Anita Barkah

Bertugas sebagai Kepala Sekolah di SDN Bakom Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Cianjur. Lahir di Cianjur pada tanggal 02 Juli 1973. Bertugas sebagai guru selam...

Selengkapnya
Navigasi Web
Takdirku Sampai di Titik ini
Bersama para pemenang dari Tk. PAUD -SD

Takdirku Sampai di Titik ini

Takdirku Sampai di Titik Ini

Kesempatan belum tentu akan dating dua kali, itu selalu prinsipku setiap kali ada tugas atau tawaran untuk mengikuti sebuah even di lingkungan tugasku, baik kegiatan berupa lomba maupun pelatihan (Bimtek). Karena aku meyakini dari ajang seperti itulah bertambahnya ilmu dan pengalaman juga sahabat bahkan keluarga.

Begitupun ketika beberapa minggu yang lalu terpilih menjadi perwakilan Kecamatan Sukaresmi dalam ajang pemilihan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) Berprestasi Tingkat Kabupaten Cianjur untuk kategori Kepala Sekolah Dasar, segera kusiapkan segala hal yang menjadi bahan penilaian dalam kegiatan tersebut. Berusaha semaksimal kemampuan dalam melaksanakan tugas ini.

Mengikuti pemilihan kepala sekolah berprestasi setingkat kabupaten bukanlah hal mudah, peserta akan berkompetisi dengan semua kepala sekolah terbaik dari 32 kecamatan yang berada di Kabupaten Cianjur. Oleh karenanya tidak semua kepala sekolah bersedia mengikutinya, apalagi jika waktu yang disediakan untuk menyiapkan segala persyaratan sangat singkat, karena banyaknya persyaratan yang harus dipersiapkan.

Tahun 2022 ini Dinas pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Cianjur melaksanakan seleksi PTK Berprestasi mulai dari tingkat TK/Paud, SD,SMP dan kesetaraan. Setiap peserta harus menyiaplkan berkas kelengkapan berupa portofolio yang berisi biodata lengkap disertai SK Pengangkatan Kepala Sekolah, ijazah terakhir, sertifikat pendidik, bukti mengikuti bimtek peningkatan profesi, bukti penghargaan atas prestasi, bukti keanggotaan/pengurus organisasi profesi, dan bukti PKKS 2 tahun terakhir. Serta membuat karya tulis berupa best Practice dengan tema “ Strategi Peningkatan IPM Kabupaten Cianjur melalui Inovasi Pendidikan”. Diawali dengan mendaftar secara online serta mengupload semua persyaratan melalui link yang sudah disediakan.

Waktu yang diberikan panitia untuk menyelesaikan semua persyatratan selama 5.hari, selajutnya semua persyaratan diupload pada link yang telah ditentukan panitia, terpisah anatara link untuk upload portofolio dan link untuk upload karya tulis.

Penyelengaaran seleksi PTK berprestasi tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, setelah melewati masa pandemi dua tahun, penilaian dilaksanakan secara daring untuk menentukan sepuluh besar kemudian secara luring untuk menentukan posisi enam besar. Sebelumnya seluruh tahapan seleksi dilaksanakan secara luring selama 3 hari.

Berbekal mengikuti seleksi guru berprestasi tingkat Provinsi tahun 2017, serta persiapan seleksi kepala sekolah berprestasi tahun 2021 yang penyelenggaraannya dibatalkan, aku tidak menemukan kesulitan yang berarti dalam persiapan seleksi kali ini, penyusunan portofolio berjalan lancar, allhamdulillah untuk tahun 2021-2022, prestasi yang telah dicapai sekolah baik siswa, guru dan kepala sekolah sangat membantu untuk menambah poin dalam penialain.

Portofolio memang poin utama dalam penilaian PTK berprestasi, selain karya tulis yang harus dipertanggungjawabkan melalui presentasi, selain itu pula ada sesi wawancara dan tes tertulis. Disinilah kinerja seorang kepala sekolah diuji dari segala sisi dalam melaksanakan tugasnya, sesuai dengan 5 kompetensi yang harus dimilikinya.

Sempat diundur pelaksanaannya selama 2 minggu, akhirnya kegiatan penialaian babak sepuluh besar dilaksanakan secara luring di Hotel Delaga Biru Cipanas, 28 September 2022. Aku termasuk dalam posisi sepuluh besar dan harus menyiapkan presentasi terbaik atas karya tulis yang sudah dikirimkan naskahnya, wawancara dan juga tes tertulis. Semua harus siap dalam waktu 24 jam, karena pengumumannya hanya sehari sebelum pelaksanaan.

Rabu pagi, 28 September 2022 para peserta yang lolos babak sepuluh besar sudah berkumpul di Hotel Delaga Biru. Bapak Kadisdikpora Cianjur membuka secara resmi kegiatan ini didampingi kabid GTK dan juga Kabid SD serta Bapak Sekdis. Dukungan dan doa dari keluarga, rekan sejawat, teman , sahabat, guru dan semua siswa di sekolah mengiringi langkahku hari ini.

Kegiatan penilaian dimulai dengan tes tertulis pada semua peserta, lima puluh soal tersaji untuk diisi dalam waktu satu jam. kemudian dilanjutkan presentasi dan wawancara secara bergantian. Para peserta melaksanakan semua tahapan dengan upaya maksimal, segala kemampuan dicurahkan unuk menjadi yang terbaik.

Walau pernah beberapa kali menghadapi situasi seperti ini rasa tegang tetap saja ada. Ajang lomba yang kuikuti mulai saat sekolah SMP tahun 1986 menjadi siswa teladan Kabupaten Cianjur, Sewaktu kelas II SPG terpilih menjadi siswa teladan Kabupaten Cianjur dan mewakili Cianjur dalam seleksi siswa teladan Provinsi Jawa Barat tingkat SLTA, terakhir tahun 2017 terpilih sebagai Guru Berpestasi yang mewakili Kab, Cianjur ke Tingkat Provinsi. Walau baru masuk juara harapan, tetapi pengalamannya sangat luar biasa, menempa mental lebih tangguh.

Menanti giliran wawancara dan presentasi selalu menjadi bagian yang paling menegangkan. Begitupun saat menunggu dewan juri bersidang untuk menentukan para pemenang. Aku sudah memasrahkan segalanya pada Yang Kuasa, apapun hasilnya Dia lah Sang Penentunya.

Akhirnya, tiba saatnya pengumuman, setelah dewan juri dari semua jenjang lomba menyelesaikan tugasnya. Pengumuman pemenang dilaksanakan sekaligus penutupan. Dengan hati deg-degan semua peserta sudah siap meneriam semua keputusan tim penilai yang telah melaksanakan tugasnya dengan maksimal.

Tiba giliran pengumuman untuk kategori kepala sekolah jenjang SD, juara harapan 3 sampai juara 2 sudah disebut,belum ada namaku, dan tak lama terdengar sebagai juara 1 atas namaku. Allhamdulillah, kupeluk sahabatku yang sengaja datang mendampingi sampai kegiatan selesai.

Tak terasa air mata mengalir disela ucap syukurku pada Yang Maha Kuasa, mensyukuri atas takdirNYa, memberikan kesempatan padaku untuk sampai di titik ini. Ya Allah, semoga dengan prestasi ini menjadikanku hamba yang lebih taat padaMU, lebih mendekatkan diri padaMU, dapat menjalankan tugas lebih baik lagi dan menajadi contoh positif serta menjadi motivasi bagi yang lain.

Terima kasih yang tak terhingga untuk seluruh keluarga yang selalu mendukung, Pak Kordik, Ketua PGRI Cabang Sukaresmi, jajaran K3S serta para pengawas bina yang selalu memberikan suportnya, guru-guru dan semua siswa SDN Bakom yang selalu solid hingga rekam jejaknya sudah menjadi bagian dari portofolioku. Tak lupa sahabat-sahabatku yang tak bisa disebutkan satu pesatu, semoga Allah membalasnya dengan pahala yang setimpal, aamiin.

Sukaresmi, 28 september 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post