Ermiyanto

Biasa dipanggil Mr.Anoto atau Laoshi Anto, aktifitas keseharian sebagai Guru di SMPN 2 Padang Panjang. "Pelajari apa aja selagi bisa" merupakan Moto hidup yang ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Belajar Bahasa Mandarin,  Tidak Semudah yang Dibayangkan
Gambar: Belajar Hanzi

Belajar Bahasa Mandarin, Tidak Semudah yang Dibayangkan

Ternyata belajar Bahasa Mandarin itu susahnya pakai “bingitz” lho. Setahun belajar langsung di Negeri Tirai Bambu belum menjamin seseorang bisa berbahasa Mandarin dengan lancar, belum menjamin seseorang bisa menulis dan membaca tulisan kanjinya. Butuh waktu dan proses lama agar seseorang bisa menguasai bahasa Mandarin, dan cas,cis,cus layaknya penutur asli.

Setahun di Xiamen-China, aku mempelajari Bahasa Mandarin yang terdiri dari pelajaran membaca, menulis, mendengar, berbicara dan kosakata. Banyak kesulitan-kesulitan yang aku temui.

Ternyata Bahasa Mandarin itu pelafalannya memiliki nada-nada tertentu, layaknya seperti belajar bernyanyi, kita harus tau mana nada rendah, mana yang harus ditinggikan dan mana nada yang harus turun naik.

Dalam Bahasa Mandarin ada 4 nada yang harus dikuasai, yaitu nada datar, nada naik, nada turun naik dan nada turun, bahkan ada yang tidak pakai nada sama sekali.

Contohnya ketika kita membaca ‘ma’ yang artinya kuda, maka ‘ma’ nya dibaca dengan nada turun naik. Kalau salah nada maka ‘ma’ yang kita baca akan berubah arti menjadi apakah, ibu, dan arti lainnya.

Dalam pelafalan nada tersebut yang paling susah adalah nada ke 2 dan nada ke 3, jadi kamu harus sering- sering berlatih untuk nada tersebut agar bisa dengan tepat melafalkannya .

Untuk orang yang baru pertama kali belajar, pelafalan nada akan sangat jelas bedanya dengan yang sudah mahir, karena jika kita mendengar orang China saat berbicara pasti kita akan berpikir kenapa nadanya tidak ada? sebenarnya ada cuma pelafalannya lebih pendek dan dipercepat.

Nah, untungnya aku memiliki dosen yang sangat sabar dan baik, ia mengajarkan kami pelafalan kata berulang-ulang sehingga memudahkan kami untuk memahami materi yang disampaikannya.

Tulisan kanji atau disebut dengan Hanzi merupakan tulisan yang sulit untuk dipelajari. Hanzi merupakan huruf paling tua di dunia, juga huruf dengan pengguna paling banyak di dunia. Huruf–huruf di dalam Hanzi sangat banyak, totalnya kira-kira 60000, namun huruf yang sering dipakai kira-kira 6000 dan tidak semua orang China, hafal semua huruf tersebut.

Di China hanzi dipakai dalam penulisan sehari- hari. Di China jarang dipakai huruf-huruf berupa alphabet A sampai Z. Tulisan di buku-buku, merek-merek toko, kedai, perusahaan dan merek-merek rambu lalu lintas semuanya bertulisan hanzi.

Apa sih yang membuat huruf ini sangat susah? ya karena cuma terlihat seperti garis keriting yang tidak jelas. Huruf-huruf yang ada tersebut sebenarnya banyak berupa simbol-simbol alam yang diubah dalam bentuk guratan atau tulisan.

Nah, bagaimana caranya supaya kita bisa lancar menulis hanzi, kuncinya satu yaitu rajin latihan, tiap hari menulis 1 sampai 10 kata, kemudian yang tidak kalah pentingnya adalah harus sabar dalam berlatih menulis hanzi tersebut.

Belajar menulis tulisan kanji merupakan pelajaran yang cukup menyenangkan bagiku, menulis kanji membutuhkan kesabaran dan kehati-hatian, di samping itu kita juga harus disiplin dalam aturan penulisan, tidak boleh asal tulis, karena hasilnya akan berbeda dan tidak bagus apabila asal tulis.

Dalam belajar aku sering menuliskan bacaan hanzi ketulisan latin, ternyata dalam belajar Bahasa Mandarin juga ada tulisan latin untuk memudahkan membaca tulisan yang ditulis dengan tulisan kanji. Tulisan itu disebut dengan Pinyin.

Pinyin adalah tulisan yang menggunakan alfabet A sampai Z, tapi ada beberapa pengucapan huruf yang berbeda dengan huruf atau alphabet pada umumnya, ya walaupun tidak semua penyebutan huruf pinyin itu susah tapi ada beberapa huruf yang sangat susah disebut dan akan membuat kamu jengkel contohnya seperti huruf B dibaca P, huruf Z dibaca C dan beberapa perubahan lainnya.

Yang namanya belajar tentu tidak mudah, apalagi mempelajari bahasa yang jarang kita dengar dan jarang dipakai di lingkungan tempat kita tinggal. Untuk membantu memahami dan menguasai Bahasa Mandarin, maka aku memanfaatkan tutorial-tutorial di youtube yang bisa dijadikan panduan, serta tidak lupa aku men- download aplikasi-aplikasi pendukung yang bisa di download di Playstore android.

*****

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post