Anna Sulisetiawati

Bismillah ... Atas nama Tuhan yang Maha Pemurah Terima kasih atas ilmu yang tercurah Semoga melalui media ini ilmu makin terasah...

Selengkapnya
Navigasi Web
SUDAHKAH KEWAJIBAN DITUNAIKAN?

SUDAHKAH KEWAJIBAN DITUNAIKAN?

Adalah Raissa siswi kelas IV yang bersemangat menceritakan kewajiban dan hak yang telah dilakukan di rumah. Ia setiap sore memberi makan ikan-ikan koi di kolam belakang rumahnya. Kewajiban itu dilaksanakan dengan senang hati di sela jadwal daring yang padat. Akibatnya ia akan mendapat hak berupa sehatnya ikan koi yang berenang senang di kolam yang bersih .

Sejatinya kewajiban dan hak telah disoundingkan jauh saat kita belum bersekolah bahkan di rumah saat balita, kita telah dikenalkan oleh orang tua untuk melakukan beberapa tugas yang bisa disebut sebagai kewajiban. Dan mendapatkan kesenangan yang berarti mempereleh hak setelah menyelesaikan kewajiban

Kewajiban dan hak sebagai pendidikpun tidak berbeda jauh dari hal tersebut di atas. Kewajiban pendidik jelas mengacu pada tugas pokok dan fungsi, sedangkan hak bagi pendidik akan mendapatkan upah sesuai tupoksi tersebut. Setiap pendidik, tenaga pendidikan, dan kepala sekolah mendapat kewajiban dan hak sesuai jenjang masing-masing.

Menurut https://www.silabus.web.id/tupoksi/ seorang kepala sekolah memiliki tupoksi sebagai pendidik (educator), manajer (manager), pengelola administrasi (administrator), penyelia (suoervisor), pemimpin (leader), pembaharu (inovator), dan pendorong (motivator). Layaknya seorang CEO pada sebuah perusahaan, kepala sekolah menjadi kunci dari semua terkait dengan pelaksanan pendidikan pada satuan pendidikan. Kunci yang menjadi pembuka dari semua pintu sebagai penentu keberhasilan pendidikan.

Sementara tupoksi bagi guru yaitu bertanggung jawab kepada kepala sekolah dalam melaksanakan KBM, meliputi:

Membuat kelengkapan mengajar dengan baik dan lengkap Melaksanakan kegiatan pembelajaran Melaksanakan kegiatan penilaian proses belajar, ulangan, dan ujian. Melaksanakan analisis hasil ulangan harian Menyusun dan melaksanakan program perbaikan dan pengayaan Mengisi daftar nilai anak didik Melaksanakan kegiatan membimbing (pengimbasan pengetahuan), kepada guru lain dalam proses pembelajaran Membuat alat pelajaran/alat peraga Menumbuh kembangkan sikap menghargai karya seni Mengikuti kegiatan pengembangan dan pemasyarakatan kurikulum Melaksanakan tugas tertentu di sekolah Mengadakan pengembangan program pembelajaran Membuat catatan tentang kemajuan hasil belajar anak didik Mengisi dan meneliti daftar hadir sebelum memulai pelajaran Mengatur kebersihan ruang kelas dan sekitarnya

Sudahkan para pendidik anak bangsa melaksanakan kewajiban sesuai tupoksi? Kembali ke hati nurani, semoga kewajiban sebagai pendidik bisa ditunaikan walau secara bertahap tidak langsung instan sesaat. Namun langkah demi langkah semoga bermanfaat bagi anak bangsa dengan karakter mulia sesuai nilai moral dan agama. Seperti penulis yang berjanji untuk terus, tidak hiatus dalam melaksanakan kewajiban dan menyelesaikan tulisan di gurusiana tercinta. Fighting!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Bunda. Salam literasi

03 Nov
Balas

Uraiannya gamblang, Bu. Salam literasi.

03 Nov
Balas



search

New Post