Ariawan Istiadi

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Ke Monjali (TMG 663)

Ke Monjali (TMG 663)

Salah satu trip edu wisata siswa kelas 5 SD Al-Irsyad 02 Cilacap adalah Monjali. Monjali atau monumen Jogja kembali sebagai penanda sejarah khususnya peristiwa Jogja sebagai ibukota pengganti Jakarta saat pendudukan Belanda.

Siswa diajak menonton film dokumenter di ruang sinema Monjali lantai 1. Film yang menggambarkan peristiwa serangan umum 1 Maret 1949. Saat itu Belanda menduduki Jogja, lantas Letjend Soeharto memimpin serangan merebut kota Jogja dari pendudukan Belanda.

Keberhasilan TNI atas Belanda berimbas pada pengakuan dunia internasional. PBB memutuskan adanya perundingan antara Indonesia dengan Belanda.

Selanjutnya siswa diajak melihat diorama peristiwa pertempuran maupun upaya diplomasi Indonesia dengan Belanda. Diorama bisa disaksikan pengunjung di lantai 2 Monjali.

Terakhir, siswa kelas 5 SD Al-Irsyad 02 Cilacap menyanyikan lagu Indonesia raya di lantai 3 Monjali.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post