. Salam literasi

07 Dec
Balas

Terimakasih

13 Dec

Tulisannya keren dan inspiratif. Salam Literasi.

07 Dec
Balas

Terimakasih.

13 Dec



search

New Post