Anna Sulisetiawati

Bismillah ... Atas nama Tuhan yang Maha Pemurah Terima kasih atas ilmu yang tercurah Semoga melalui media ini ilmu makin terasah...

Selengkapnya
Navigasi Web

SUPERVISI DI MASA PANDEMI

H9

Sejatinya tujuan supervisi akademik di masa pandemi covid-19 adalah untuk membantu guru memastikan siswanya belajar dengan baik di rumah. Walau di masa pandemi kepala sekolah untuk melakukan tugasnya sebagai supervisor dan pemimpin pembelajaran dengan tetap tidak membebani, tidak menuntut ketuntasan kurikulum, melayani semua moda belajar, dan penilaian juga tidak selalu harus kuantitatif.

Sebelum melaksanakan supervisi akademik, akan lebih baik telah disepakati langkah-langkah sebagai berikut: pertama, perencanaan yang meliputi pengkajian program supervisi yang ada, identifikasi infrastruktur, menyusun instrumen pra dan post-observasi, menyinkronkan proglam lama dengan kondisi, dan menyosialisasikan program. Kedua, pelaksanaan yang terdiri dari pelaksanaan kegiatan pra-observasi, observasi, dan kegiatan post-observasi. Ketiga, evaluasi yaitu analisis hasil supervisi, dan menindaklanjuti hasil supervisi.

Berikut beberapa kegiatan yang dilakukan pada pra-observasi: 1) melakukan pertemuan awal secara daring; 2) mengecek rencana pembelajaran; 3) memastikan media/ aplikasi yang akan digunakan dalam pembelajaran. Sementara pada kegiatan observasi bisa dilakukan kegiatan pengamatan proses pembelajaran baik secara daring ataupun home visit. Terakhir, pada kegiatan post-observasi diperlukan kegiatan: 1) menganalisis data hasil observasi; 2) mengadakan pertemuan untuk memberikan umpan balik; 3) merencanakan tindak lanjut.

Sesuai filosofi pendidikan sistem among menurut Ki Hajar Dewantara yaitu “Setiap orang adalah guru, Setiap rumah adalah sekolah”. Jadi tetaplah di rumah, selamat menjadi guru dan semoga bahagia.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post