Jurnal Refleksi Modul 1.3 CGP Angkatan 9
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabaratuh
Selamat bertemu lagi dengan saya Aprilia Nur Hasanah, M.Pd, Calon Guru Penggerak Angkatan 9 dari SMAN Jenggawah- Jember, Provinsi Jawa Timur. Pada kesempatan ini saya akan menulis tentang apa yang sudah saya lakukan pada pendidikan Guru penggerak di materi Modul 1.3 yaitu tentang Visi Guru Penggerak.
Jurnal Dwi mingguan ini harus saya tulis untuk menggambarkan refleksi saya setelah mempelajari Modul 1.3 dan ini merupakan tugas setelah berakhirnya modul yang dipelajari sebagai seorang Calon Guru Penggerak. Saya akan menuliskan semua pengalaman saya dan semua yang saya rasakan selama mempelajari modul 1. 3 ini dalam artikel ini.
Kegiatan dan pelajaran dalam modul 1.3 ini telah selesai saya ikuti maka saya akan menuliskan refleksi saya seperti biasanya dengan model 4F yang dapat diterjemahkan model 4P yang diprakarsai oleh Dr. Roger Greenaway yaitu:
1. Facts( Peristiwa)
2. Feelings ( Perasaan)
3. Findings ( Pembelajaran)
4. Future ( Penerapan )
Saya akan tuliskan satu persatu pengalaman dan refleksi saya:
1. Facts (Peristiwa)
Pada modul ini saya mulai mempelajari materi mulai dari diri dan eksplorasi konsep secara mandiri. Pada modul ini CGP diarahkan dapat merumuskan visinya sebagai guru penggerak yang sesuai dengan profil pelajar Pancasila dan pada eksplorasi konsep saya belajar memahami pentingnya visi yang berpihak pada murid sebagai landasan segala inisiatif perubahan dalam pendikan .
Selanjutnya saya menjalani vcon dalam agenda ruang Kolaborasi Modul 1.3 dengan fasilitator saya yaitu Bapak Febri Setyo Nugroho, S.Pd dengan didampingi pengajar Pratik Ibu Iin Supmawati, S.Pd. Kami membahas materi tentang “Pernyataan prakarsa perubahan BAGJA”. Dalam proses diskusi ini dibentuk 2 kelompok yang akan mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya terkait Visi serta prakarsa perubahan yang digagas.
Saya berada dikelompok A bersama Bpk Arif, Bpk. Nuriadi, Ibu Retno, Ibu Yani dan Ibu Andri. Saya dan anggota kelompok yang lain harus merumuskan visi sebagai guru penggerak dan harus disepakati satu kelompok kemudian kita harus membuat sebuah prakarsa perubahan dan kita juga harus membuat tahapan BAGJA nya sesuai dengan prakarsa perubahan kita yang telah disepakati satu kelompok. Kami sepakat membuat prakarsa perubahan yang diberi nama GERAKAN SI BESTI (Gerakan Siswa Berbudaya dan Berprestasi).
Selain itu saya juga belajar memahami mengapa dan bagaimana manajemen perubahan dengan pola pikir positif melalui pendekatan inkuiri apresiatif dilakukan. Saya juga belajar tentang tahapan BAGJA yaitu Buat pertanyaan, Ambil pelajaran, gali mimpi, Jabarkan rencana dan Atur eksekusi.
Pada tanggal 17 September 2023 saya mengikuti Lokakarya 1, bertempat di SMPN 7 Jember, dari pukul 07.30 sampai dengan pukul 16.00. Kami semua belajar dan berdiskusi tentang komunitas Praktisi. Mengidentifikasi Komunikasi Praktisi dan menganalisa Pemetaan Komunitas Praktisi, serta memahami Peran Guru Penggerak dalam menggerakkan Komunitas Praktisi, melihat potensi komunitas Praktisi, materi diberikan secara menarik dan menyenangkan oleh para Pengajar Praktik, dengan diselingi ice breaking dan permainan yang bermakna dan sangat menyenangkan. Tahap berikutnya mempelajari materi demonstrasi kontekstual dan harus membuat tugasnya yang wajib diupload di LMS sesuai batas waktu yang telah ditentukan.
Kegiatan selanjutnya vcon dengan Instruktur bapak Akhmad Nurhudah dalam elaborasi pemahan sebagai penguatan untuk modul 1.3 ini. Disini kita telah belajar antara lain menentukan kalimat visi yang sesuai profil pelajar Pancasila, menentukan prakarsa perubahan yang menantang, bermakna, kontekstual dan relevan. Memahami bahwa prakarsa perubahan adalah bagian dari visi yang akan dicapai, membuat tahapan BAGJA untuk rencana perubahan ditempat dimana kita berkarya menggunakan paradigma dan pendekatan inkuiri apresiatif dan menjalankan semua rencana perubahan tersbut ditempat kita berkarya. Di tanggal yang sama saya mulai mengerjakan tugas Koneksi antar materi yang batas pengumpulan tugasnya tanggal 2 Oktober 2023.
2. Feelings (Perasaan)
Perasaan saya selama mempelajari modul 1.3 tentang visi Guru Penggerak ini adalah sangat senang dan semakin termotivasi untuk terus bersemangat dalam menjalankan pendidikan guru penggerak. Selain itu saya juga bersemangat dalam menerapkan dan menjalankan visi dan menjalankan rencana perubahan yang sudah saya rumuskan. Semangat dan motivasi saya ini akan membuat aura positif dalam menjalankan prakarsa perubahan saya sehingga visi saya akan terwujud. Banyak hal baru yang saya pelajari dalam materi modul 1.3 untuk membuat visi gambaran untuk mewujudkan murid yang berkarakter baik dimasa mendatang.
3. Findings (Pembelajaran)
Setelah mempelajari modul 1. 3 ini saya dapat mengetahui bahwa dalam memimpin perubahan positif harus berpikir strategi dan memahami imkuiri apresiatif sebagai paradigma. Tahapan BAGJA merupakan model manajemen perubahan yang merupakan akronim dari Buat pertanyaan utama, Ambil pelajaran, Gali mimpi, Jabarkan rencana dan Atur eksekusi sebagai terjemahan bebas yang diadopsi dari model 5D sebagai bagian dari inkuiri apresiatif (Define, Discover, Dream, Design, Deliver).
Untuk melakukan perubahan yang positif tidak harus bermula dengan mengidentifikasi permasalahan yang ada, namun kita fokuskan pada kekuatan apa yang telah kita miliki sehingga sehingga pemikiran kita diarahkan arah yang positif. Selain itu saya juga dapat merumuskan visi sebagai Guru penggerak, merumuskan prakarsa perubahan dan membuat tahapan BAGJA.
4. Future (Penerapan)
Setelah mempelajari modul 1.3 ini yaitu tentang visi guru penggerak maka saya akan berusaha menerapkan dan mewujudkan visi yaitu "Terwujudnya peserta didik yang berbudi pekerti, peduli lingkungan, cerdas dan berintegritas". Dan saya akan menerapkan prakarsa perubahan yang saya rumuskan yaitu "Mewujudkan murid yang mandiri melalui pembelajaran yang menyenangkan”. Melalui pembelajaran dengan metode role playing kemudian diunggah dalam media sosial youtube atau akun tiktok.
Melalui pembelajaran yang menyenangkan yang berpihak pada murid sehingga membuat murid mandiri dan berinovasi dalam mengembangkan ide dalam pembelajaran. Untuk mewujudkan murid yang mandiri melalui pembelajaran yang menyenangkan saya harus melakukan kolaborasi dengan rekan sejawat dan pihak sekolah untuk mewujudkan visi dan prakarsa perubahan saya sebagai guru penggerak.
Demikianlah Jurnal Dwi Mingguan saya terkait modul 1.3 tentang visi Guru Penggerak.
Saya Aprilia Nur Hasanah
Salam Guru Penggerak !!!
Tergerak, Bergerak dan Menggerakkan
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabaratuh


Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar