Anis Shofatun

Seorang guru sains di SMP Muhammadiyah 12 GKB Gresik Jawa Timur. Selama ini menyukai jelajah alam dan membaca buku-buku motivasi. Saat ini ingin belajar dan ber...

Selengkapnya
Navigasi Web

Sinar Matahari Pagi

Sinar Mataari Pagi

Oleh Anis Shofatun

Berjemur dipagi hari menjadi salah satu aktivitas yang diperlukan di masa kebiasaan baru ini (new normal life ini). Kegiatan ini dapat dilakukan sekitar pukul 07.15-08.00. Namun tidak perlu terlalu lama. Pancaran sinar matahari pagi banyak memberikan manfaat bagi tubuh kita. Terutama dalam peningkatan imunitas tubuh kita.

Saat berjemur pum bisa dengan melakukan aktivitas tambahan misalnya dengan berdzikir, dengan menyanyi, membaca buku ataulainya. Coba cari tempat yang sekiranya aman dan nyaman untuk melakukannya.

Beberapa manfaat yang diperoleh dengan berjemur diantaranya :

1. Berjemur sekitar 10-15 menit dapat mengaktifkan provitamin D. Hal ini bermanfaat untuk bertumbuhan tulang. Khususnya pada bagian wajah, leher, lengan dan kaki.

2. Sinar matahari pagi dapat menimbulkan kehangatan dan perasaan nyaman bagi tubuh kita. Hal ini disebabkan karena sinar matahari pagi dapat mengaktifkan pembentukan hormon serotonin yang berperan dalam mengatur tinggi rendahnya moodboster seseorang.

3. Pancaran cahaya pagi dapat melancarkan aliran darah kita. Pancaran cahaa matahari pagi dapat melebarkan pembuluh darah sehingga membantu memperlancarkan sirkulasi aliran darah. Sehingga aktivitas detak jantung menjadilebih baik dan suplai nutrisi dan oksigen bisa sampai pada setiap selbdalam tubuh kita

4. Berjemur dipagi hari sangat baik untuk kesehatan kulit kita. Karena peran dari aktifnya vitamin D. Aakan tetapi bila dilakulan diatas jam 09.00 terlebih tepat matahari terik diatas kepala kita kurang bagus..karena justru akan merusak sel tubuh kita.

5. Sinar matahari pagi dapat meningkatkan produksi hormob melatonin yang dibutuhkan tubuh agar kualitas tidur membaik. Hormon ini dihasilkan dari kelenjar pineal yang terletak di dasar otak kita.

6. Sinar matahari pagi dapat bermanfaat meningkatkan imunitas tubuh kita. Hal ini membantu menstimulasi tubuh memproduksi sel darah putih (leukosit)

Maka yuuk manfaatkan kesempatan yang Allah hadirkan melalui sinar matahari pagi cukup 10 mwnit saja. Di tempat kerja biasanya aktivitas berjemur dilakukan dengan melakukan sholat dhuha sekaligus tadarus pagi dengan tetap menjaga protokol kesehatan. Itu sekilas tentang manfaat berjemur dipagi hari. Semoga bermanfaat buat kita semua.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih tips nya Bu. Sukses selalu.

11 Sep
Balas

Sama-sama pak Tri Makno...Salam sehat dan sukses selalu

13 Sep



search

New Post