Anita Barkah

Bertugas sebagai Kepala Sekolah di SDN Bakom Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Cianjur. Lahir di Cianjur pada tanggal 02 Juli 1973. Bertugas sebagai guru selam...

Selengkapnya
Navigasi Web
Seminggu bersama KPD Jabar Wilayah I tahun 2023
Dok. Pribadi

Seminggu bersama KPD Jabar Wilayah I tahun 2023

Seminggu bersama KPD Jabar Wilayah I tahun 2023

#6

1 Juni 2023 sampai 6 Juni 2023 bertempat di Pondok Pesantren As Salam Sukabumi menjadi saksi perjuangan para anggota pramuka dari berbagai kabupaten di Provinsi Jawa Barat dalam mengikuti kegiatan Kursus Pelatih Pembina Pramuka Tingkat Dasar Wilayah I.

KPD bertujuan agar Peserta mampu menjadi pelatih pembina pramuka dengan menggunakan metode kepramukaan dan metode kepelatihan dalam proses pendidikan dan pelatihan kepramukaan sehingga meningkatkan kualitas kepramukaan yang dapat mencapai tujuan Gerakan Pramuka.

Peserta yang mengikuti KPD berjumlah 56 orang dari berbagai latar belakang pofesi. Dari mahasiswa, guru, kepala sekolah, dosen, TNI, sampai seorang pensiunan Jendral TNI dengan semangatnya mengkuti kegiatan ini.

Hari pertama, Kamis, 1 Juni 2023, para peserta mulai berdatangan sejak pagi hingga menjelang Duhur. Pukul 13.00 Kegiatan resmi diisi dengan upacara pembukaan, tes awal, jam pimpinan sampai tiba waktunya isoma. Dilanjutkan kembali pukul 19.30 – 22.00 dengan materi Orientasi Kursus, Dinamika Kelompok, Kontrak Belajar dan diakhiri refleksi.

Hari kedua, Jumat, 2 Juni 2023, dimulai pulujk 04.00, dari persiapan, shalat berjamaah Subuh dan kultum, dilanjutkan olah raga pagi serta sarapan. Pukul 07.30 kegiatan kursus dimulai kembali dengan melaksanakan tata upacara pembukaan Latihan siaga. Materi berikutnya adalah Fundamental Gerakan Pramuka yang terdiri dari 3 materi pokok yaitu, Sejarah Pramuka, UU Gerakan Pramuka dan AD/ART Gerakan Pramuka.

Setelah istirahat siang materi dilanjutkan tentang Peran Orang Dewasa dalam Pengelolaan Anggota Dewasa dan Kurikulum Diklat. Materi yang lumayan banyak membutuhkan dua sesi pertemuan sampai menjelang magrib, dan diakhiri upacara penutupan latihan siaga.

Sesi malam diisi dengan pembahasan materi peran, tugas, dan tanggung jawab pelatih, dan diakhiri dengan refleksi pukul 22.00.

Peserta yang selesai melaksanakan kegiatan tidak serat merta dapat langsung beristirahat karena harus mempersiapkan tugas yang akan dibahas pada pertemuan esok hari. Semua menyelesaikan tugasnya sesuai dengan kemampuan dan kecepatan masing-masing peserta.

Hari ketiga, Sabtu, 3 Juni 2023, dengan rutinitas pagi yang sama, materi pokok dimulai dengan upacara pembukaan latihan penggalang, materi selanjutya adalah Pengembangan Diri Pelatih, Ragam Metode dan Teknik Pelatihan dan upacara Penutupan Latihan Penggalang. Sedangkan materi sesi malamnya adalah Teknik Memilih, membuat, dan Menggunakan Media Pembelajaran AVA/PPT dan diakhiri refleksi.

Hari keempat, Minggu, 4 Juni 2023, materi inti setelah giat rutin pagi adalah Upacara Pembukaan Latihan Penegak dilanjutkan dengan Managemen Pelatihan dan setelah isoma siang dilanjutkan materi Pembuatan Rencana Melatih sampai sesi sore dan diakhiri Upacara Penutupan Latihan Penegak.

Sesi malam di hari keempat ini mrmpelajari tentang Manegemen Resiko dan Perencanaan Kegiatan di Alam terbuka.

Hari kelima, Senin, 5 Juni 2023, setelah kegiatan rutin pagi, dilaksanakan Upacara Pembukaan Pandega. Setelah isoma siang dilanjutkan dengan Kegiatan di Alam Terbuka, tempat pelaksanaan di Pelabuhan Ratu Sukabumi, menggunakan bis yang disediakan pihak panitia, seluruh peserta dan pelatih menuju kesana. Hanya dibutuhkan waktu 1 jam dari Assalaam sampai Pelabuhan Ratu. Disana kami melaksanakan tugas berupa pengambilan video tentang beberapa hal di Pantai Citepus .

Setelah solat Magrib kegiatan dilanjutkan di Pos Angkatan Laut Pelabuhan Ratu. Tuan rumah, (komandan nya) menjamu kami makan malam dan hiburan musik. Suasana akrab dan hangat, masing-masing Kabupaten menampilkan wakilnya untuk bernyanyi. Acara yang tajuknya adalah malam keakraban KPD Jabar1 Wilayah I ini benar-benar menunjukkan keakraban di antara para peserta sampai waktu tak terasa sudah menunjukkan pukul 10.00, izin keramaian yang kami kantongi pun segera berakhir, tetapi giat kami belumm berakhir, dilanjutkan dengan renungan malam.

Diiringi deburan ombak Pantai, kami menuju tempat yang telah ditentukan untuk masing-masing kelompok. Ditemani cahaya lilin yang dimasukan dalam gelas plastik supaya tidak padam. Beberapa tantangan kami lakukan sambil berjalan tertatih di atas pasir pantai yang tebal, sampai akhirnya tiba di titik renungan.

Secarik kertas kami terima dari pelatih dan pendamping, untuk kemudian dibaca oleh masing-masing. Tak terasa air mata kami menetes ketika membaca teks renungan yang kami terima. Disela deburan ombak yang bersahutan, kami menyatakan janji Tri Satya dalam pengabdian sebagia anggota pramuka.

Lewat tengah malam kami kembali ke komplek pesanteran As Salam, untuk menlanjutkan kembali kegiatan kursus esok harinya. Badan yang letih seperti tak terasa mengingat ini adalah malam terakhir, besok kami sudah bisa pulang kembali ke rumah yang sudah seminggu kami tinggalkan.

Pagi di hari keenam, suasana berbeda, setelah giat ibadah kami membereskan semua barang bawaan serta persiapan melaksanakan post tes. Apel pagi penuh kemeriahan dan haru, karena Demang Puteri (pemimpin kelompok puteri selama kursus) berulang tahun. Prank yang direncanakan panitia benar-benar berhasil. Ah …suasana yang benar-benar penuh kenangan.

Upacara penutupan pun tiba, dilaksanakan di aula utama pesantren yang sangat besar. Hujan besar tidak menajdi halangan, upacara tetap berlangsung dengan khidmat, sampai acara yang kami tunggu-tunggu tiba, yaitu pembagian izasah kursus, yang langsung ditandatangan Ketua Gerakan Pramukan Kwarda Jawa Barat.

Allhamdulillah, puji syukur padaMU Ya Robb, kegiatan ini berjalan lancar, semua peserta diberi Kesehatan dan kelancaran, semua dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik, dan pulang dengan hati gembira.

Satu minggu yang sangat bermakna, puluhan materi kursus disajikan dengan metode yang menyenangkan, peserta dibuat aktif dan tidak merasa jenuh dalam belajar. Pelatih-pelatih profesional Kwarda Jabar membersamai kami untuk memahami semua materi yang diberikan, untuk membekali kami menjadi pelatih pembina yang baik dikemudian hari, Insyaa Allah.

Sukaresmi, 10 Juni 2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

keren bnget bu, menjadi sosok penulis teladan...

10 Jun
Balas



search

New Post