Anita Barkah

Bertugas sebagai Kepala Sekolah di SDN Bakom Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Cianjur. Lahir di Cianjur pada tanggal 02 Juli 1973. Bertugas sebagai guru selam...

Selengkapnya
Navigasi Web
Komitmen Bersama Forum Pemangku Kepentingan Sekolah Penggrak
Dok. Pribadi

Komitmen Bersama Forum Pemangku Kepentingan Sekolah Penggrak

Komitmen Bersama Forum Pemangku Kepentingan Sekolah Penggrak

#5

Forum pemangku kepentingan adalah kegiatan diskusi berkenaan dengan berbagai upaya peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan yang dapat dilakukan oleh pemangku kepentingan di masing-masing satuan pendidikan. Seluruh pemangku kepentingan merefleksikan capaian kemajuan di sekolahnya sekali dalam satu semester.

Para pemangku kepentingan dapat menjadi bagian untuk membantu dalam mengambil tindakan. Dalam implementasinya, program sekolah penggerak didukung oleh peran pemerintah daerah, pelatih ahli dan pengawas, kepala sekolah, komite pembelajaran, komite orang tua, guru dan siswa.

Selasa, 30 Mei 2023 para pemangku kepentingan sekolah penggerak kabupaten Cianjur angkatan 1 dan Angkatan 2, berkumpul di SMKN I Cianjur untuk melaksaakan refleksi dan komitmen brsama.

Kegiatan forum kepentingan kali ini hanya diwakili oleh satu orang kepala sekolah dari masing-masing-masing satuan pendidikan. Tercatat 73 orang kepala sekolah, 3 orang pengawas dan 3 orang dari unsur Disdikpora yang diundang.

Pukul 08.00 kegiatan diawali dengan pembukaan oleh Bapak Kadisdikpora.. Dalam sambutannya Pak Kadis menjelaskan dinas sangat menunggu kreativitas dari sekolah penggerak termasuk kegiatan pengimbasannya..

Dalam kesempatan ini Pak Kadis juga memberikan penghargaan kepada sekolah penggerak berprestasi yaitu yang menunjukkan kinerja terbaik dari semua jenjang sekolah. .

Selesai acara pembukaan, kegiatan dilanjutkan penandatanganan dan pengucapan komitmen bersama yang isinya . “Kami dari Kabupaten Cianjur Berkomitemen Melaksanakan Program Sekolah Penggerak untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan, Salam Merdeka mengajar!”

Kegiatan dilanjutkan dalam kelas kecil berdasarkan kelompok yang sudah ditentukan sebelumnya, difasilitasi seorang fasilitator yang membimbing dalam kegiatan kolaborasi tentang sekolah impian. Secara berkelompok para peserta menggambarkan serta mempresentasikan tentang sekolah impiannya masing-masing yang sudah tercapai pada tahun kedua PSP.

Sesi berikutnya semua kepala sekolah penggerak juga membagikan praktik baiknya secara bergantian. Banyak sekali inspirasi dari tampilan-tampilan video praktik baik tersebut. Inovasi dan kreativitas tanpa batas dalam upaya melaksanakan transformasi pembelajaran sesuai dengan yang diamanatkan dalam program sekolah penggerak.

Sayang sekali karena keterbatasan waktu, sebagian peserta presentasi tanpa video dengan durasi sangat singkat dan keadaaan kurang kondusif, para peserta konsentarsinya sudah terbagi dengan tugas yang harus segera dilaksanakan. Tetapi walau demikian pokok-pokok praktik baiknya dapat dipahami peserta.

Waktu berlalu dengan cepat, tiba kegiatan penutupan menampilkan praktik baik SMPN 3 Cipanas, dengan keunggulan programnya. Luar biasa, walau termasuk sekolah penggerak angkatan 2, tetapi implementasi kurikulum merdekanya berjalalan dengan pesat. Hasil P5 nya pun keren dan menghasilkan produk kewirausahaan berupa serbuk minumah jahe,yang sudah dipasarkan melalui shopee, sangat inspiratif. Kegiatanpun ditutup secara resmi oleh Miss B (Ibu Badriah) yang mewakili pihak disdispora.

Setelah merefleksikan program PSP tahun kedua ini semoga kami dapat mengimplementasikannya lebih baik lagi pada tahun ketiga dan tercapai tujuan dari program sekolah penggerak, yaitu dapat meningkatkan capaian hasil belajar peserta didik secara holistik, baik dari aspek kompetensi kognitif (literasi dan numerasi), maupun non-kognitif (karakter) untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila.. Aamiin.

Sukaresmi, 31 Mei 2023

Anita Barkah, Kepala SDN Bakom Sukaresmi Cianjur

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

SubhanaAllah, , , keren bu . . .

08 Jun
Balas

Salam Sekolah Penggerak

31 May
Balas



search

New Post