Anton Adiwijaya

Seorang Guru di Bengkulu sejak tahun 2001, Lulusan S1 Pendidikan Fisika Universitas Bengkulu tahun 2003. Hobi membaca dan berkeinginan dapat menulis buku. Berga...

Selengkapnya
Navigasi Web
Meningkatkan Profesionalisme Guru Melalui Diklat Online

Meningkatkan Profesionalisme Guru Melalui Diklat Online

Kemajuan suatu bangsa dapat dilihat dari pendidikannya, berupa mutu dan standard yang dimilikinya. Sementara Mutu pendidikan tergantung dari kualitas dari guru dan fasilitas pendukungnya. Bisa dikatakan bahwa GURU/Pendidik adalah Ujung tombak dari mutu/kualitas pendidikan, untuk itu guru harus bermutu/profesionalisme.

Di era/zaman sekarang ini, untuk meningkatkan mutu/kualitas guru dapat dilakukan dengan mengikuti diklat/workshop/seminar secara online/daring. seorang guru harus memiliki 5 kompetensi, yaitu : Pedagogi, Profesional, Sosial, Kepribadian dan Digital.

Untuk meningkatkan kompetensi Pedagogi, Profesional dan Digital, saat ini sangat mudah dilakukan berkat adanya internet. Diklat/workshop/webinar untuk meningkatkan kompetensi guru yang ada secara daring melalui jaringan internet ada berbagai macam variasi, seperti ;

Biaya : Gratis dan Berbayar. Penyelenggara : Pemerintah, Swasta, organisasi/komunitas Fasilitas : Video Konferensi, kelas online, kursus online, grup media sosial

Untuk diklat yang gratis dan disediakan oleh pemerintah melalui kementrian pendidikan dan kebudayaan berupa aplikasi/website Platform Merdeka Mengajar (PMM) yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja secara autodidak dan disediakan sertifikat. Didalamnya sudah disediakan puluhan topik diklat mandiri yang dapat dikerjakan oleh guru dari semua jenis dan jenjang.

Untuk mengkakses PMM tersebut dapat melalui website dengan link : https://guru.kemdikbud.go.id dan melalui aplikasi android di smartphone dengan mendownload di playstore.

Pada Platform Merdeka Mengajar (PMM) tersebut bukan hanya fitur Pelatihan Mandiri saja yang ada, tapi juga dilenkapi dengan berbagai fitur lainnya yang dapat menunjang tugas guru, seperti Perangkat Ajar, Asesmen Murid, Komunitas, dan lainnya.

Untuk Diklat yang lain baik gratis atau berbayar, bayak disediakan di internet, silahkan cari di google, media sosial, grup dan komunitas.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post