Anis Shofatun

Seorang guru sains di SMP Muhammadiyah 12 GKB Gresik Jawa Timur. Selama ini menyukai jelajah alam dan membaca buku-buku motivasi. Saat ini ingin belajar dan ber...

Selengkapnya
Navigasi Web
Keberagaman Kaya Cerita

Keberagaman Kaya Cerita

Keberagaman Kaya Cerita

Oleh Anis Shofatun

Keberagaman itu indah dan kaya cerita. Inilah konsep yang Allah hadirkan dalam proses penciptaan makhluknya di muka bumi ini. Keberagaman itu sebuah takdir dari Allah yang harus diayukuri dan dirawat dengan baik sebagai makhluknya yang sempurna dengan dianugerahi akal pikiran.

Organisme yang hidup di dunia ini meskipun dalam feature yang sama dalam satu spesies dalam bahasa biologinya. Akan tetapi memiliki variasi yang beragam. Sebagai contoh saja Spesies Kucing. Salah satu spesies yang hidup dimuka bumi diantara triliun organisme lainya. Subhanallah Maha kuasa atas segala seauatunya. Namun bila kita cermati satu spesies kucing ternyata memiliki banyak variasi mulai warna bulunya, bentuk dan warna mata, ukuran badan dan sebagainya. Bahkan disetiap daerah dan negera kadang ditemukan kekhasan ciri tertentu. Ada kucing hutan, kucing liar eropa, kucing anggora, kucing gunung cina, kucing pasir arab dan lainya. Dan diantara mereka memiliki ciri dan kekhasanya masing-masing. Luar biasa keberagamana dan ini dapat menjadi sumber belajar manusia selama hidup di planet bumi ini.

Kalau mengaca pada diri manusia. Secara fisik sudah terlihat beragam terlebih sikap dan karakternya. Dari sinilah makna keberagaman akan memberikan pembelajaran hidup yang kaya cerita. Naik turun mental seseorang. Perbedaan pendapat, penyatuan dua spesies manusia dengam beragam kekurangan dan kelebihnyan. Banyak sumber inspirasi pula dalam untuk bisa berkarya, menginspirasi orang lain juga menebar kenajikan.

Akan tetapi memang variasi dan keberagaman spesies ini juga muncul selain dari gen yang diturunkan juga pengaruh lingkungannya.

Dalam sebuh ayat surat AlHujarat ayat 13, Allah berfirman yang artinya 'Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-angsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mukai diantara kamu disisi Allah ialah yang paling bertakwa diantara kamu. Seaungguhnya Allah maha mengetahui lagi mengenal.

Setiap keberagaman terlebih pada manusia hanya dibedakan dan ditentukan oleh kadar kepatuhan dan ketakwaanya kepada sang khaliknya. Semoga Allah memberikan kelapangan dada dab keikhlasan menjalankan semua perintah Allah ddengan sebaik-baiknya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Senang bisa membaca tulisan yang menginspirasi .. terus semangat Bunda

10 Sep
Balas

Terimakasih bunda Sri...Salam literasi

10 Sep



search

New Post