Ariawan Istiadi

Belajar sepanjang hayat ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Kuliah Subuh 28(TMG1078)

Kuliah Subuh 28(TMG1078)

Ust DR. Habib Ghozali, ketua PDM Cilacap sebagai pemateri kuliah subuh di masjid Al Ishlah kompleks perguruan Al-Irsyad Cilacap. Beliau membahas materi riba'. Semua agama baik samawi maupun Ardhi melarang praktek riba'. Bahkan dalam Islam melarang keras riba' yang setara dengan minuman keras.

5 ayat Al Qur'an yang melarang praktik riba.

1. Al-Quran Surat Ar-Rum ayat 39. Artinya: Dan sesuatu riba (tambahan) yang kamu berikan agar dia bertambah pada harta manusia, maka riba itu tidak menambah pada sisi Allah. Dan apa yang kamu berikan berupa zakat yang kamu maksudkan untuk mencapai keridhaan Allah, maka (yang berbuat demikian) itulah orang-orang yang melipat gandakan (pahalanya).

2. Al-Quran Surat Al-Baqarah ayat 278-280. Artinya: Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan tinggalkan sisa riba (yang belum dipungut) jika kamu orang-orang yang beriman. Maka jika kamu tidak mengerjakan (meninggalkan sisa riba), maka ketahuilah, bahwa Allah dan Rasul-Nya akan memerangimu. Dan jika kamu bertaubat (dari pengambilan riba), maka bagimu pokok hartamu; kamu tidak menganiaya dan tidak (pula) dianiaya. Dan jika (orang yang berhutang itu) dalam kesukaran, maka berilah tangguh sampai dia berkelapangan. Dan menyedekahkan (sebagian atau semua utang) itu, lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui.

3. Al-Quran Surat Ali Imran ayat 130. Artinya: Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memakan riba dengan berlipat ganda] dan bertakwalah kamu kepada Allah supaya kamu mendapat keberuntungan.

4. Al-Quran Surat An-Nisa ayat 160-161. Artinya: Maka disebabkan kedhaliman orang Yahudi, maka kami haramkan atas mereka (memakan makanan) yang baik-baik (yang dahulunya) dihalalkan bagi mereka. Dan karena mereka banyak menghalangi (manusia) dari jalan Allah dan disebabkan mereka memakan riba, padahal sesungguhnya mereka telah dilarang darinya, dan karena mereka memakan harta orang dengan jalan yang batil. Dan Kami telah menjadikan untuk orang-orang kafir di antara mereka itu siksa yang pedih.

5. Al-Quran Surat Al-Baqarah ayat 276. Artinya: Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran, dan selalu berbuat dosa.

Riba ada 4 kategori; riba jahiliah, paman Nabi, Abbas r.hu semasa jahiliah, mengambil lebih denda jika terlambat bayar hutang. Riba khod, riba dalam hutang piutang, contoh hutang 10 juta, syarat mengembalikan lebih dari 10 juta. Riba Fadli, transaksi barter secara langsung 20kg C4 dengan 10kg menthik. Riba nasi'ah, riba tempo waktu, 2kg mentik ditukar 2kg Delanggu tapi beda waktu barternya.

Praktek riba' di kelompok dasa wisma, pinjaman 200.000, mengembalikan 210.000. Dibolehkan dengan syarat tambahan uang pengembalian disisihkan tersendiri, digunakan untuk pembiayaan kegiatan sosial.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Sangat menarik kajiannya

07 Apr
Balas



search

New Post