Ardison, S.Pd., M.Pd

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Kaidah Bahasa dan Logika

Yang dimaksud dengan kaidah bahasa adalah aturan-aturan yang berlaku dalam suatu bahasa baik aturan penulisan maupun tata bahada. Bahasa merupakan alat komunikasi haruslah dipergunakan secara tepat dan akurat supaya tidak terjadi salah paham, salah konsep ataupun makna ganda. Sumaryono ( dalam Nadra,2010:21) mengemukakan " kejeladan penggunaan istilah merupakan salahsatu tuntutan yg penting dalam logika. Terutama untuk menghindarkan sesat pikir yg sering kalu muncul/terjadi pada pola-pola penalaran yg tidak logis". 

Dalam ilmu logika, bahasa itu harus mencerminkan maksud dan tujuan komunikasi setepat-tepatnya. Dalam logika penggunaan bahasa pada fungsi informatif yaitu penggunaan bahasa untuk menyampaikan informasi, hal-hal yang sifatnya faktual, maka fungsi ini erat hubungannya dengan studi logika, dimana logika adalah bahasa proposisional yang senantiasa mengandung aspek pengakuan atau  pengingkaran. 

Hayon ( dalam  Nadra, 2010 : 22) Mengatakan" logika memperhatikan formulasi dari aturan-aturan yang memungkinkan kita untuk menguji apakah suatu rangkaian penalaran tertentu koheten dan konsisten atau tidak, dan ini tergambar dalam bahada yang digunakan. Oleh karena itu, ketidak cermatan dan ketidak tepatan penggunaan bahasa, dapat menimbulkan kesesatan dan hubungan logis antar proposisional pun menjadi kacau. Dengan demikian, antara bahasa dan  logika tidak dapat dipisahkan. Ia bagaikan dua sisi mata uang yang saling memberi makna dan arti.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Bahasa dan logika, keren. Terima kasih artikelnya, bisa menambah ilmu

02 May
Balas



search

New Post