Anton Gustiawan

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

LK 3.1 Menyusun Best Practices

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

Lokasi

 SMK Negeri 3 Tasikmalaya

 SMK Plus Nurul Arif Salam

Lingkup Pendidikan

 Sekolah Menengah Kejuruan

Tujuan yang ingin dicapai

A.    Aksi PPL Kesatu

1.    Dengan menggunakan Model Discovery Learning dan Metode Pembelajaran yang Bervariasi dapat menigkatkan motivasi belajar siswa dalam menganalisis struktur dan kebahasaan teks editorial.

2.    Dengan menggunakan Media dan Alat/Bahan Pembelajaran yang Inovatif (Grup WA, Gawai, Artikel Online dan Google From) dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam menganalisis struktur dan kaidah kebahasaan teks editorial

 

B.     Aksi PPL Kedua

1.      Dengan menggunakan Model Discovery Learning dan Metode Pembelajaran yang Bervariasi dapat menigkatkan motivasi belajar siswa dalam menilai buku fiksi dan nonfiksi.

2.      Dengan menggunakan Media dan Alat/Bahan Pembelajaran yang Inovatif (Grup WA, Gawai, Infocus dan Laptop) dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam menilai buku fiksi dan nonfiksi.

 

C.    Aksi PPL Ketiga

1.      Dengan menggunakan Model PBL dan Metode Pembelajaran yang Bervariasi dapat menigkatkan motivasi belajar siswa dalam Menulis Teks Cerita Sejarah Pribadi.

2.      Dengan menggunakan Media dan Alat/Bahan Pembelajaran yang Inovatif (Grup WA, Gawai, Speaker, Infocus dan Laptop) dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam Menulis Teks Cerita Sejarah Pribadi.

 

D.    Aksi PPL Keempat

1.      Dengan menggunakan Model Discovery Learning dan Metode Pembelajaran yang Bervariasi dapat menigkatkan motivasi belajar siswa dalam Menyusun Laporan Hasil Diskusi Buku Tentang Satu Topik.

2.      Dengan menggunakan Media dan Alat/Bahan Pembelajaran yang Inovatif (LKPD, Pointer, Proyektor dan Laptop) dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam Menyusun Laporan Hasil Diskusi Buku Tentang Satu Topik.

 

Penulis

 Anton Gustiawan, S.Pd

Tanggal

 PPL Kesatu Jumat, 14 Oktober 2022

 PPL Kedua Jumat, 28 Oktober 2022

 PPL Ketiga Jumat, 11 November 2022

 PPL Keempat Sabtu, 26 November 2022

Situasi:

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

A.    Kondisi yang menjadi latar belakang masalah pada PPL Kesatu s.d. PPL Keempat adalah:

1.      Pendidik masih menggunakan metode pembelajaran yang konvesional.

2.      Pendidik kurang memaksimalkan unsur TPACK saat proses pembelajaran.

3.      Motivasi belajar peserta didik belum maksimal.

4.      Rendahnya minat literasi pada  peserta didik.

 

B.     Praktik ini penting untuk dilakukan karena dapat menimbulkan dampak yang sangat besar dan luar biasa dalam proses pembelajaran yaitu :

1.      Dengan menerapkan model dan metode pembelajaran yang bervariasi, siswa sangat antusias dalam mengikuti proses pembelajaran mulai dari pendahuluan, inti, dan penutup.

2.      Model dan metode pembembelajaran lebih bervariasi.

3.      Media dan Alat/Bahan Pembelajaran lebih inovatif dan

tidak monoton sehingga menarik perhatian siswa/tidak

membosankan.

 

C.    Apa yang menjadi peran tanggung jawab saya dalam praktik ini yaitu:

1.      Memperoleh bimbingan dalam proses penyusunan rencana pembelajaran PPL Kesatu s.d. PPL Keempat.

2.      Saya berdiskusi dan mempresentasikan hasil penyusunan rencana pembelajaran PPL Kesatu s.d. PPL Keempat bersama dosen, guru pamong, dan teman-teman mahasiswa PPG.

3.      Melakukan revisi perbaikan rencana pembelajaran PPL Kesatu s.d. PPL Keempat berdasarkan hasil diskusi dan presentasi yang sudah dilakukan.

4.      Mengunggah perangkat pembelajaran PPL Kesatu s.d. PPL Keempat di LMS.

5.      Melaksankan PPL Kesatu s.d. PPL Keempat.

6.      Mendokumentasikan dalam bentuk video proses  pelaksanaan PPL Kesatu s.d. PPL Keempat.

7.      Mengunggah video tanpa editing (original) pada LMS.

8.      Mengunggah video yang sudah diedit durasi 10-15 menit pada LMS.

9.      Melakukan refleksi kegiatan yang sudah dilaksanakan.

Tantangan :

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai

tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

A.    Yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan yaitu:

1.      Terbatasnya sarana dan prasaran.

2.      Kesiapan perserta didik dalam proses pembelajaran.

3.      Situasi sekolah yang terkadang tidak menentu.

 

B.     Yang terlibat pada PPL Kesatu s.d. PPL Keempat yaitu :

1.      Peserta didik sebagai sentral dalam proses pembelajaran.

2.      Guru sebagai fasilitator.

3.      Dosen dan guru pamong sebagai pembimbing..

4.      Rekan sejawat yang membantu terlaksananya kegiatan ini.

Aksi :

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

A.    Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi  tantangan tersebut:

1.      Mempersiapkan fasilitas yang dibutuhkan;

2.      Mencari lokasi sinyal yang stabil yang ada di dalam kelas sehingga bisa online dengan dosen dan guru pamong;

3.      Mendapatkan dukungan dari kepala sekolah;

4.      Membutuhkan kerja sama antara siswa dan teman sejawat yang membantu pada saat pengambilan video.

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

A.    Dampak dari PPL Kesatu s.d. PPL Keempat dan Langkah-langkah yang dilakukan  yaitu:

1.      Semua dapat dilaksanakan sesuai dengan apa yang telah direncanakan.

2.      Tercapainya kegiatan sesuai dengan harapan.

 

B.     Apakah hasilnya efektif Atau tidak efektif? Mengapa?

Hasilnya sangat efektif, karena peserta didik sangat antusias saat proses pembelajaran berlangsung, mulai dari  pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Persentase siswa yang mencapai KKM pada PPL Kesatu 91%, pada PPL Kedua 93%, pada PPL Ketiga 92%, dan PPL Keempat 100%.

 

C.    Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang  dilakuka?

Respon kepala sekolah, kurikulum dan teman sejawat sangat positif dan mendukung penuh atas kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan. Kepala sekolah, kurikulum dan teman sejawat memberikan resepon tersebut setelah saya membagikan link PPL Kesatu s.d. PPL Keempat ke WAG sekolah.

 

D.    Yang menjadi faktor keberhasilan yaitu :

1.      Dukungan kepala sekolah dan rekan sejawat yang turut membantu mempersiapkan alat dalam proses perekaman kegiatan pembelajaran.

2.      Dapat mengantisipasi atau mengatasi tantangan yang dihadapi sebelum hari pelaksanaan PPL kesatu s.d. PPL Keempat.

3.      Berusaha melaksanakan semaksimal mungkin.

 

E.     Ketidak berhasilan dari strategi yang dilakukan?

1.      PPL Aksi Kesatu

a.       Pengambilan video pada saat pelaksanaan proses pembelajaran PPL Siklus Kesatu belum optimal karena keterbatasan dan kesalahan teknis sehingga sebagian  rekaman video dari arah depan tidak tersave di file penyimpanan.

b.      Terjadi geseran posisi camera yang tidak terpantau baik  di akhir pembelajaran.

 

2.      PPL Aksi Kedua

a.       Pengambilan video pada saat pelaksanaan proses pembelajaran PPL Kedua belum optimal karena ada salah satu kamera yang mati.

b.      Kamera terjatuh.

c.       Memori eksternal lupa dimasukan ke HP yang digunkan untuk perekaman.

 

3.      PPL Aksi Ketiga

a.       Pengambilan video pada saat pelaksanaan proses pembelajaran PPL Siklus Ketiga belum optimal karena ada salah satu kamera yang kualitas gambarnya kurang baik.

b.      Proyektor  kurang baik.

 

4.      PPL Aksi Keempat

a.       Evaluasi pembelajaran tidak memakai gawai

 

F.     Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut :

1.      Untuk melaksanakan proses pembelajaran sehari-hari lebih tertib dan terstruktur.

2.      Peserta didik lebih tertarik dan fokus.

3.      Pembelajaran lebih bervariasi.

4.      Pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan.

5.      Media dan alat/bahan pembelajaran lebih inovatif.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA TINDAK LANJUT

PPL AKSI 1-4

 

Nama              : Anton Gustiawan, S. Pd

Sekolah           : SMK Negeri 3 Tasikmalaya dan SMK Plus Nurul Arif Salam Tasikmalaya

 

No.

PPL Aksi

Kegiatan

Bentuk

Waktu

Yang Terlibat

1.

Aksi 1

Menganalisis struktur dan kebahasaan teks editorial dengan model discovery learning

1.      Mengadakan seminar kecil yang dilaksanakan di sekolah yang dihadiri oleh rekan guru dan MGMP.

2.      Membuat PTK

 

Seminar dan laporan penelitian.

Awal Semester/ Januari 2023.

1.      Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum.

2.      Rekan MGMP.

 

2.

Aksi 2

Menilai buku fiksi dan non fikso dengan model discovery learning

1.      Mengadakan seminar kecil yang dilaksanakan di sekolah yang dihadiri oleh rekan guru dan MGMP.

2.      Membuat PTK

3.      Membuat kumpulan menilai buku fiksi dan nonfiksi yang akan diterbitkan.

 

Seminar, buku dan laporan penelitian

Januari 2023

1.      Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum.

2.      Rekan MGMP.

3.      Peserta didik

 

3.

Aksi 3

Menulis teks cerita sejarah pribadi dengan model PBL

1.      Mengadakan seminar kecil yang dilaksanakan di sekolah yang dihadiri oleh rekan guru dan MGMP.

2.      Membuat PTK

3.      Membuat kumpulan teks cerita sejarah pribadi yang akan diterbitkan.

 

Seminar, buku dan laporan penelitian

Januari 2023

1.      Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum.

2.      Rekan MGMP.

3.      Peserta didik

4.

Aksi 4

Menyusun laporan hasil diskusi buku tentang satu topik dengan model discovery learning

1.      Mengadakan seminar kecil yang dilaksanakan di sekolah yang dihadiri oleh rekan guru dan MGMP.

2.      Membuat PTK

 

Seminar dan laporan penelitian

Februari 2023

1.      Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum.

2.      Rekan MGMP.

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya

08 Dec
Balas

terimakasih, Bu

08 Dec



search

New Post